Cara Hidup Bahagia!

ekspektasi vs realitaApapun yang ada, tinggal poles dikit dengan rasa SYUKUR apa yang Allah sudah berikan. lalu tambahkan dengan CINTA yang sering kali berupa keringat dan air mata.

Jangan lupa TUTUP TELINGA dari cibiran, nyinyiran, julid ataupun cemoohan para “fans berat” kita. (Gimana gak ngefans, dia ngomongin kita mulu  walau yg diomongin pahit kaya sayur pare).

Kan kita tahu Mak, jamu itu pahit. Jadi jika rasa pahit itu kadang mampir dalam kehidupan kita, KALEM aja. Itulah cara Allah untuk membuat kita KUAT.

Allah gak akan ngurangin porsi ujian. Karena Allah paling tau yang terbaik untuk kita. Allah gak mau kasih HADIAH yang kecil, Allah hanya mau kasih yang TERBAIK untuk kita.

Kita ini orang terpilih loh. Makanya ujiannya itu mampirnya ke kita Mak. Bukan ke orang lain.

Udah dipilih sepesial sama Allah, kok nolak. Rugi loh…

Cuma kadang, KADO yang Allah kasih itu dibungkus “koran”, bukan kertas kado yang cantik dan pita  Namun ketika kita dengan susah payah membuka bungkus kadonya, yang mungkin kadang sedikit menggores hati, isi kadonya itu loh SPESIAL banget  maa syaa Allah…

Bukan soal apa ujian hidupnya yang bikin berat. Tapi bagaimana kita MENYIKAPInya itu yang kadang lebay 

Karyawan mau resign, trus kita #baper
Konsumen cancel order, eh #baper lagi
Supplier salah kirim, yah makin #baper
Mang kurir salah input data, jadi tambah #baper
Penjahit terlambat dari jadwal produksi, #baper tingkat tinggi 

Rugi banget kita baper mulu tiap hari. Plis deh perawatan kecantikan itu mahal  kerut-kerut diwajahmu itu nanti akan cepat bertambah. Blom lagi flek hitam ikut eksis di kulitmu. Oh tidaaaak…

Hal kecil aja baper, nanti dikiranya Allah kita gak pantas dapet yang BESAR 

Walaupun saat ini bisnis kita kasih kecil, jalani dengan hati riang gembira Mak. Ujian-ujian yang menghampiri, anggap saja debu yang bertebaran. Buruan BANGKIT, ambil kemoceng. Kita hempaskan itu semua.

Inget kartun Sailormoon? (ketawan deh akun tua )
“Dengan kekuatan bulan…..”

Kalo kita sekarang sebagai pebisnis bilangnya “Dengan kekuatan BISMILLAH akan ku tuntaskan semua ujian hidup ini. Aku punya Allah sebagai backingan 

BTW… Nemu foto ini lewat di IG. Jadi inget butuh beres-beres rumah 

Jangan nunggu besar untuk beresin dan percantik bisnis. Benahi laporan keuangan dll. Justru dari bisnis masih kecil. Kita ubah harus rapi dan siap memantaskan diri untuk dikasih yang besar.

Besok aku mau sharing CARA HITUNG PROFIT, kelasnya bayar suka-suka. Dan dapet APLIKASI GRATIS  Boleh japri WA bit.ly/WA-SBO ya… Bilang mau belajar cara hitung profit bisnis 

Aku doain, dari bisnis halal yang saat ini Mak sedang perjuangkan, jadi wasilah untuk Mak
– Punya rumah cash
– Lunas utang
– Biaya Sekolah anak cukup sampe tingkat tertinggi
– Haji Umroh sepuasnya
– Bahagiain orangtua n mertua
– Dan yang paling penting sebagai kendaraan menuju surgaNya Allah 

Aamiin…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
Tukang Ngomporin Resign  Doain ya bukunya rampung sebulan lagi 

Dah ah… Mak Muri mau siap-siap briefing Pasukan Militan SBO, SAO, RAZHA dan YUUKA INDONESIA 

Luv u cuz Allah 

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online) bit.ly/Info-SBO
SAO (Sekolah Admin Online) bit.ly/Info-SAO
RAZHA (Produsen Inner Hijab) bit.ly/Info-RAZHA
YUUKa Indonesia (Jasa Desain Grafis) bit.ly/Info-YUUKA

“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

 

Continue Reading

JANGAN ZOLIM KE DIRI SENDIRI DEMI BAHAGIAIN KONSUMEN

Muri Handayani, Dewa Eka Prayoga, jago jualan, jago bisnis, bisnis online, cara bisnis online, cari supplier, produsen, tangan pertamaNah loh… Maksudnya gimana nih Mak Muri?

Contoh sederhananya adalah ketika kita tidak memberikan HARGA YANG PANTAS atas kerja keras yang sudah kita lakukan. “Biarin deh untung dikit, yang penting laris.”

Nah mereka yang punya prinsip kaya gitu, ketika aku bedah laporan keuangannya, jreng…jreeeeng.. hasilnya ada yang ZONK!

Pantes penjualannya banyak tapi kok gak ada hasil 😱

Bisnis itu bukan soal KEREN ketika bisa foto dengan paket pengiriman yang banyak. Yang keren itu ketika hasil kerja keras kita memberikan buah yang bisa kita nikmati dengan layak. Serta ada lebihnya untuk bisa kita sedekahkan sepuasnya.

Sekarang gini Mak… Mak sudah berikan hidup Mak selama 5 jam sehari x 22 hari kerja = 110 jam sebulan. Dikali setahun 12 bulan, maka sudah hilang kehidupan Mak sebanyak 1.320 jam.

Mak sudah kehilangan 1.320 jam, yang harusnya bisa Mak dedikasikan untuk keluarga, ibadah, dan sosial. Yang ini nilainya jauh lebih besar pahalanya (mungkin).

BERAPA NILAI HIDUP MAK?

Jika Mak tukar hidup Mak 1.320 jam setahun, Mak ingin dibarter dengan nilai rupiah berapa?

Untung besar atau kecil itu memang relatif. Silahkan tentukan nilai hidup diri Mak masing-masing.

Bagiku, kehilangan banyak waktu hidup demi ngurus bisnis, harus membuahkan hasil yang setimpal! Itulah kenapa Kang Dewa Eka Prayoga sampe nancep banget kan statusnya yang tentang nyuruh suntik mati bisnis kalo belom menghasilkan 1M.

Aku setuju banget, sekali lagi ini bukan soal matre atau dunia banget.

Lah justru kita udah kehilangan waktu untuk akhirat gara-gara ngurus bisnis kan?

Coba kalo jam kerja kita dipake buat kajian, fokus nemenin anak nambah hafalan, benerin bacaan solat yang masih belepotan, ngurus orang tua lebih sering, bikin kejutan romantis buat seuami… beeeuuuuh itu pahalanya gede banget Mak. Tapi kita renggut kesempatan tersebut untuk ngurus bisnis yang gak ada hasilnya.

Ya Allah…. betapa zolimnya diri kita terhadap diri sendiri. Tolong renungkan ini Mak. Nanti kira-kira apa yang akan kita jawab ke Allah di akhirat kelak?

Hidupmu dihabiskan untuk apa?

Kalo bisnis kita sehat dan ada untung yang layak, kita bisa:
– Bangun masjid
– Bikin RS gratis
– Sediakan sekolah gratis
– Berangkatin banyak orang ke tanah suci
– Lunasin utang sodara dan teman-teman kita yang terjerat riba
– Bantuin korban bencana
– dll

Aaaah pokoknya banyak banget yang bisa kita sodorkan ke Allah ketika kita punya bisnis yang sehat karena keuntungan yang layak.

Maa syaa Allah…tabarakallah untuk teman-teman seperjuanganku. Kita sudah berat untuk bisa adil membagi peran di rumah. Bismillah.. ayo benahi terus bisnisnya biar ada hasil yang setimpal sebagai tabungan akhirat.

Keep Strooong Mak!
Luv u always!
Big Hug!

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online) bit.ly/Info-SBO
SAO (Sekolah Admin Online) bit.ly/Info-SAO
RAZHA (Produsen Inner Hijab) bit.ly/Info-RAZHA
YUUKa Indonesia (Jasa Desain Grafis) bit.ly/Info-YUUKA
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

MAU BISNIS STABIL?

Muri Handayani, RAZHA, bisnis online, owner, jago jualan, perempuanMAU BISNIS STABIL?
Kalo saya sih gak mau Mak. Nah loh ^_^

Mungkin konsep BISNIS STABIL berlaku pada jaman dulu kali ya. Ketika persaingan tidak begitu sengit. Lahirnya kompetitor tidak secepat saat ini. Dan belum ada pesaing sadis yang bisa menjual dengan harga super murah (made in china).

Jilbab bergo, 9.000 perak!

Secara logika, hitungan harga produksi dan harga jualnya gak masuk akal menurutku. Gak kebayang itu penjahit dibayar berapa ya. Sedih kalo neken harga penjahit, mereka juga butuh biaya hidup yang tidak murah.

Ah Mak Muri mah udah enak, bisnisnya udah stabil.

Ya memang saya akui, RAZHA yang lahir di 2011, mulai stabil di 2015 hingga saat ini.

Tapi justru hal itu yang bikin saya degdegan. Gak bisa nih jika kondisinya kaya gini terus. Bisnis itu gak boleh stabil. Karena harusnya bisnis itu bertumbuh drastis, SCALE UP!

Sejak 2017, ketika saya mulai pindah dari rumah mertua, ke rumah sendiri. Saya memutuskan merekrut sahabat saya untuk bantu mengelola RAZHA. Dikarenakan kecintaan saya di SBO dan visi hidup saya yang ingin meresignkan para Emak yang masih kerja diluar rumah, untuk pindah kantor di rumah aja.

Sebab rumah baru gak muat untuk gudang RAZHA. Maka kantor RAZHA tetap berada di rumah mertua indah. Tim SBO yang ikut dengan saya pindah ke rumah baru.

Sekitar 2 tahun kebelakang, saya jaraaang banget ngurus RAZHA. Ya keliatan hasilnya stabil 😅 Masih profit tentunya, tapi pertumbuhannya tuh gak drastis gitu loh. Kan saya jadi gemeees, pengen banget melesatkan lagi RAZHA untuk bisa meningkatkan manfaatnya bagi ummat.

2014 ke 2015 itu pertumbuhan RAZHA naik 330%

Nah aku pengen kembali ke masa itu. Dimana aku masih rajin ngulik segala hal di RAZHA. Hati dan pikiran masih totalitas untuk RAZHA.

Ramadhan kemarin menjadi saksi atas komitmenku ke Tim untuk turun gunung lagi hihihiiii…

Nah salah satu program baru kami adalah LAUNCHING SETIAP 7 HARI. Blom kebayang produk apa aja yang akan diluncurkan. Tapi dengan adanya tantangan dan komitmen di awal, mau gak mau jadi mikir kan hahahaa… Aku mah gitu orangnya Mak, kudu ditantang dulu, baru mau jalan.

Ini pun menjadi salah satu bukti cinta kami ke para Mitra RAZHA. Supaya Mitra memiliki lebih banyak produk untuk dijual, sebagai ikhtiar untuk menafkahi keluarga.

Minta doanya ya Mak, Allah mampukan kami. Begitupun dengan Mak, aku doain Mak bisnisnya semakin berkah berlimpah. Lonjakan-lonjakan pertumbuhan akan menjadi bagian dari perjalanan bisnis kita.

Kenaikan 330% pernah saya rasakan. Nah targetnya setahun kedepan ini 500% 😍

Kita memang gak mampu Mak, tapi Allah mampu.
Jadi… yakin aja 😘

Semangat bertumbuh Mak!
Semangat memantaskan diri!

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia

Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online) bit.ly/Info-SBO
SAO (Sekolah Admin Online) bit.ly/Info-SAO
RAZHA (Produsen Inner Hijab) bit.ly/Info-RAZHA
YUUKa Indonesia (Jasa Desain Grafis) bit.ly/Info-YUUKA
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Sewindu RAZHA

Muri Handayani, mentor bisnis, bisnis online, wanita, RAZHA, sekolah bisnis online, Inner, bandung, produsen, guruBismillah… Minta doanya ya Mak, hari ini Kami akan melaksanakan syukuran Milad RAZHA ke 8.

Maa syaa Allah… Sewindu perjalanan kami mengajar ridho Allah bersama RAZHA.

Sudah lebih dari 1.000 orang yg hilir mudik di jajaran Mitra (Distributor, Agen, Reseller) @gerairazha

Ada yang masih setia membersamai kami dari awal berdiri hingga saat ini 😭Tak putus orderan mereka setiap bulannya menjadi jalan rejeki bagi para penjahit, kurir, karyawan RAZHA dan semua orang yg terlibat di dalamnya.

Dulu.. Kami memulai dengan 1 karyawan di tahun 2011. Saat ini ada 38 karyawan yg menjadi tulang punggung bertahannya RAZHA. walaupun berbeda divisi karena terbagi untuk #SBO dan #SAO tapi perjuangan mereka tetap menjadi bagian dari kekuatan RAZHA.

Setelah aku cek kemarin, Maa syaa Allah ada karyawan yg ternyata sudah hampir 6 tahun tetap setia bersama RAZHA. Apalah saya tanpa Tim Solid ini.

Kasih sayang Allah lah yg mempersatukan kita.

1. Pipih – Sep 2013
2. Anty – Okt 2013
3. Rostika – Des 2014
4. Sulastri – Mei 2015
5. Ratna – Nov 2015
6. Risti – Feb 2016
7. Wida – Mar 2016
8. Mirna – Juli 2016
9. Nurul – Sep 2016
10. Fitri – Sep 2016
11. Salwa – Okt 2016
12. Vitri – Sept 2017
13. Bibi – Sept 2017
14. Santi – Feb 2018
15. Daisy – Feb 2018
16. Atik – Feb 2018
17. Ade – Maret 2018
18. Agas – Juli 2018
19. Aas – Agustus 2018
20. Fathiah – Okt 2018
21. Ririn – Okt 2018
22. Mikyal – Okt 2018
23. Ila – Okt 2018
24. Lisna – Nov 2018
25. Tita – Nov 2018
26. Nura – Jan 2019
27. Yuga – Jan 2019
28. Rani – Jan 2019
29. Amira – Feb 2019
30. Sintia – Feb 2019
31. Denita – Feb 2019
32. Sasa – Feb 2019
33. Bila – Feb 2019
34. Endah – Maret 2019
35. Rizka – Maret 2019
36. Rina – Maret 2019
37. Resti – Maret 2019
38. Linda – Maret 2019

Terimakasih Allah telah mengirim orang-orang terbaik untuk RAZHA. Orang-orang yg memaklumi saya dan suami yg belum baik menjadi pemimpin 😭Kami yg masih fakir ilmu. Kami yang masih harus banyak belajar.

Curahkan kasih sayangMu kepada mereka ya Allah. Bahagiakan mereka dunia akhirat aamiin.

Terimakasih juga untuk para penjahit yg sudah membersamai kami. Karya mereka lah yg membuat #RAZHA dicintai #muslimahindonesia

Continue Reading

PENYEBAB OMSET TURUN

Muri handayani, bisnis online, guru, sekolah bisnis online, omset, sekolah admin online, online, oflline, bandung, produsen. InnerSemua ilmu yang diajarin sudah dipraktekin. Bahkan sampe rekrut karyawan beberapa orang juga sudah dilakukan.

Awalnya berjalan mulus. Tapi kenapa sekarang merosot lagi?

Ternyata Mak, ada satu hal yang sering kita abaikan. Karena alasan rempong lah, gak sempet lah atau bahkan menganggap hal itu gak terlalu penting. Apakah itu?

EVALUASI JOBDES/PEKERJAAN

Memang kita sudah memberikan daftar pekerjaan dari A-Z. Yang jadi masalah, apakah pekerjaan tersebut dilakukan dengan baik dan optimal.

Posting Story IG 9 kali ya.
Bener sih dikerjain 9x posting. Tapi durasi postingnya gak sesuai keinginan kita Sehingga hasilnya pun berbeda.

Lalu belum lagi soal kontennya. 9x posting kontennya gak kita kontrol secara berkala. Sehingga mereka belum tentu tepat dalam pemilihan kontennya.

Kita memang tugasnya “menduplikasi diri”. Apa yang sudah kita pelajari, sudah kita praktekin, lalu kita ajarkan ke karyawan.

Nah permasalahannya, karyawan juga butuh waktu untuk berproses. Gak bisa sekali penugasan, hasilnya langsung bernilai 100. Sempurna sesuai keingianan kita.

Sabar Mak… Kalem.. Ya emang gini membina karyawan. Butuh waktu, konsisten, persisten dan hati yang sabar tingkat tinggi Susah kan gedein bisnis?

Ya iyalah, kalo gampang, semua orang udah kaya hihihii

Makanya hanya orang yang KUAT MENTALNYA yang mampu membesarkan, mempertahankan dan menumbuhkan bisnis.

Aku yakin Mak bisa. Karena kita punya Allah yang selalu membersamai perjuangan kita. Yakin! Bismillah.

Alhamdulillah @gerairazha bulan ini milad ke 8. Sewindu usianya, dan tentu masih butuh perjuangan untuk mempertahankan dan membesarkannya. Minta doanya untuk RAZHA ya Mak, biar bisa memberikan lebih banyak manfaat untuk ummat, bangsa dan agama aamiin

 

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia

Muri Handayani

SBO (Sekolah Bisnis Online) bit.ly/Info-SBO
SAO (Sekolah Admin Online) bit.ly/Info-SAO
RAZHA (Produsen Inner Hijab) bit.ly/Info-RAZHA

“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

LANGKAH KECIL UNTUK PENCAPAIAN BESAR

Muri handayani, bisnis online, guru, wanita, RAZHA , produsen, InnerGimana sih Mak Muri biar bisa sukses kaya mereka? Sehari paketnya ratusan sampe ribuan.

Siapa sih yang gak pengen sukses? Ya kan Mak.

Semua ilmunya kita udah punya. Kenapa hasilnya beda?

Konsisten + Persisten

2 kata kunci itu yang kadang kita gak kuat sehingga sang sukses pergi seperti tukang sayur yang udah beberapa hari gak mampir ke rumahku, membuat hatiku galau  #curhat

Konsisten

Posting sesempetnya, kadang-kadang, tapi hasil mau banyak Plis deh!

Baru beberapa kali posting, merasa gak ada hasil, eh langsung nyerah. Atau bahkan buru-buru ganti produk.

Padahal bukan produknya yang salah. Tapi cara kita memasarkannya yang belum optimal.

Lebih banyak menyalahkan faktor luar, dibanding NGAKU BAHWA ILMU KITA YANG GAK CUKUP untuk bisa memasarkan hingga banjir order.

Namun, banyak ilmu gak jaminan sukses juga Mak. Kalo gak konsisten prakteknya. Seminggu semangat, minggu depan udah gak kuat. Bulan depan mulai lagi, nanti galau, gak posting lagi deh Follower jadinya pindah ke lain hati loh.

Persisten

Jika dirasa hasilnya baik, jangan keburu berpuas diri trus jadi santai. Perang gak pernah usai Mak Selama bisnis kita berdiri, selama itu juga kita terus harus bergerak.

Evaluasi
Inovasi
Berkreasi
Dan si si si yang lainnya… capek kan makanya jangan sendirian, Dilan aja gak kuat Kompetitor lahir setiap hari, konsumen terus disuguhkan sesuatu yang baru oleh mereka.

Ayo bergerak donk, mikir, harus apa lagi, bagaimana lagi. Jadikan itu energi untuk kita terus produktif. Gunakan konsep Mind Mapping untuk menjabarkan apa saja yang harus kita kerjakan. Biar gak cuma muter di kepala aja.

Kan pengen sedekahnya makin banyak. Kan mau berangkatin ortu HAJI aamiin

Allah mudahkan semua urusanmu ya Mak aamiin

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia

Muri Handayani

SBO (Sekolah Bisnis Online) bit.ly/Info-SBO
SAO (Sekolah Admin Online) bit.ly/Info-SAO
RAZHA (Produsen Inner Hijab) bit.ly/Info-RAZHA

“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Batas IMPIAN kita adalah KEIMANAN.

Muri Handayani, resign, bisnis online, cara bisnis online, wanita, jago jualan, emak-emak, Mak
Mau pergi haji tahun ini? Bisa! ⁣
Minta sama Allah. ⁣

Omset naik 10x lipat? Bisa!⁣
Minta sama Allah. ⁣

Resign dan dapet restu dari orangtua untuk bisnis di rumah demi dekat dengan anak? Bisa! ⁣
Minta sama Allah. ⁣

Pengen Coupleprenuer? Bisa! ⁣
Minta sama Allah. ⁣

Hutang lunas tahun ini? Bisa! ⁣
Minta sama Allah. ⁣

Doa adalah pupuk. Ikhtiar adalah bibitnya. Semai bibit (ACTION) lalu berdoa, meminta, merengek hanya kepada Allah. Bukan kepada yang lain. ⁣

Karena yang lain hanya ciptaan Allah, mintalah hanya kepada Sang Pencipta.⁣

Action harus didasari dengan ILMU. jangan sradak-sruduk, coba-coba, modal nekat. Sayang modal dan waktu yang terbuang. Waktu tidak akan berulang. Jika ada panduan, bimbingan, guru, mentor.. Itu lebih baik. Hemat waktu, tenaga, uang dan lebih sedikit air mata terurai karena kegagalan. ⁣

Jadikan kegagalan orang lain sebagai gurumu, jangan nyemplung di lubang yang sama. ⁣

Kalo dulu saya pernah PHK semua karyawan, Mak jangan lakukan kebodohan yang sama dengan saya. ⁣

Kami pernah rugi puluhan juta, bahkan teman saya hingga ratusan juta, Mak jangan ulangi kesalahan kami. ⁣

Jemput impian dengan ilmu, niscaya lebih mudah dibanding tanpa ILMU. ⁣

Para peserta SAO (Sekolah Admin Online) dan peserta SBO (Sekolah Bisnis Online) semangat berjuang ya! 😘

Apapun IMPIAN Mak, aku doain Allah kabulkan, Allah izinkan, Allah mampukan aamiin… ⁣

 

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online) https://www.facebook.com/sboplaza/
SAO (Sekolah Admin Online) https://www.facebook.com/pelatihanbisnisonlinebandung/
RAZHA (Produsen Inner Hijab) https://www.facebook.com/produsenfashionbandung/

“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Bisnis itu orientasinya bukan UANG, tapi KETENANGAN HIDUP.

Muri Handayani, Mentor bisnis online, Guru, Penulis buku, Pengajar, Pemateri, Cara Jualan Online, Perempuan, Ibu Rumah Tangga, Bandung, Produsen fashion jilbab, Inner, Jilbab, Motivator

Tenang karena uang kontrakan rumah selama setahun kedepan sudah ada.

Tenang urusan biaya pendidikan anak-anak sudah cukup.
Tenang segala utang dan cicilan sudah lunas.
Tenang mau umroh dan haji sudah dibayar semua.
Tenang bisa bahagiain orang tua setiap hari.
Tenang bisa zakat dan sedekah sepuasnya kemana aja.
Tenang punya rumah cash tanpa riba.
Tenang mau punya impian bangun RS gratis, sekolah gratis, segala gratis. Kan punya uang banyak, jadi bisa wujudkan impian dengan tenang ^_^

FAKTANYA, saat menuju ke KETENANGAN HIDUP, kita harus melewati BANYAK HAL YANG BIKIN GAK TENANG 

1. Belajar banyak hal tanpa henti yang bikin puyeng dan lelah jiwa raga.
2. Praktek yang belum tentu langsung berhasil dan bahkan sering boncos.
3. Ngadepin konsumen yang bikin adrenalin naik turun.
4. Ulah Distributor, Agen, Reseller yang super ajaib menguras kesabaran.
5. Supplier, Penjahit, Kurir, Karyawan daaaan lainnyaa…. Realita hidup yang penuh dengan KETIDAKTENANGAN.

Ya itu lah FAKTANYA 

Ada “harga” yang harus dibayar untuk bisa mendapatkan KETENANGAN HIDUP.

Jika sudah terlalu banyak KETIDAKTENANGAN di depan mata, rasanya pengen tutup aja deh bisnisnya. Nyerah… capeeeeek!!!

Eiiittt…. jangan langsung tutup Mak. Mending istirahat dulu, curhat sama Allah, silaturahim ke temen-temen yang bisa kasih energi positif, pacaran sama suami, liburan sama anak-anak.

Abis itu renungkan lagi. Apakah benar yang Mak perjuangkan ini sebanding dengan pengorbanannya?

Coba bandingkan…
Impian/Hasil yang didapat sebanding tidak dengan apa yang sudah ditinggalkan/dihilangkan/dikorbankan.

Sehari 5 jam ngurus bisnis, mengorbankan waktu untuk main sama anak, nemenin anak belajar, rumah berantakan, suami gak keurus, ibadah terbengkalai, kurang istirahat 

Trus ditambah lagi ada Mitra (Distributor, Agen, Reseller) yang nyebelin, menguras emosi. Yang ujungnya anak dan suami kecipratan judesnya kita 

Pikir… pikirin lagi masak-masak, apakah sebanding pengorbanan dengan hasilnya?

Misalnya jawaban Mak adalah “Gak sebanding Mak!”

Jadi langsung gulung tikar aja nih?

Ya jangan dulu, menurutku ada 2 pilihan:
1. Oke memang boleh gulung tikar, asalakan urusan keuangan sudah ada keran yang lain (gaji suami, usaha lain, warisan segunung, punya kontrakan banyak dll)
2. Gedein IMPIAN, TUJUAN, GOAL, HASIL. Sehingga pengorbanan akan terasa kecil jika dibandingkan hasil yang didapat. Jadinya sepadan lah air mata kita dibayar dengan
– Rumah cash 2 Milyar
– Haji bareng keluarga besar dengan jalur VVIP
– Umroh tiap tahun
– Sedekah 1 kg emas
– Bangun pesantren, RS dan pelayanan sosial lainnya.
– Ngabisin duit suka-suka, selama itu di jalan Allah.

Maka, jika saat ini tujuan Mak jualan/bisnis hanya untuk mendapatkan impian yang kecil, aaaah… sedih rasanya. Gak sebanding dengan pengorbanan kita. Waktu kita habis, hidup kita gak bisa diulang, masa kecil anak-anak akan hilang. Tapi kita hanya dapat lelah, setres, mumet, capek dan segenggam recehan.

Apalagi bagi mereka yang jualannya banting-banting harga! Plis deh… ngapain sih buang waktu hidup hanya untuk KERJA RODI!

Konsumen puas, kita lemas. 

Bagi Anda yang tidak nyaman bekerjasama dengan saya, dalam hal apapun, segera tinggalkan saya. Jangan habiskan hidup Anda untuk hal yang Anda rasa tidak nyaman. Hidup Anda sangat berharga. Raihlah kebahagiaan hidup untuk modal bahagia di akhirat.

Begitupun saya, saya akan tinggalkan apapun atau siapapun jika membuat hidup saya tidak nyaman. Hidup yang hanya sebentar di dunia, jangan hanya dijadikan beban dan mengalihkan waktumu dari urusan akhirat.

Luv u Mak…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online) http://www.facebook.com/sboplaza
SAO (Sekolah Admin Online) https://www.instagram.com/sekolahadminonline.id/
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Bisa UNFRIEND MASSAL! (Info buat ALUMNI SBO)

Aplikasi baru, Sekolah Bisnis Online, Muri Handayani

Kalo kita terjun di dunia Online, gak boleh bosen belajar. Setiap hari selalu ada aja HAL BARU. Tapi, kita gak perlu pelajarin semua hal ^_^ Yang ada pusiiiiiing dan malah bingung mana yang mau dikerjain.
Fokus dulu belajar hal yang menunjang bisnis Mak saat ini. Apalagi kalo ilmunya tentang hal teknis. Pikir dulu sebelum ikut kelas/pelatihan/seminar/workshop, materinya BISA SEGERA KITA PRAKTEKIN gak?

Kenapa harus segera?

Supaya segera balik modal juga tuh biaya ikut pelatihannya  Dan kita harus punya komitmen, ketika ikut pelatihan A, tidak boleh ikut pelatihan B sebelum materi di pelatihan A optimal dipraktekin.

Jangan sampe ujung-ujungnya koleksi ilmu doank. Kalo nanti Mak sudah punya Tim. Boleh Mak agak lebih sering ikut pelatihan, jika sudah ada yang didelegasikan untuk praktekin ilmu dari pelatihan A.

Misalnya..
Mak ikut Kelas FB Marketing. Mak yang belajar, lalu praktek, berhasil. Baru kemudian Mak ajarin ke Tim, dia yang praktekin terus menerus. Mak tinggal evaluasi.

Kemudian Mak ikut pelatihan B. Instagram Marketing misalnya. Belajar + praktek + berhasil. Nah ajarin lagi ke Tim. Evaluasi berkala.

Jangan lupa untuk minta laporan kerja mereka. Apa aja yang udah dikerjain sepanjang hari ini. Data pekerjaan bulanan dll.

Bisnis tanpa DATA bagaikan ngimpi siang bolong!

Plis baca lagi materi di Kelas “Membangun Tim Bisnis Online” kan udah diajarin cara bikin laporan hariannya secara rinci.

Nah yang mau saya sampein ini khusus untuk Alumni SBO (sudah pernah ikut Kelas Utama atau Facebook Marketing). Kami sudah riset beberapa hal baru yang ternyata cukup efektif bisa Mak praktekin.

Tapi Mak harus siap belajar download, install, klik sana klik sini. Karena ini materi teknis.

Yang pada japri minta ajarin aplikasi baru ini, mohon maaf saya gak sanggup ngajarin ke 8.000 alumni 

Oleh karena itu, saya membangun Tim untuk menduplikasi diri saya dalam hal mengajar. Supaya ilmunya bisa disebar ke 8.000 alumni.

Nah, anggota Tim saya ini kan kudu dibayar ya Mak  Plis jangan minta gratisan  Tenang.. murah meriah, gak sebanding dengan ilmu yang dipelajarinya super duper banyak.

Jadi yang mau update materi seputar FB Marketing, seperti:
– Auto Like
– Auto Add Friend
– Auto Accept or reject all friend requests
– Auto Cancel pending friend request
– Cara mudah Download Facebook videos
– Auto Send stickers to multiple / all Facebook friends
– Auto Send messages to multiple / all Facebook friends
– Dapetin semua nomor WA teman Facebook
– Post on multiple / all Facebook groups
– Auto Unlike multiple / all Facebook pages
– Auto Unfriend multiple / all active Facebook friends
– Auto Unfriend multiple / all inactive Facebook friends
– Auto Leave multiple / all Facebook groups
– Auto Unfollow multiple / all pages
– Auto Unfollow multiple / all groups
– Auto Invite multiple / all Facebook friends to like a page
– Auto Send birthday wishes to multiple / all Facebook friends whose birthday is today

dan lain lain… masih buanyak lagi update materinya.

Seperti contoh di gambar ini, saya bisa AUTO seleksi akun yang sudah tidak aktif. Lumayan ketemu 175 akun. Tinggal sekali klik, bisa unfriend semua.

Tekhnologi memudahkan banyak hal. Masih inget kan tagline SBO “Gaptek Hilang, Rejeki Datang” 

Cuuuusss bagi Alumni SBO yang mau update materi bisa chat ke Admin SBO di WA bit.ly/wa-sbo

Mohon jangan tersinggung ketika nanti ditanya oleh Admin SBO, apakah Mak sudah alumni dan alumni angkatan berapa. Karena itu prosedur kami.

Bagi yang belum Alumni SBO juga boleh ikut kelas ini kok.

 

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia

Muri Handayani

SBO (Sekolah Bisnis Online) http://www.facebook.com/sboplaza

SAO (Sekolah Admin Online) https://www.instagram.com/sekolahadminonline.id/

“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Ini yang Mengubah Hidup Mak Muri

Mau tau siapa yang mengubah hidup saya, dari Anak Supir Angkot menjadi Mak Muri yang sekarang?

Besok dan Lusa! Kesempatan Langka!

Saya akan kenalin Mak ke banyak guru saya di TDA Bandung. Merekalah yang membuat saya bisa tangguh seperti sekarang ini. Mereka yang mengajarkan saya dari NOL.

Mereka dengan latar belakang bisnis yang berbeda, memiliki keragaman sudut pandang, pengalaman, pola pikir, konsep, strategi dll…

Dari merekalah saya belajar A – Z segala tentang BISNIS. Bukan sekedar berdagang tapi berbisnis. Bagaimana bisnis harus seimbang dengan keharmonisan keluarga. Bagaimana bisnis harus bertujuan untuk ummat, bukan untuk perut sendiri.

Aaaaah pagi-pagi udah bikin mewek aja kalo inget perjalanan RAZHA dari tahun 2011. Semua berkat TDA Bandung, dan atas izin Allah, RAZHA bisa tetap bertahan hingga hari ini. MasyaAllah..

Aku cuma anak supir angkot. Tapi aku punya tekad untuk mengubah nasib. Aku bosan dihina, aku capek direndahkan, aku mau bangkit!

Doa, wajib! Tapi IKHTIAR DUNIA juga wajib.

RAZHA adalah bisnis saya yang ke 7. Bagaimana kabar 6 bisnis lainnya? Alhamdulilllah sudah gulung tikar semua hihihiiii…

Kenapa yang ke 7 ini bisa bertahan dan terus bertumbuh. Karena KAMI MENJALANKANNYA DENGAN ILMU.

Ya.. dulu saya gak pake ilmu, cuma sekedar nekat, sok tau, asal jalan.. akhirnya… jadi sering gonta ganti bisnis. Hasilnya NOL! Bahkan malah menyisakan UTANG!!

2011 kami mulai merintis RAZHA, alhamdulillah izin Allah, kenal dengan Bu Leny Puspadewi yang menjadi wasilah kecemplungnya saya ke TDA Bandung. Awalnya hanya saya yang rajin belajar di TDA Bandung, tapi lama-lama saya cemplungin juga suami untuk masuk ke TDA. Biar sefrekuensi dan menghindari fitnah, karena ada pria dan wanita yang ikut belajar di TDA.

MasyaAllah.. akhirnya malah suami yang lebih rajin berkecimpung di TDA hehehee….

Mau belajar produksi, langsung cari senior TDA yang bisnis produksinya sudah besar. MasyaAllah mereka dengan ringan mau membuka hati, memberikan waktu dan tenaganya untuk kami yang bukan siapa-siapanya mereka.

Mau belajar pemasaran, diajakin duduk bareng, belajar bareng, diskusi bareng dan sukses bareng-bareng dengan menerapkan strategi pemasaran yang sudah mereka gunakan.

Dulu saya ikut beberapa organisasi. Tapi cuma di TDA ini saya paling betah, dan sekarang satu-satunya organisasi yang menjadi keluarga bagi kami.

GRATIIIIS!!

Saya kaget ketika tahu bahwa acara besok tuh gratis. Dari mana biayanya? Patungan ^_^ Sponsornya ya para pengurus dan anggota TDA Bandung. Ditambah kerja keras panitia yang pontang panting cari ke sponsor lain untuk bisa menutupi semua biaya.

Panitia rela menggunakan waktunya yang sangat berharga (harusnya digunakan untuk ngurus bisnis dan keluarga) demi terlaksananya acara GELAR ILMU yang sangat langka ini. Kabarnya, ribuan orang sudah mendaftar. Mereka menyiapkan diri untuk bisa UPGRADE SKILL, BERJEJARING, CARI GURU, PENGALAMAN DAN WAWASAN.

Dari yang sudah berbisnis, baru sekedar berdagang hingga yang belum mulai bisnis.

Acara ini hanya untuk mereka yang mau mengubah nasib dirinya dan juga nasib bangsanya!

Sampai jumpa besok ya Mak di Pesta Wirausaha Jawa Barat.
Tolong tegur dan peluk aku okeh..

Muri Handayani

*InsyaAllah aku bawa banyak #BantalEmakSetrooong untuk doorprize ^_^

 

Continue Reading