3 TIPS SUPAYA GAK GAMPANG DOWN MENTALNYA NGURUS OLSHOP

Apakah Mak merasa stres ketika sang sukses gak kunjung datang? Kok rasanya, makin dikejar makin dia menjauh

Gimana sih Mak Muri biar sukses?

Sebelum membahas gimana caranya agar sukses, tentu kita harus menyamakan dulu persepsi apa itu sukses ya Mak. Walau aku sebenarnya gak mau memaksakan pendapat. Ya terserah Mak aja memaknainya masing-masing

SUKSES jika kita ukur dengan materi atau duit, maka pasti orang yang kaya lah yang sukses. Namun sebenarnya dalam kamus besar bahasa Indonesia, sukses berarti BERHASIL, BERUNTUNG.

Nah dalam bisnis online, sukses itu apa?

Nyampe target penjualan?

Gak boncos alias selalu profit?

Menurut pengalamanku selama 14 tahun jalanin bisnis, dari sebelum nikah, bahwa salah satu kunci sukses bisnis itu adalah MENJAGA MENTAL. Bukan seberapa besar kegagalannya, tetapi seberapa banyak bangkitnya.

Kayanya hampir gak ada pebisnis yang tanpa ada drama kegagalan ya Mak. Tapi gak semua orang mampu tetap melanjutkannya, sebagian mereka memilih untuk BERHENTI. Ya menyerah, memilih jalan penghidupan lainnya.

Its ok, itu hak semua orang untuk bebas menentukan.

Aku memilih untuk lanjut, lanjut lagi, lanjut lagi dan lagi…

Begini tips aku dalam menjaga mental untuk tetap tangguh:

1. Tentukan makna sukses dengan standar diri masing-masing.

Bagiku, sukses itu bukan seberapa besar nilai harta yang aku genggam. Aku dan suami memaknai sukses itu ketika kami bisa bahagia dunia akhirat. Bahagia di dunia untuk mendapatkan kebahagiaan di akhirat.

Jangan sampe kita kejar kebahagiaan di dunia tanpa ada dampak pada kebahagiaan akhirat. Misalnya mau bangun rumah, tentu ini untuk memayungi kita di dunia. Tapi kalo kita niatkan ibadah, rumah ini untuk melindungi keluarga, tempat banyak orang memperjuangkan nafkah, dijadikan wadah menuntut ilmu, dll, in syaa Allah ada kebahagiaan akhirat yang kita tuai nanti.

Makna bahagia apa?

– Allah ridho.

– Memiliki tabungan akhirat.

– Mendapatkan kebebasan waktu bersama keluarga.

– Dapat memilih jalan penghidupan yang disuka.

– Membahagiakan orang lain.

Bahkan tagline dari Bumi Langit Grup adalah BAHAGIA DENGAN MEMBAHAGIAKAN

Ini salah satu makna sukses bagi kami. Owner membahagiakan karyawan, karyawan membahagiakan konsumen. Pada akhirnya konsumen juga akan membahagiakan owner

2. Kesuksesan besar dipotong-potong menjadi kesuksesan kecil.

Sama halnya dalam mencapai target penjualan. Goal tahunan dibagi menjadi goal bulanan, lalu dipecah dalam pekanan hingga harian.

Tiap kali goal harian tercapai, kita sudah harus merayakan kesuksesan tersebut. Dengan hati yang penuh suka cita dan rasa syukur. Ini menandakan bahwa kita sudah berada di jalur yang sesuai menuju goal besar.

Bahkan kami gak menunggu goal harian tercapai, tiap kali ada closingan kami bersorak dengan membunyikan bel dan Tim mengucap hamdalah. Kami merayakan setiap rangkaian kesuksesan ini.

Kapan-kapan main deh Mak ke kantorku, berisik di sini Merayakan setiap kemenangan kecil dapat menjaga kami tetap good mood

3. Jangan ingin dinilai orang lain.

Aku tipe orang yang bodo amat Gak makeup, ke kantor kadang belom mandi pakaian gak matching… ah bodo amat, yang penting aku nyaman.

Jika dalam melakukan sesuatu, kita terlalu banyak mempertimbangkan “nanti apa kata orang” ini bikin hidup setres. Ya kan Mak?

Selama tidak melanggar norma agama dan norma sosial, aku akan menjalani hidup dengan caraku.

Termasuk untuk “tidak bersaing dengan orang lain”. Aku hanya bersaing pada diriku yang kemarin. Kalo kemarin nilaiku 6, hari ini aku harus naik jadi 7. Kalo mau dikebut ya jadi 8. Tapi dengan takaran diriku saja, gak usah bandingin diriku dengan orang lain.

Wah dia mulai bisnisnya bareng aku, kenapa dia 10x lipat omzetnya dibanding aku?

Ya jelas beda, dia lebih giat belajar, dia rela hemat makan pake tempe 2 tahun tanpa liburan, dia rajin bangun tahajud setiap hari, dia… dia… dia…

Jangan hanya lihat kesuksesan orang lain dari luarnya saja. Bikin kita ngiri. Justru lihat dalamnya, perjuangannya, pahitnya, rasa sakit jiwa raganya..

Jadi makin jelas, kenapa dia sukses, ya karena apa yang dilakukan oleh dirinya. Fokus memperbaiki diri.

Nah begitu juga denganku, gak mau membandingkan diriku dengan orang lain, gak mau bersaing kesuksesan dengan orang lain. Aku paham kinerjaku, takaran hidupku, budaya di keluargaku, prioritasku dan lainnya, tidak sama dengan dia. Jadi tidak relevan kalo aku bandingankan diriku dengan dia.

Aku bahagia dengan diriku, takaranku, jalanku..

3 poin di atas alhamdulillah membuatku tetap good mood selama 14 tahun bergelut di dunia bisnis. Walau kadang ada bad mood, tapi bisa kembali bangkit maa syaa Allah… izin Allah sang pemilik hati ini.

Takaranku saat ini cuma bisa jalan-jalan ke kebun teh, gak bisa ke luar negri kaya temen-temenku yang lain. Alhamdulillah disyukuri Maa syaa Allah tabaraklah..

Aku doakan Allah jaga selalu hatiku dan hati Mak untuk tetap penuh dengan rasa syukur

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: