SEBENARNYA APA SIH TUJUAN BISNIS?

Secara lantang, sebagian besar akan mengucapkan PROFIT atau LABA alias KEUNTUNGAN. Tinggal masalahnya, bagaimana cara mendapatkan keuntungan tersebut. Apakah dengan kerja 20 jam sehari? Ngelapak 30 hari sebulan dengan sedikit libur? Tergopoh-gopoh ngurus orderan sampe urusan rumah tangga keteteran?

Aku pernah berada di titik seperti ini:

“Kok aku hidup untuk bisnis, bukan bisnis untuk hidup?”

Seakan berjalan di treadmill. Berhenti salah, gak berhenti lebih salah.

Gak ngurus bisnis, risiko kebutuhan hidup gak cukup. Ngurus bisnis, tapi udah gak sanggup. Rasanya remuk jiwa raga. Ketika Emak kini berada di posisi itu, saran aku, berhenti. Stop!

Terkadang “berdiam diri” diperlukan untuk kita menyembuhkan jiwa raga yang sedang lirih. Bener-bener lepasin semua kepenatan urusan bisnis. Allah yang bikin kita mumet, Allah juga yang bisa membuat hati tentram. Aku lantunkan doa minta ketentraman hati, dengan syahdu sampai berasa di hati. Teruuuusss diulang-ulang.

Ibu adalah jantung rumah. Bener gak sih? Kalau ibu mumet, seisi rumah kecipratan. Kalau ibu bahagia, rumah bagai surga dunia. Home sweet home.

Aku cerewet banget ke Emak untuk bangun tim, rekrut karyawan. Karena kita gak boleh selamanya mumet oleh hal teknis.

Seperti yang dijabarkan di buku Leadership Mastery karya Dale Carnegie, halaman 23.

PEMIMPIN YANG BAIK MENDELEGASIKAN TUGAS.

Banyak pemimpin yang menunggu terlalu lama sebelum mendelegasikan kekuasaan. Ini tidak hanya menurunkan efisiensi organisasi, tapi juga menghambat kesempatan bertumbuh bagi mereka yang sudah siap berkontribusi lebih besar.

Aku lupa ini foto tahun berapa, yang pasti ini di atas tahun 2013 setelah terjadi tragedi aku PHK semua karyawan.

Dari sana aku bangkit, rekrut lagi dan lagi dan lagi. Pekan ini pun aku terima 7 karyawan baru lagi. Bismillah jika baik maka panjang jodoh. Jika tidak, maka pisahkan dengan baik ya Allah.

Aku doakan Emak dimampukan Allah menjadi pemimpin yang berilmu dan tangguh, yang bisa membawa bisnisnya terus bertumbuh. Besar manfaatnya untuk umat, aamiin.

Btw, Emak tahu gak aku yang mana di foto itu?

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: