KAPAN HARUS PECAT KARYAWAN OLSHOP?

Siapa di antara Mak yang banyak gak enakannya? Mau negur karyawan, gak enak. Mau kasih punishment ke karyawan, gak enak. Mau pecat karyawan yang menyebabkan masalah, gak enak.

Kalau kita terus-terusan gak enakan ke orang lain, sesungguhnya kita lagi “enak-enak aja” tuh ke diri sendiri.

Kita gak tega ke orang lain, tapi faktanya kita tega dengan diri sendiri dan anak yang sudah berkorban (kehilangan waktu dengan ibunya karena ngurus olshop). Gak tega ke orang lain yang ternyata merusak kita, menyebabkan bisnis gak berkembang, stagnan hingga bangkrut.

Demi “gak tega” ke 1 orang, kita mengorbankan banyak orang.

Bisnis adalah olah raga tim. Mencari tim ibarat mencari orang-orang yang siap naik gunung. Cari orang yang bisa memikul beban hingga sampai ke puncak gunung. Jangan malah dia menjadi sumber beban.

Jika setelah dicoba beberapa waktu, sudah diajarkan dan diberikan kesempatan bertumbuh, namun dia malah menjadi sumber beban, bukan pemikul beban, maka segeralah keluarkan dia dari tim kita Mak.

Mak juga perlu evaluasi diri, apakah kita sudah memahami dan menjalani dengan baik:

1. Cara perekrutan harus lebih selektif dan bisa menggali karakter aslinya serta mengetahui kompetensi.

2. Cara mendelegasikan tugas yang bisa dipahami dengan jelas dan memiliki tolok ukur yang tegas.

3. Cara mengontrol kinerja karyawan dan evaluasi.

4. Cara melatih keterampilan dan kepemimpinan diri.

5. Cara mengapresiasi/menghargai hasil.

5 poin di atas sudah dibahas detil di buku #BOAP Bisnis Online AutoPilot – Cara Rekrut & Kelola Karyawan Online Shop. Yang lupa, hayu baca lagi bukunya.

Jika kita merasa sudah menjalankan 5 poin dengan baik, tetapi karyawan masih juga menjadi “penambah beban” bukan “pemikul beban” maka lepaskanlah dia. Biar dia belajar dari perjalanan hidupnya. Dan jangan risaukan rejekinya dia. Sebab Allah lah satu-satunya penjaga rejeki setiap makhluk.

Buatlah bisnis kita bertumbuh besar, sebab disitulah letak kebermanfaatannya untuk ummat. Besarkan dengan ilmu dan kepemimpinan yang baik.

Maa syaa Allah aku dapet banyak banget ilmu dari Mak Merry Sasmita sejak dulu kami dekat di 2017 kalo gak salah. Bukan cuma belajar cara besarkan bisnis dari segi ikhtiar bumi, tapi ikhtiar langitnya keren banget maa syaa Allah…

Suami Mak Merr pun sudah banyak makan asam garam dunia bisnis. Kesabaran, gak gengsi dan pandai kelola uangnya jadi inspirasi kami. Makasi Mak Merr & Uda nyempetin mampir ke desa kami.

Kalo Mak, siapa yang menjadi sumber inspirasi? Boleh colekin semua orang yang Mak jadikan panutan dalam bisnis dan kehidupan.

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: