8 HAL YANG MEMBUAT KARYAWAN OLSHOP BETAH

Maksud hati rekrut karyawan itu supaya kita sebagai Emak Olshopnya lebih ringan, terbantu gitu ya kerjaannya, jadi bisa lebih banyak ngurus keluarga.

Apa daya, karyawan yang sudah dengan sabar jiwa raga diajarin biar pinter, eh malah dia resign 😂

Jadinya rekrut lagi, ngajarin lagi.. Dan faktanya, saat karyawan masuk, nggak serta merta langsung omzet naik ketika ternyata kita kurang selektif dalam memilih di tahapan interview.

Ya mau gimana ya, udah kadung butuh, masih bagus ada yang mau ngelamar, jadi diterima apa adanya. Eh eh eh.. ternyata emang beneran apa adanya 🤭 Ini itu gak bisa, jadi energi, waktu dan pikiran kita fokus ngajarin dari basic banget, yang membuat urusan perdagangan agak terbengkalai.

Trus.. yang menjadi drama berikutnya adalah, gak enak untuk mecatnya 😳 Rekrut berani, mecat gak berani 🤭

Kalo Mak ngalamin kaya gitu, pertanyaanku cuma satu:

Itu buku #BOAP Bisnis Online Autopilot – Cara Rekrut & Kelola Karyawan OnlineShop- nya udah dibaca belooom?? 😏 Plis deh kalo udah dibeli tuh dibaca, bukan dipajang. Cubiiit nih Marimar..

Lalu gimana nih Mak Muri biar karyawan betah?

Iya sih memang gaji yang aku kasih gak besar, apakah karena itu?

Belum tentu Mak, karyawanku juga gajinya gak fantastis kok. Alhamdulillah izin Allah banyak yang betah. Jadi gini, kata guruku, ada 8 ASPEK KEHIDUPAN yang harus seimbang dalam hidup seseorang.

Bisa jadi, karyawan gak betah itu bukan karena tentang jumlah gajinya. Tapi karena dia ngerasa gak bertumbuh di tempat kita. Gitu-gitu aja skill, wawasan, keilmuan, pengalaman dll. Disebut juga “Pengembangan Diri”.

Setiap orang ingin bertumbuh, kalo di tempat kita gak ada fasilitas itu, maka dia akan mencari di tempat lain. Mereka juga punya impian yang ingin dikejar.

Nah kemarin tuh kami nobar (nonton bareng) video motivasi tentang impian, gak harus kita yang bikin videonya, Tim HRD nyari di YouTube. Setelah nonton, lalu ada sesi sharing, dan praktek yang berkaitan dengan isi video. Seru banget loh…

Trus apa lagi yang bikin karyawan betah?

Kita cek yuk 8 Aspek Kehidupan

1. Spiritual

2. Kesehatan

3. Pengembangan diri

4. Karir

5. Hubungan Sosial

6. Rekreasi

7. Keluarga

8. Keuangan

Cek pada gambar ya, ada juga yang bilang Wheel of Life. Jadi bagaikan roda, harus seimbang. Bayangin kalo roda gak seimbang, susah menggelindingnya.

Mari kita periksa, di kantor Olshop kita nih Mak, apakah 8 aspek itu kita fasilitasi?

Jika belum, mari mulai kita buat program, semampunya dulu, sebisanya dulu, yang penting masuk perhatian kita. Gak cuma nyuruh mereka kerja kerja kerja…

“Memanusiakan manusia” seperti kita memperlakukan diri kita sendiri. Namun… jika dia sudah kita fasilitasi dengan baik dalam 8 aspek itu, eh malah ngelunjak, tetep susah diatur, bolos mulu, jadi dia yang ngatur sesuka hati, maka sudah bukan waktunya dibina, tapi dibinasakan saja 😂 alias dipecat! Bye…

Gak ngerti cara pecat?

Kapan-kapan perlu dibahas gak? Jawab di komen ya 😘

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: