UANG SUAMI vs UANG ISTRI harus dipisah kah?

Hmmm.. pertanyaan yang sulit aku jawab ๐Ÿค”
Sebab keadaan rumah tangga gak bisa digeneralkan ya Mak.

Gimana jika
– Yang kerja istrinya aja
– Suami istri kerja tapi gedean uang istrinya
– Suami istri kerja sama penghasilannya
– Suami istri bisnis bareng
– Suami gak mau pusing ngurus uang rumah tangga
– Suami visioner yang punya perencanaan dan semangat ngatur uang
– Suami istri sama-sama boros
– Istri ketat banget mengatur pengeluran
Dan masih banyak lagi karakter tiap orang yang berbeda.

Ini aku sharing versi kami ya Mak. Yang gak setuju ya gakpapa. Kalo gak cocok ya jangan diikuti. Jika salah, japri aja nasehatinnya ๐Ÿคญ

Kami bisnis bareng, sharing profit diambilnya gak nentu, kalo butuh aja. Untuk bulanan, gaji suami lebih besar dari aku. Tapi rekening digabungin. Jadi gak ngaruh juga siapa yang lebih besar ๐Ÿ˜…

Setelah digabung, langsung dikeluarin berdasarkan prioritas:
1. Orangtua & mertua.
2. Anak pertama karena gak tinggal serumah, jadi ditransfer bulanan.
3. Kuliah & sekolah anak saat ini (bukan tabungan pendidikan).
4. ART
5. Kebutuhan makan ini yang menurutku boros, gak setiap hari masak, seringnya goput atau jajan di luar. Sepekan sekali trik tunai dan isi saldo uang digital,
6. Listrik, bensin, pulsa, tol, minimarket, makanan kucing, dokter.
7. Biaya bengkel.. hobi suamiku itu dunia otomotif, ada aja urusan bengkel yg aku gak paham ๐Ÿ˜…
8. Dana sosial gak terbatas, suka-suka hati aja. Untuk sodara, kerabat, orang gak dikenal, dll.
9. Gadget/perabot/mainan.
10. Tabungan harus sudah ditarget untuk apa, jumlahnya berapa, kapan harus terkumpul. Kalo gak digituin, berasa punya uang nganggur jadi pengen dijajanin. ๐Ÿคช

10 point itu dari rekening bersama. Jadi ya gak ada uang suami atau uang istri ๐Ÿ˜

Rekeningnya banyak, dipisah sesuai peruntukannya, tapi tetep milik bersama.

Rekeningnya ada 5 Mak:
1. Operasional sebulan
2. Tabungan pendidikan
3. Urusan mobil (pajak + bengkel)
4. Bikin kolam renang, liburan, renovasi rumah, dll.
5. Uang dingin (gak boleh dipake)

Sharing donk kalo Mak gimana?
Ijin berguru ๐Ÿ™๐Ÿป

Edited:
Ada yang inbox aku, katanya perlu pemisahan harta suami istri untuk memudahkan perhitungan pembayaran zakat. Dan mempermudah pembagian warisan jika salah satunya meninggal.
Mohon info lengkapnya ya Mak jika ada yang paham ini ๐Ÿ™ Ijin belajar.. 

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: