LANGKAH KECIL UNTUK PENCAPAIAN BESAR

Muri handayani, bisnis online, guru, wanita, RAZHA , produsen, InnerGimana sih Mak Muri biar bisa sukses kaya mereka? Sehari paketnya ratusan sampe ribuan.

Siapa sih yang gak pengen sukses? Ya kan Mak.

Semua ilmunya kita udah punya. Kenapa hasilnya beda?

Konsisten + Persisten

2 kata kunci itu yang kadang kita gak kuat sehingga sang sukses pergi seperti tukang sayur yang udah beberapa hari gak mampir ke rumahku, membuat hatiku galau  #curhat

Konsisten

Posting sesempetnya, kadang-kadang, tapi hasil mau banyak Plis deh!

Baru beberapa kali posting, merasa gak ada hasil, eh langsung nyerah. Atau bahkan buru-buru ganti produk.

Padahal bukan produknya yang salah. Tapi cara kita memasarkannya yang belum optimal.

Lebih banyak menyalahkan faktor luar, dibanding NGAKU BAHWA ILMU KITA YANG GAK CUKUP untuk bisa memasarkan hingga banjir order.

Namun, banyak ilmu gak jaminan sukses juga Mak. Kalo gak konsisten prakteknya. Seminggu semangat, minggu depan udah gak kuat. Bulan depan mulai lagi, nanti galau, gak posting lagi deh Follower jadinya pindah ke lain hati loh.

Persisten

Jika dirasa hasilnya baik, jangan keburu berpuas diri trus jadi santai. Perang gak pernah usai Mak Selama bisnis kita berdiri, selama itu juga kita terus harus bergerak.

Evaluasi
Inovasi
Berkreasi
Dan si si si yang lainnya… capek kan makanya jangan sendirian, Dilan aja gak kuat Kompetitor lahir setiap hari, konsumen terus disuguhkan sesuatu yang baru oleh mereka.

Ayo bergerak donk, mikir, harus apa lagi, bagaimana lagi. Jadikan itu energi untuk kita terus produktif. Gunakan konsep Mind Mapping untuk menjabarkan apa saja yang harus kita kerjakan. Biar gak cuma muter di kepala aja.

Kan pengen sedekahnya makin banyak. Kan mau berangkatin ortu HAJI aamiin

Allah mudahkan semua urusanmu ya Mak aamiin

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia

Muri Handayani

SBO (Sekolah Bisnis Online) bit.ly/Info-SBO
SAO (Sekolah Admin Online) bit.ly/Info-SAO
RAZHA (Produsen Inner Hijab) bit.ly/Info-RAZHA

“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Mempelajari Kompetitor Perlukah?

Muri handayani, bisnis online, emak-emak, milenialKetika omset turun, jangan salahin toko sebelah merebut rejeki kita. Sesungguhnya gak ada yang namanya rejeki nyasar heheheee… Betul kan?

Dalam bisnis, banyaaaak banget ilmu yang harus kita pelajari. Bahkan dalam waktu sebulan, para guru saya itu baca buku buanyak banget. Sampe geleng kepala saya. Kok bisanya orang udah pinter kaya mereka itu masih belajar terus.

Justru semakin pinter, semakin paham, bahwa SEGALA SESUATU AKAN LEBIH MUDAH JIKA DIJALANI DENGAN ILMU.

Kita gagal di bisnis sebelumnya, bukan karena salah milih bisnis, tapi karena GAK PUNYA ILMU untuk menjalankan bisnis.

Saya jadi inget, dulu bisnis ayam bakar, BANGKRUT. Padahal banyak orang yang berhasil sukses jualan produk yang sama. Artinya bukan pilihan bisnisnya yang salah, tapi cara menjalankan bisnisnya yang salah.

Kita mempelajari apa yang menurut kita perlu kita perbaiki atau lakukan. Nah terkadang ada yang namanya BLIND SPOT. Area/hal tertentu yang luput dari perhatian kita, padahal jika hal itu dilakukan, hasilnya bagus untuk bertumbuhan bisnis kita.

Sebelumnya kita gak pandang hal tersebut sesuatu yang penting. Ternyata kompetitor melakukan hal itu dan hasilnya dahsyat.

Jadi menurut saya perlu banget belajar dari kompetitor. Apa saja yang mereka lakukan. Catet kelemahan dan kekurangan mereka untuk jadi bahan pembelajaran kita.

Belajar kapan saja, dimana saja, sama siapa saja 😁 Semangat belajar Mak 😘 Allah mudahkan semua urusanmu… Aamiin…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online) bit.ly/Info-SBO
SAO (Sekolah Admin Online) bit.ly/Info-SAO
RAZHA (Produsen Inner Hijab) bit.ly/Info-RAZHA
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

3 Tahapan ini, Mak Harus Kuat!

Muri handayani, cantik, bisnis online, jagi jualan, sekolah bisnis, admin, produsen, inner, hijab

Bagi yang belum MULAI bisnis, mereka akan mengatakan “Memulai bisnis itu sulit.” Untuk yang baru mulai bisnis, mereka akan berpendapat “Susah ya MEMBESARKAN bisnis.” Nah mereka yang sudah besar bisnisnya akan merasa “MEMPERTAHANKAN bisnis itu beraaaat.”

1. Memulai
2. Membesarkan
3. Mempertahankan

3 tahapan itu tidak mudah Mak. Semuanya ada ujian dan perjuangan masing-masing sesuai takarannya.

Jika di tahap 1 Mak sudah sering baper, ngeluh ini itu… Bagaimana bisa kuat di tahapan 2 Mak?

Jangan harap Tantangan, Ujian, Hambatan akan berhenti. Gak akan!

Justru semakin besar bisnisnya, semakin besar pula ujiannya. Sekali lagi… SESUAI TAKARAN.

Maka siapkanlah dirimu untuk layak mendapatkan TAKARAN YANG BESAR.

Siap ya Mak? 😁 Siap gak siap, harus siap… Tenang… Kalem… Ada Allah yang selalu mendampingi kita. Bismillah… Allah sudah siapkan solusi dari tiap tantangan yang Allah berikan. Yakini itu ya Mak 😘

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online) http://bit.ly/Info-SBO
SAO (Sekolah Admin Online) http://bit.ly/Info-SAO
RAZHA (Produsen Inner Hijab) http://bit.ly/Info-RAZHA
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Jangan Bandingkan Aku dengan Kamu!

 

Muri Handayani, bisnis online, mentor, guru, perempuanJangan bandingkan aku dengan kamu, karena kita berbeda.⁣

Jangan bandingkan Si Kaka dengan Sang Adik, karena mereka berbeda. ⁣

Jangan bandingkan suamimu dengan suami tetangga, karena mereka berbeda.⁣

Fokus lihat kelebihan, untuk bisa meningkatkan rasa syukur. Karena setiap orang punya keunggulan masing-masing. ⁣

Lihat kekurangan hanya untuk memperbaiki diri, bukan meratapi nasib.⁣

CATET! ⁣

Jika semua orang jadi dokter, gak akan ada yang jualan baju 

Jika semua orang jadi pengacara, gak ada yang jualan makanan 

Tolong jangan cemooh kami yang profesinya Emak Olshop. Kalian anggap kami Sarjana Pengangguran, karena emang kerjaannya di rumah doank. Tapi kami beneran berniaga halal, bukan jagain lilin  #PahamGak

Bunga beraneka ragam, tapi semua tetap indah jika menjadi diri sendiri. Gak perlu Si Bunga Lily operasi plastik jadi Sang Bunga Matahari 

Kalo kamu wanita karir, ya silahkan, aku gak larang. Cuma mau ngomporin aja, biar cepet RESIGN 

#EntarJugaLoPaham

Luv u Mak 

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online) http://bit.ly/Info-SBO
SAO (Sekolah Admin Online) http://bit.ly/Info-SAO
RAZHA (Produsen Inner Hijab) http://bit.ly/Info-RAZHA

“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Jangan Layu Sebelum Berkembang!

Muri Handayani, mentor bisnis, guru, bisnis onlineJangan layu sebelum berkembang.
Belum mulai udah bilang susah. Ya jadinya #mager males gerak 

Apa sih yang gak mungkin bagi Allah? Semua mungkin.
Mak pengen omset 1 Milyar sebulan juga bisa kok. Rejeki Allah itu unlimited. 
Tinggal kitanya yang memantaskan diri. Cukup gak daya tampung diri kita untuk bisa diberikan 1 M sebulan.
Baru omset ratusan ribu, udah sering ngeluh capek.
Omset jutaan, mumet.
Penghasilan puluhan juta, gak kuat menahan kritikan konsumen.

Aaaaah… Baper aja kerjannya 

Yuk ah bismillah.. Memantaskan diri untuk bisa lebih baik dalam menjalankan bisnis.
ACTION! ACTION! ACTION!
Allah selalu bersama kita Mak 

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online) http://www.facebook.com/sboplaza
SAO (Sekolah Admin Online) https://www.facebook.com/pelatihanbisnisonlinebandung/
RAZHA (Produsen Inner Hijab) https://www.facebook.com/produsenfashionbandung/
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Batas IMPIAN kita adalah KEIMANAN.

Muri Handayani, resign, bisnis online, cara bisnis online, wanita, jago jualan, emak-emak, Mak
Mau pergi haji tahun ini? Bisa! ⁣
Minta sama Allah. ⁣

Omset naik 10x lipat? Bisa!⁣
Minta sama Allah. ⁣

Resign dan dapet restu dari orangtua untuk bisnis di rumah demi dekat dengan anak? Bisa! ⁣
Minta sama Allah. ⁣

Pengen Coupleprenuer? Bisa! ⁣
Minta sama Allah. ⁣

Hutang lunas tahun ini? Bisa! ⁣
Minta sama Allah. ⁣

Doa adalah pupuk. Ikhtiar adalah bibitnya. Semai bibit (ACTION) lalu berdoa, meminta, merengek hanya kepada Allah. Bukan kepada yang lain. ⁣

Karena yang lain hanya ciptaan Allah, mintalah hanya kepada Sang Pencipta.⁣

Action harus didasari dengan ILMU. jangan sradak-sruduk, coba-coba, modal nekat. Sayang modal dan waktu yang terbuang. Waktu tidak akan berulang. Jika ada panduan, bimbingan, guru, mentor.. Itu lebih baik. Hemat waktu, tenaga, uang dan lebih sedikit air mata terurai karena kegagalan. ⁣

Jadikan kegagalan orang lain sebagai gurumu, jangan nyemplung di lubang yang sama. ⁣

Kalo dulu saya pernah PHK semua karyawan, Mak jangan lakukan kebodohan yang sama dengan saya. ⁣

Kami pernah rugi puluhan juta, bahkan teman saya hingga ratusan juta, Mak jangan ulangi kesalahan kami. ⁣

Jemput impian dengan ilmu, niscaya lebih mudah dibanding tanpa ILMU. ⁣

Para peserta SAO (Sekolah Admin Online) dan peserta SBO (Sekolah Bisnis Online) semangat berjuang ya! 😘

Apapun IMPIAN Mak, aku doain Allah kabulkan, Allah izinkan, Allah mampukan aamiin… ⁣

 

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online) https://www.facebook.com/sboplaza/
SAO (Sekolah Admin Online) https://www.facebook.com/pelatihanbisnisonlinebandung/
RAZHA (Produsen Inner Hijab) https://www.facebook.com/produsenfashionbandung/

“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

SUKSES BESAR itu buah hasil dari SUKSES KECIL ⁣

Muri Handayani, bisnis online, guru, mentor, perempuan, jago jualan, hebat

Jangan lupa bersyukur atas keberhasilan kecilmu hari ini. Karena hal kecil itulah yang akan bisa mengantarkanmu ke KESUKSESAN BESAR. ⁣⁣
Jangan selalu menggerutu karena hari ini kamu belum mencapai target. Coba tengok… Banyak orang diluar sana yang tidak memiliki kesempatan seperti apa yang sudah Allah berikan kepadamu. ⁣⁣
⁣⁣
Namun, bukan berarti kita jadi santai dan malas. ⁣⁣
⁣⁣
Hanya saja, jangan sampai kita KUFUR NIKMAT.⁣⁣
⁣⁣
Alhamdulillah hari ini omset 1juta. Terimakasih ya Allah. Banyak di luar sana orang yang sampe banting harga belum juga dapet order. ⁣⁣
⁣⁣
Ya Allah.. Besok jika masih ada umur, ijinkan kami untuk bisa lebih rajin belajar, berikan energi yang besar untuk ACTION lebih optimal. Hilangkan rasa malas dan kebodohan. Tambahkan ilmu dan pemahaman yang baik. ⁣⁣
⁣⁣
Jadikan tiap lelah kami mengurus bisnis adalah ibadah.⁣⁣
⁣⁣
Terimakasih ya Allah atas⁣⁣
– anak-anak yang sehat dan soleh gak ngerecokin emaknya hari ini. ⁣⁣
– suami yang super baik dan sabar mau bantu ikut beresin rumah. ⁣⁣
– karyawan yang loyal dan mau berjuang besarkan bisnis bersama.⁣⁣
– konsumen yang baik banget gak pake nawar n langsung transfer.⁣⁣
– dipertemukan dengan para guru tempat menimba ilmu.⁣⁣
– kesehatan dan kesempatan memperbaiki diri hari ini. ⁣⁣
– follower naik 1.000 pekan ini. ⁣⁣
– reseller bertambah 2 orang. ⁣⁣
– mang kurir datang tepat waktu, gak kesorean.⁣⁣
Dll…. ⁣⁣

Duuuuh ya Allah.. Banyak banget kemudahan dan kesempatan yang Kau berikan. Rasanya gak sanggup ketik semua kebaikanMu ya Allah. ⁣⁣
⁣⁣
Jadikan kami hambaMu yang selalu lapang hati melihat semua kebaikanMu walau kadang dibungkus dengan rasa pedas, asem, sedikit pahit dll. Tapi kami yakin ini semua akan berbuah manis suatu hari nanti. ⁣⁣
⁣⁣
Terimakasih Allah sudah menakdirkanku sebagai Emak Olshop. ⁣⁣
⁣⁣
Semoga kami bisa menjalankan amanah ini dengan baik. ⁣⁣
⁣⁣
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
SAO (Sekolah Admin Online)
RAZHA (Produsen Inner Hijab)

“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Ini Dia 4D yang Membuat Bisnis Tidak Berkembang

Muri Handayani SBO Sekolah Bisnis Online Meningatkan Penjualan Omset Pembicara Perempuan Inspirasi Motivator Pengusaha Muda Pengajar Marketing Online Bandung
Coba Mak inget, sudah berapa banyak bisnis yang Mak jalani? Kalo saya sudah 7 bisnis Mak. Alhamdulillah 6 diantaranya sudah gulung tikar ahahahaaa…
 
Sudah berapa lama bisnisnya bertahan? Dari 6 bisnis yang saya jalani itu ada yang kurang dari 3 bulan, 6 bulanan, 10 bulan, hmmm saya ragu apakah ada yang lebih dari setahun. Saking sering gonta ganti bisnis sampe gak inget lagi ^_^
 
Sudah sejauh mana perkembangannya sebelum tutup? Ada yang baru sampe tahap bikin produk, trus gak tau jual kemana, bahkan belum satupun yang terjual wakakakakaaa.. langsung tutup toko sebelum buka. Parah!! Ada juga yang berhasil sampe jual produk di bisnis rok batik. Namun saat itu gak ngerti cara perhitungan harga jual, sistem keagenan, foto juga culun banget ahahhahaaa…
 
Bagaimana dengan bisnis Mak? Jangan-jangan baru percobaan bikin produk, gagal terus, eh nyerah. Atau saat ketipu konsumen, trus baper akut, langsung tutup.
 
Alhamdulillah kalo ternyata bisnis Mak bertahan hingga saat ini. Nah pertanyaan berikutnya.. Sudah sejauh mana pertumbuhannya Mak? Apakah OnlineShop Mak gitu-gitu aja? Ngerasa mandek?
 
Awal memulai OnlineShop nya sih barengan, dia sudah jauh kedepan, tetapi kenapa kita segini aja ya Mak? Padahal produknya sama, harga juga bersaing kok. Mungkin bukan salah produknya Mak, tapi gara-gara si 4D ini yang bikin bisnis jalan ditempat.
 
Yuk kita analisa, apakah si 4D ini ada dalam diri Mak?
 
1. DUH RIBET… Untuk nambah follower kok ya harus kaya gitu langkahnya, RIBET amat. Ngetik jawabin orderan ga usah rapi-rapi amatlah, yang penting mereka paham, ga usah pake RIBET. Harus terus tingkatin interaksi dengan calon konsumen, hadeeeeh RIBET.
 
2. DUH REPOT… Harus teliti catetin semua pengeluaran, membuat laporan penjualan, hitung berkala stock, analisa laba rugi.. REPOOOT.. Lagi banyak orderan nih, yang kaya gitu nanti aja lah.
 
3. DUH GA SEMPET.. Dari pagi udah ngurusin orderan, malem rekap, cek ke supplier, ini itu…GA SEMPET lah kalo harus ikut pelatihan, apalagi yang ada PR nya.
 
4. DUH CAPEK… Gini aja udah untung kok, ga usah pake inovasi segala, kerjaan saya banyak, CAPEK.. Lebih penting ngurusin orderan yang ada, jelas duitnya. Kalo harus ngurusin perintilan yang terus-terusan dan butuh ketelitian, itu bikin CAPEK.
 
Jadi.. ketika suatu hari nanti ada kompetitor yang nyalip Mak dengan inovasi baru, jangan protes ya. Pada saat Mak terlena dengan kenyamanan banjir order, namun keuangan Mak kacau, tahu siapa penyebabnya?
 
Besok, mungkin lahir ratusan kompetitor yang bisa membuat konsumen loyalmu berkhianat, karena mereka ditawari cinta yang lebih indah. Siapkan hatimu ya Mak…
 
Ya Allah jauhkan lah kami dari penyakit 4D ^_^ Mampukanlah kami menyelesaikan segala ujianMu dengan baik dan benar, serta lulus dengan nilai yang memuaskan. aamiin…
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”
Continue Reading

Cara Menghitung Harga Jual

Muri Handayani Guru Jualan Online SBO Sekolah Bisnis Menigkatkan Omset Laris Manis Jago Jualan Pematari Motivator Inspiratif
 
Ini cara sederhana dari seorang Emak Rempong. Jadi kalo beda caranya, ya harap maklum saja heheheee Gak perlu didebat, mari kita diskusi untuk mendapatkan hasil yang semakin baik.
 
Kalo untuk pebisnis distribusi, enaknya ikutin harga dari pusat aja, boleh dinaikin dikit, sesuai dengan Target Market masing-masing Mak. Contohnya di RAZHA harga retail 70.000, ada Mitra RAZHA yang jual 75, 80, 85. Ya bebas aja, asalkan tidak jual dibawah 70.000. Misal 69.000, 68.900. Tugasnya pusat adalah menertibkan Harga Batas Bawah, dengan tujuan supaya tidak ada PERANG HARGA.
 
Kelaaaarrrr bisnis lo klo udah perang harga Mak. Mitra jadi pada males jualin, dan konsumen hanya akan beli ke orang yang jual termurah.
 
Untuk para produsen:
HPP (Harga pokok produksi)
– Bahan baku yang digunakan (Bahan utama hingga bahan tambahan)
– Transport beli bahan
– Penjahit/Tukang Masak/Pengrajin
– Biaya kemasan (dari kemasan yang bersentuhan dengan barang, hingga kemasan pengiriman, termasuk juga solasi, kertas alamat dll)
– Label, hangtag, pin tag dll
– Biaya QC (Quality Control)
– Resiko kegagalan produksi. Misalnya 1 roll jadi 50, tetapi biasanya ada resiko yang reject 10% (misalnya) jadi 1 roll kita anggap hanya jadi 45. Maka harga kain yang seharusnya 1 juta bisa jadi 50. Maka kita 1 juta dibagi 45. Walaupun misalnya nanti yang lolos 48 tetap kita hitung 45. Karena takutnya saat restock, jadinya 45 atau kurang.
– Foto produk (termasuk model, makeup, disain layout)
 
Misalnya ketemu HPP Rp.80.000
Mak mau margin berapa?
 
Nah apaan tuh MARGIN? Margin = selisih (biar gampang paham Mak)
 
Misalnya saya mau ambil margin 40.000. ini bukan profit loh ya.
Nah dari 40.000 inilah yang akan memenuhi kebutuhan:
– Biaya operasional (Listrik, sewa tempat, internet, gaji, ATK, dll)
– Biaya penyusutan perangkat kerja
– Biaya pengembangan bisnis
– THR karyawan
– Promosi
– Laba ditahan (keuntungan yang tidak diambil, ditambahkan ke modal supaya makin besar)
– Laba bersih
– Zakat
– dll
 
Nah loh..40.000 kirain gede, pas dihitung ternyata… wkakakaa.. masih ada sisanya gak tuh Mak :p
 
HPP 80.000 + Margin 40.000 = 120.000
 
Apakah ini harga RETAIL?
Bukan Mak.. ini harga untuk kita jual ke distributor.
 
Retail 100%
Agen 100% – 20% = 80%
Distributor 100% – 40%= 60%
 
Maka harga yang 120.000 itu adalah 60% dari harga retail.
 
120.000 dibagi 60, sama dengan 2.000
2.000 dikali 100%, sama dengan 200.000
 
Maka harga retailnya adalah 200.000
 
Hah gila baju gini aja 200.000 mahal amat! Kegedean untungnya, paling ini bahannya segini, jahitnya segini. Masa dijual 200 rebu!
 
Ibu saya nih yang paling sering ngomong kaya gitu ahhahaa.. soalnya ibu saya ngerti jahit. Tapi masalahnya ibu saya belum paham tentang biaya..biaya..biaya yang bejibun.
 
Dari retail 200.000
Distributor dapet 40% x 200.000 = 80.000
Lah produsen cuma 40.000 belum untuk biaya ini itu.
 
Ya udah kalo gak mau pusing jadi produsen, main aman aja di bisnis distribusi (jualan, jadi distributor/agen/reseller)
 
Jadi enakan mana Mak? hehhehee… hidup ini pilihan. Pilih yang nyaman di hati. Distributor kan juga bagi-bagi diskonnya ke agen/reseller. Mereka juga ada biaya promo, operasional dll.
 
Kenapa distributor harus 40%?
Ini berdasar pengalaman saya masukin produk RAZHA ke Hijup.com Mak. Mereka sebagai distributor minta 40% dari harga retail.
 
Catatan: Margin 40.000 bukan patokan. Silahkan sesuaikan dengan bisnis Mak masing-masing.
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”
Continue Reading

Suka duka menerapkan sistem DROPSHIP

Produsen Grosir Inner Ninja Jilbab Ciput Hijab Anak Tudung terlengkap RAZHA supplier Busana Muslim Fashion Baju
 
Ini bukan stock gudang Mak. Ini tumpukan barang bookingan dari Mitra. Mitra jual retail, dapet orderan, sambil nunggu di bayar konsumen, Mitra booking pesenan konsumen ke pusat. 2 rak ini gak cukup, sampe ada yang berserakan di lantai, gak kepoto, malu berantakan banget hahahahaaa…
 
Eh ada juga sebagian yang titipan Mitra. Jadi Mitra beli, namun gak dikirim ke rumahnya, disimpen di gudang RAZHA. Karena untuk mempermudah pengiriman mereka, Mitra gak repot packing. Duh enak banget ya Mitra RAZHA dimanjain ahahhahaa…
 
Ini juga memudahkan mereka misal ada yang pesen 5 warna, mereka punya stock 3 warna, yang 2 mereka gak punya, jadi bisa ambil dari stock gudang RAZHA. Mitra tinggal bayar yang 2 nya aja.
 
Kasian kalo Mitra harus nyetok di rumah, karena di RAZHA ada 52 warna. Mitra enak, gak repot. Tapi pusat yang ketumpuan rempongnya ahahahaaa… Tapi saya menerima resiko ini. Karena memang dari awal bangun RAZHA pengen banget bantu sebanyak-banyaknya Ibu Rumah Tangga punya penghasilan tanpa ribet.
 
Untuk mendapatkan fasilitas dropship, harus menjadi Mitra resmi RAZHA. Konsep ini baru saya terapkan mungkin 2 tahun terakhir Mak. Alhamdulillah OMSET NAIK. Namun dengan kerempongan yang juga naik :p
 
Gara-gara sistem dropship ini, saya harus nambah 1 karyawan bagian Admin Stock, jadi Mitra bisa tanya stock pada jam kerja dan dijawab secepat mungkin. Karena stock di RAZHA dalam hitungan menit bisa berubah atau bahkan habis. Bagian packing juga harus ditambah. Karena biasanya kirim puluhan sampai ratusan pcs langsung dalam 1 karung, sekarang perintilan Mak, kecil-kecil paketnya.
 
Sistem order, pembukuan, sistem stock, manjemen QC dll, semua harus beradaptasi dengan sistem dropship ini. Semua kerempongan itu berbuah manis alhamdulillah.
 
Hidup ini pilihan, Mak bisa terapkan sistem beli putus (Mitra nyetok) atau dropship. Semua ada kelebihan dan kekurangan, serta ada resiko yang harus ditanggung. Bisnis itu terkadang seperti seni Mak. Tidak ada yang salah dalam strateginya. Tinggal kita cobain aja, nanti akan kelihatan hasilnya. Lalu Mak pilih mana yang lebih nyaman bagi Mak dan mana yang lebih menguntungkan.
 
Ya iya lah kudu menguntungkan Mak hehehee jangan cuma karena ga enakan sama orang lain. Jangan kerja rodi. Harus berani membuat perubahan, pasti ada yang pro dan kontra di awal. Tapi ini kan bisnis Mak, suka-suka lo donk sebagai owner ahhahahaa..
 
Hanya mereka yang mampu beradaptasi dan berani melakukan perubahan yang akan BERTAHAN.
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”
Continue Reading