PENTINGNYA MELACAK KEMAJUAN BISNIS ONLINE

Pengen sukses, tapi gak tahu indikator sukses itu apa. Ingin omzet naik, tapi gak tau udah naik belum. Kayaknya sih naik, kayaknya sih untung, kayaknya sih ada progres.

Kayaknya = Halu

Aku mau ajak Emak intip buku Self Coaching halaman 183.

Darren Hardy dalam buku The Compound Effect mengatakan, jika kita ingin melakukan perubahan di satu area maka kita perlu melacak segala sesuatu di area tersebut. Misalnya jika ingin bebas utang, maka kita perlu melacak setiap rupiah yang keluar dari dompet/rekening kita. Jika ingin menurunkan berat badan, kita perlu melacak setiap makanan yang masuk ke mulut kita. Jika ingin lebih produktif, kita perlu melacak penggunaan waktu setiap menitnya.

Mengapa seorang pelatih Olimpiade dibayar mahal? Karena mereka melacak setiap latihan, kalori, dan nutrisi atlet. “All winners are trackers.”

Inilah sebabnya, para entrepreneur punya metrik-ukuran yang mereka jadikan patokan. Mereka punya metrik untuk mengukur kondisi bisnisnya. Mulai dari convertion rate, ROI, NPS, BEP, dsb. Tanpa metrik semacam ini, mereka akan kebingungan untuk mengukur apakah bisnisnya maju atau malah mundur.

Jika tidak diukur, maka tidak akan bisa dikelola dengan baik. Hasil pengukuran ini mereka gunakan sebagai insight untuk strategi bisnisnya.

STOOOOOP!

Baca sampai kalimat di atas, kok Mak Muri kayak keselek. Convertion Rate, ROI, NPS, BEP. Aku dan Emak bertanya dalam hati, “Apaan tuuuuh??” 😂

Boro-boro punya begituan, laporan keuangan aja gak bikin (ada yang keselek baca ini?).

So… Wajar ya Mak kalau memang bisnisnya gini-gini aja. Jalaninnya mengalir ngikutin arus lah. Seperti sesuatu yang ngambang-ngambang pergi menuju kemana air mengalir.

Okey lanjut aku baca bukunya…

6 alasan kenapa melakukan tracking alias melacak itu PENTING!

1. Menyadari pola

Tracking membantu kita mengetahui posisi saat ini. Melacak kemana uang pergi, menyadarkan kita bagaimana kita menggunakan uang. Melacak untuk apa waktu kita digunakan, menyadarkan kita bagaimana cara kita menggunakan waktu.

Dengan tracking kita mendapatkan data. Kita jadi tahu di mana pemborosan dan kebocoran terjadi. Kita jadi tahu mana yang bisa dioptimasi. Tanpa data, kita buta.

2. Membangun akuntabilitas dan konsistensi

Dengan tracking, kita akan lebih bertanggung jawab terhadap rencana kita. Tanpa tracking berkelanjutan, tujuan dan rencana tindakan akan mudah terlupakan. Mengapa? Karena dalam hidup ada banyak hal yang bisa mendistraksi kita dari tujuan kita. Melakukan tracking adalah upaya untuk menjaga kita agar tetap ingat dengan tujuan dan rencana kita.

Tindakan yang dilakukan sesekali tidak akan berdampak pada pencapaian hasil. Hanya tindakan yang dilakukan secara konsistenlah yang berdampak pada hasil.

3. Menciptakan siklus kesuksesan

Sulit rasanya menyadari kemajuan yang terjadi tanpa data yang valid. Dengan catatan kemajuan, kita jadi lebih menyadari kemenangan-kemenangan kecil. Kemenangan kecil akan memicu kepuasan dan emosi positif. Kepuasan dan emosi positif meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri kita.

Peningkatan motivasi dan kepercayaan diri membuat kita terdorong untuk melakukan kemenangan kecil berikutnya. Demikian seterusnya hingga tercipta siklus kesuksesan dalam diri kita.

4. Menyesuaikan strategi

Tracking memberikan kita umpan balik berupa data. Data ini dapat kita gunakan untuk menetapkan langkah/strategi berikutnya.

Tracking juga bisa mengidentifikasi masalah. Kita akan mudah mengenali kapan dan mengapa masalah terjadi. Jika masalah berulang, kita pun akan mudah mengenali polanya. Dengan demikian lebih mudah bagi kita untuk mengantisipasi dan memperbaikinya.

5. Menciptakan The Mere – Measurement Effect

Mengukur aktivitas dapat mendorong kita melakukan lebih banyak atau lebih sedikit (tergantung tujuan) apa yang kita lacak. Melacak membuat kita tetap sadar akan pilihan-pilihan yang kita ambil.

Hasil yang kita dapatkan dalam hidup adalah akumulasi dari pilihan yang kita ambil dari momen ke momen bukan?

6. Mencapai tujuan

Riset menyimpulkan, mereka yang melakukan progress tracking (melacak kemajuan) lebih mungkin mencapai goal-nya daripada mereka yang tidak.

Benjamin Harkin mengatakan:

Memantau kemajuan akan tujuan adalah proses penting yang menjadi jembatan antara proses penetapan dan pencapaian tujuan. Proses ini memastikan bahwa tujuan diterjemahkan ke dalam tindakan. Hasil kajian ini menyimpulkan bahwa proses memantau kemajuan meningkatkan kinerja perilaku dan kemungkinan pencapaian tujuan seseorang.

Gimana Mak, makin terbuka pikirannya untuk mau membuat pencatatan berbagai hal? Terutama tentu dimulai dari laporan keuangan ya. Mak. Kalau kami saat ini pakainya aplikasi Jurnal. Enaknya di Jurnal kita bisa coba dulu pake gratis 14 hari. Kalo cocok pake, kalo gak ga gakpapa.

Ke sini untuk bisa dapetin GRATIS, pilih mau gratisan yang mana bebas 👍

https://forms.gle/QJHFPyi7qe272TpY9

Bersyukur banget aku baca buku Self Coaching ini, baru dikit yang dibaca tapi udah dapet banyak manfaat 🥰Yang beli bukunya pada chat ke sini http://wa.me/6287848261039

Dulu aku gak mudeng kalo para mastah pada ngomongin dashboard. “Tugas kita mantau dashboard.”

Oalah.. jadi semua hal itu memang kudu pake data ya Mak. Biar bisa kita tracking. Aku tuh tiap hari sekarang tugasnya mantengin dashboard kaya di gambar ini. Bahkan sehari bisa beberapa kali. Ngecekin setiap progres yang terjadi di Tim.

Sehingga kita gak cuma berprasangka aja ke Tim. Berprasangka “terlalu baik” juga bisa jadi boomerang. Begitu juga berprasangka buruk, ah bikin mumet aja.

Ini pada kerja gak sih?

Berapa sih hasil kinerja mereka?

Bener gak nih kerjanya?

Udah tanggal 11 nih, naik apa turun ya?

Kira-kira akhir bulan tercapai gak?

Sekarang harus ngapain lagi ya?

Asli puyeeeeeeng banget kalo kita cuma berprasangka. Gak bisa ambil keputusan yang tepat.

BISMILLAH JALANI BISNIS ONLINE DENGAN LEBIH BENAR. Mampukan ya Allah

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: