CARA MENILAI KEBERHASILAN BISNIS ONLINE

Merasa sudah bertahun-tahun jalanin bisnis tapi kayak gak ada hasilnya?

Sudah pake cara ini itu, namun bisnis tetap gak bertumbuh?

Dan sekarang merasa bingung, ini salahnya di sebelah mana?

Cuuung yang sedang mengalami kegundahan di atas!

Gagal bisnis, gak berhasil mencapai target, jalan di tempat. Tenang, itu bukan aib kok. Gak perlu ditutupi. Justru malah gak boleh ditutupin, nanti makin bobrok. Sebaliknya, wajib dibuka, dibedah, ditelaah sampe ke sumsum terdalam.

Ya memang begitu, kan mau diselamatkan. Makanya dibongkar. Cari akar masalahnya. Jangan cuma menyelesaikan dampak dari masalah, tapi akar masalahnya gak dituntaskan.

Ibaratnya rumah bocor saat hujan. Bukan hanya ambil ember untuk nampung airnya, lalu dianggap selesai. Tapi temukan di sebelah mana titik bocornya. Cari tahu apakah genteng pecah, asbes geser, atau ada retakan di tembok, dll. Ketemu nih penyebabnya genteng pecah. Beli genteng pengganti dan pasang. Selesai deh.

Eeeiit.. tunggu dulu. Belum beres, Apa penyebab genteng pecah? Jangan sampe masalah yang sama terulang. Oh, ternyata karena ada pohon besar di atas rumah. Ketika hujan angin, dahan besar jatuh dan menimpa genteng. Nah, wajib dipapras sedikit pohonnya dan cek bagian yang sudah mulai lapuk.

Begitu juga dengan bisnis kita. Apa sih yang menyebabkan bisnis gak bertumbuh? Bahkan rasanya kayak nyungsep nih kondisinya sekarang. Lakukan pengujian dan pengukuran pada tiap divisi untuk general check up.

Dari buku karya Bradley J. Sugars, The Business Coach, halaman 32:

“Pengujian dan pengukuran merupakan hal vital untuk bisnis apa pun. Jika kau tidak melakukan pengujian dan pengukuran terhadap segala sesuatu yang dilakukan, kau tidak akan mengetahui mana yang berhasil dan mana yang tidak. Kau tidak akan mengetahui strategi pemasaran mana yang harus tetap dijalankan, mana yang harus dihentikan, dan mana yang memerlukan waktu lebih karena tengah menunjukkan tanda-tanda yang menjanjikan.”

Dengan pengujian dan pengukuran, kita dapat memperbaiki, fokus, mengarahkan, ataupun membatalkan strategi sebelum nantinya banyak menghabiskan uang dan memiliki efek yang bertentangan dengan apa yang sebenarnya diinginkan.

Sudah mau akhir tahun nih Mak. Apakah target dari awal tahun ini sudah banyak yang tercapai atau melenceng jauh dari dugaan?

Yuk lakukan pengujian dan pengukuran lebih detail lagi mulai sekarang. Tentunya harus ada DATA AKURAT agar Mak bisa melakukan sederet analisis. Data sebelum dan sesudah pengujian.

Jangan pake “kayaknya, sepertinya, mungkin, kira-kira”

Kayaknya sih untung, eh ternyata buntung hehehee…

Yuk ah, kasian umur kita sudah terus berkurang, tapi gak serius nih jalanin bisnisnya.

Tapi kalau emang cuma iseng aja jalanin bisnisnya, ya gak apa-apa. Kita bebas memilih kan ya. Namun jangan samakan hasilnya, orang yang jalanin bisnis serius dengan yang iseng.

Salah satu yang juga lagi aku lakukan pengujian dan pengukuran adalah tentang liburan karyawan  Kalo dikasih liburannya tiap bulan, tingkat kebahagiaan mereka naik, apakah juga berbanding lurus dengan naiknya profit perusahaan?

Lihat semangatnya mereka saat voting lokasi liburan kami bulan ini hihiiiii… Kinerja mereka juga harus sesemangat itu ngejar margin, karena kan biaya liburannya diambil dari margin Yang sudah ikut kelasnya Mak Muri pasti paham kan.

Uji – Ukur – Uji – Ukur – Uji – Ukur…

Lakukan itu terus ya Mak, dan ingat, PAKE DATA!

Bismillah kebermanfaat dari bisnis Mak semakin besar . aamiin..

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: