PENTINGNYA MELACAK KEMAJUAN

Merasa sudah bertahun-tahun jalanin bisnis tapi gak ada hasilnya?

Jangan-jangan perasaan kita salah, dan itu yang menyebabkan kufur nikmat. Astaghfirullah… Sebenarnya ada kemajuan, namun gak disadari. Sebab kita terlalu fokus mencari yang tidak ada.

Hari ini aku lanjut lagi baca buku Self-Coaching, halaman 184. Yuk yang sudah punya, baca bukunya, jangan cuma jadi pajangan.

Ada enam alasan pentingnya melakukan pelacakan:

1. Menyadari Pola

Tracking/pelacakan membantu kita mengetahui posisi saat ini. Juga membantu kita sadar dengan pola kita saat ini. Melacak ke mana uang pergi menyadarkan kita bagaimana kita menggunakan uangnya. Melacak untuk apa waktu kita digunakan menyadarkan kita bagaimana cara menggunakan waktu.

Dengan tracking, kita mendapat data. Kita jadi tahu di mana pemborosan dan kebocoran terjadi. Kita jadi tahu mana yang bisa dioptimasi. Tanpa data, kita buta.Mengetahui patokan awal membantu kita dalam menetapkan tujun yang realistis.

2. Membangun Akuntabilitas dan Konsistensi

Kita jadi lebih bertanggung jawab terhadap rencana. Tanpa tracking berkelanjutan, tujuan dan rencana tindakan akan mudah terlupakan.

Tracking membantu kita memfokuskan perhatian pada hal yang tepat. Pada hal yang memang perlu kita beri perhatian. Hal-hal yang membantu kita dalam mencapai tujuan.

Tracking membantu kita lebih konsisten!

3. Menciptakan Siklus Kesuksesan

Tracking membantu kita melacak kemajuan. Jika tidak ada data valid, sulit menyadari kemajuan.

Kita jadi mudah mengetahui kemenangan-kemenangan kecil yang memicu kepuasan dan emosi positif. Hal tersebut meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri.Sehingga mendorong kita melakukan kemenangan kecil berikutnya. Sehingga tercipta siklus kesuksesan dalam diri kita.

4. Menyesuaikan Strategi

Sulit mengambil keputusan jika kita tidak punya data. Data lah yang digunakan untuk menentukan langkah/strategi berikutnya. Tracking juga membantu mengidentifikasi masalah. Kita akan mudah mengenali kapan dan mengapa masalah terjadi. Kita jadi bisa mengantisipasi.

5. Menciptakan The Measurement Effect

Mengukur aktivitas dapat mendorong kita melakukan lebih banyak atau lebih sedikit (tergantung tujuan) apa yang kita lacak. Melacak uang, membuat kita lebih hemat. Mengukur langkah, membuat kita melangkah lebih banyak.

HASIL YANG KITA DAPATKAN DALAM HIDUP ADALAH AKUMULASI DARI PILIHAN YANG KITA AMBIL DARI MOMEN KE MOMEN.

6. Mencapai Tujuan

Riset menyimpulkan mereka yang melakukan progress tracking (melacak kemajuan) lebih mungkin mencapai goal-nya daripada mereka yang tidak.

Benjamin Harkin mengatakan, “Memantau kemajuan akan tujuan adalah proses penting yang menjadi jembatan antara proses penetapan dan pencapaian tujuan. Proses ini memastikan bahwa tujuan diterjemahkan ke dalam tindakan. Hasil kajian ini menyimpulan bahwa proses memantau kemajuan meningkatkan kinerja perilaku dan kemungkinan pencapaian tujuan seseorang.”

Hmmm… Mak Muri makin paham, yang ngerasa bisnisnya jalan ditempat, gak ada kemajuan, gini-gini aja, salah satu penyebabnya mereka tidak melakukan pelacakan kemajuan.

Di antaranya pelacakan 3 hal ini:

1. Gak punya pencatatan keuangan (Neraca, Laba/Rugi, Arus Kas, dll)

2. Gak punya database pelanggan (data diri lengkap, produk yang disuka, beserta tracking pembeliannya)

3. Gak punya alat ukur kinerja timnya (tidak ada standar kerja dan tolok ukur pencapaiannya)

Dari 3 poin itu, mana yang Mak gak punya?

Udah mau 2022 Marimar, masih mau gini-gini aja bisnisnya?

Beri kami hidayah untuk bisa menjalankan bisnis lebih baik ya Allah. Gak cuma ngomong doang mau sukses tapi actionnya gak selaras.

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: