BIAR GREGET WUJUDKAN IMPIAN

Tipe orang yang takut merangkai mimpi:

“Ah masa iya aku bisa mencapai itu?”

Tipe orang yang bosen merangkai mimpi:

“Impianku tahun ini sama dengan resolusi tahun kemarin.”

Tipe orang overthinking:

“Nanti gimana cara memulainya, trus kalo ditengah jalan aku gak bisa gimana, apa nanti kata orang.”

Sini aku cubit kamu Mak kalo masih jadi orang-orang seperti itu.

Aku mau sharing nih isi buku Self Coaching karya Darmawan Aji. Pas aku baca halaman 146, ada kalimat “relasi dengan tujuan”.

Ternyata Mak, relasi kita dengan tujuan, akan mempengaruhi perasaan kita saat memikirkan tujuan yang kita rangkai. Bila kita memiliki relasi yang kurang baik, kita cenderung merasa hopeless, stres dan khawatir saat memikirkannya.

Sebaliknya jika relasi kita baik maka kita akan cenderung happy dan excited di sepanjang perjalanan kita.

Menurut Michael Neill, ada tiga macam relasi kita dengan tujuan, yaitu:

1. Goal Acquisition

Memposisikan tujuan sebagai sesuatu yang harus dikejar. Ini Mak Muri banget 😆 Kita memposisikan tercapai dan tidak tercapainya goal dengan menang/kalah.

2. Goal Attraction

Memposisikan tujuan sebagai sesuatu yang bisa ditarik ke dalam hidup kita. Pikirkan tujuan, kirimkan keinginan pada semesta (tentu kita memahaminya sebagai Allah sang pemilik semesta) dan semesta (Allah) akan mewujudkannya menjadi nyata.

Ini aliran goal setting di buku The Secret, ada yang pernah baca Mak? Hati-hati menggoyang tauhid ya Mak kalo baca buku itu. Kita sebagai muslim persepsikan bahwa kita harus “berprasangka baik kepada Allah”. Nah prasangka baik kita itulah yang fokus menyatakan Allah mampu mewujudkannya.

Kudu fokus dan intens dalam berprasangka baik sama Allah, jangan ada keraguan sedikitpun. Kalo aku sering bilang “Allah aja bisa bikin gunung, pasti bikinin ruang kelas untuk SAO seperti yang aku inginkan juga bisa.”

Hanya tinggal kita berkaca untuk “pantas gak” dikasih? Pantaskah dengan ikhtiar dan ketakwaan, jangan mager.

3. Goal Creation

Memposisikan tujuan sebagai proses ko-kreasi antara kita dengan Tuhan. Manusia tidak seperti makhluk lainnya, diberi anugerah daya cipta dengan pikirannya.

Dengannya kita dapat menciptakan sesuatu, berinovasi, mendesain perwujudan tujuan dan sebagainya. Kita diberi ‘kebebasan’ berkreasi dalam hidup kita. Namun, dalam prosesnya, kita tidak bisa melakukannya sendiri. Kita perlu ‘bekerjasama’ dengan Tuhan.

Tugas kita dalah menetapkan tujuan sebaik mungkin, mendesain rencana, dan menjalankan ikhtiarnya. Namun apakah tujuan itu akan terwujud atau tidak bukan hak kita. Perwujudan tujuan adalah hak Allah sepenuhnya.

Sebagai co-creator kita gak boleh kecewa. Terima apapun yang terjadi, gunakan sebagai bahan untuk kreasi berikutnya. Hasil ada di luar kendali kita, namun menyempurnakan proses ada dalam kendali kita sepenuhnya.

Wah rekomen ini bukunya Mak, “Self Coaching” bikin pikiran makin terbuka dan hati tenang. Keren emang coach Darmawan Aji bikinnya. Aku udah punya beberapa buku beliau, dapet di bit.ly/InfoBukuBaru

Tiga poin di atas kita terapkan dalam menjaga relasi kita dengan tujuan. Mengolah rasa dan asa, itu penting banget. Kadang ngotot pengen terwujud. Terus maksa maunya cepet-cepet.

Dengan memiliki tujuan yang jelas dalam menjalankan bisnis/hidup. Bikin kita gak gampang bosen, gak sempet galau, gak buang waktu menunda. Apalagi kalo pasang deadline yang kejam. Aku banget ini mah.

Alhamdulillah maa syaa Allah Tabarakallah izin Allah satu-satu impianku Allah wujudkan. Diantaranya ruang kelas di foto ini. Ketika awalnya merintis akhir 2018, SAO itu pelaksanaannya di ruang tamu rumahku Mak.

Ya dinikmati saja prosesnya. Sabar nabung, setting goal lagi, ikhtiar memantaskan diri. Alhamdulillah maa syaa Allah Tabarakallah, hitungan bulan ruang kelas SAO bisa digunakan. Ya walau gak 100% sesuai impian yang aku cari fotonya di Pinterest. Tapi Alhamdulillah udah happy banget dengan yang Allah kasih.

Kalau aku bisa, kamu juga bisa kok Mak.

Praktekin 3 poin di atas ya. Bismillah satu-satu impian Mak terwujud aamiin…

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: