PEMASARAN JANGAN SERAKAH

Produk kami bisa digunakan untuk semua orang.

Produk kami cocok bagi siapa saja.

Produk kami untuk segala umur.

Produk kami dibeli oleh semua kelas ekonomi bisa.

Itu menurut penjual. Sekarang kita lihat dari sisi pembeli.

Gak semua orang mau pake produk Anda.

Gak semua orang cocok dengan produk Anda.

Gak semua umur tertarik beli produk Anda.

Gak semua tingkatan ekonomi mau beli produk Anda.

Nah kan jadi bingung. Pantesan produk sudah ditawarin ke sana sini, yang beli sedikit atau jarang. Akhirnya ganti produk, eh nasibnya sama saja. Gulung tiker deh. Ngerasa gak bakat jualan, akhirnya menyerah.

Itu adalah kisah Marimar yang kecewa dengan realita. Bisnis gak seindah postingan orang di sosmed.

“Kayaknya enak, jualan pada laris gampang banget,” ucapnya lirih.

Kisah tersebut adalah fiktif belaka. Eh jangan-jangan kisah Marimar ini pernah dialami Mak? Maaf jika ada kesamaan jalan cerita, gak disengaja, kebetulan.

Penyebab yang paling mendasar dari gagalnya penjualan adalah gagalnya perencanaan (gak ada perencanaan bahkan). Ada produk, hajaaarrr tawarin ke semua orang.

Kalo mau jago pemasaran dan penjualan, yuk ah pake ilmunya, biar gak lelah jiwa raga terus.

Siapakah sasaran pasar Mak?

Orang-orang yang paling tertarik untuk menukar uangnya dengan produk yang Mak jual. Kata kuncinya adalah TERTARIK. Nah apa hal-hal MENARIK yang membuat calon konsumen melirik produk Mak?

Ada orang tertarik karena murah, gengsi, fungsi, darurat, praktis, kekinian, happy, dll. Semua itu atas dasar permasalahan yang mereka miliki.

Orang makan enak, gak semuanya karena laper. Dia punya masalah “bad mood”, makan enak bikin happy.

Konsumen beli jaket bukan karena dingin, tapi biar fotonya cakep kaya Mak Muri ini.

Sepatu dibeli bukan karena murah, tapi nyaman biar gak lecet kakinya.

Setiap kategori pasar, memiliki permasalahan masing-masing. Tugas Mak sebelum memilih produk, tentukan dulu siapa target marketnya. Gali permasalahan mereka.

Ambil diantara permasalahan tersebut yang ingin Mak selesaikan.

Sepatu yang cakep, nyaman, gak susah dibersihinnya (karena males nyuci sepatu, kaya Mak Muri), dan bisa dipake segala acara.

Nah kalo mau mewujudkan keinginan konsumen seperti itu, maka tipe sepatu apa yang cocok nih? Gak bisa dari benang rajut karena susah dibersihinnya. Gak cocok sport shoes sebab gak bisa dipake kondangan.

Jika sudah terlanjur punya barang numpuk gimana Mak Muri?

Yo wis dilanjut saja. Sekarang fokusnya menggali produk yang ada, temukan atau tambahkan USP (Unique Selling Proposition).

Dengan produk yang ada saat ini, cocoknya untuk menyelesaikan permasalahan pada konsumen di segmen apa?

Yuk mikir yuk.

Begitulah bisnis, kalo mau laris ya kudu banyak mikir.

Aku doain jualan Mak laris manis terus ya, aamiin…

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: