KENAPA KPI PENTING UNTUK ONLINE SHOP?

Pernah gak, ngerasa kita udah kerja keras tapi kok kayak gak ada hasil. Atau udah minta karyawan ngerjain ini itu, tapi omzet segini-segini aja? Mungkin itu disebabkan “Gak ada KPI diantara kita”.  hihiiii…

Jadi kita cuma ngasih jenis pekerjaan, tanpa ada tolok ukur kesuksesan. Itulah sebabnya diperlukan adanya KPI dalam Online Shop.

Apa sih Mak KPI itu?

Key Performance Indikator disebut juga indikator kerja atau ukuran kinerja terpilih. “KPI merupakan metrik finansial atau nonfinansial yang digunakan untuk membantu suatu organisasi menentukan dan mengukur kemajuan terhadap sasaran organisasi.” -Wikipedia-

Dengan KPI, kita jadi tahu nih, Olshop kita memang sudah pada jalurnya, masih jauh dari tujuan atau malah salah arah. KPI itu bukan untuk dirapatin di akhir bulan. Wah ini udah keburu babak belur, eh kita baru tahu. Bahkan KPI ini aku minta karyawan setiap hari setor Mak.

KPI untuk Olshop apa aja?

Di antaranya:

– Margin

– Layanan

– Kepuasan konsumen (termasuk komplen juga ada di point ini)

– Jangkauan market baru

– Penambahan konsumen

– Engagement sosmed, dll.

Poin penting dalam penyusunan KPI itu harus ada beberapa hal ini (lebih rinci juga bagus banget tentunya Mak):

1. Ada sasaran/target

Bukan cuma CS/Sales yang ada target omzet, bagian pemasaran misalnya, setiap konten itu harus ada goal/target. Misalnya untuk naikin engagement, edukasi calon konsumen, atau datengin leads.

2. Dapat diukur

Inget baik-baik kalimat ini “Kalo gak bisa diukur, maka gak bisa diatur”. Semua kinerja karyawan harus ada tolak ukurnya. Ketika kita tanya ke CS, “Gimana chat hari ini?” lalu dia jawab “Lumayan Bu”. Kita udah seneng donk, eh ternyata lumayan bagi dia itu 10 chat. Padahal versi kita adalah 100 chat. Pusing kan. Kalo aku maunya, semua harus terukur dengan angka. Sebab angka bukan persepsi, jadi semua orang tahu. Gak akan ada salah paham.

3. Punya data pembanding & bukti

Enaknya ketika KPI ini sudah berjalan. Mak bisa bandingkan data pekan ini dengan pekan lalu, bulan ini dengan sebelumnya, iklan A dengan iklan B, cara hari ini dengan cara kemarin, dst. Maka wajib banget punya database berbagai hal. Wajib ada “dokumentasi data” dari setiap hal yang dilakukan dalam Olshop.

4. Pasang deadline

Semua divisi, dalam melakukan pekerjaan, wajib dikasih batas waktu. Kalo gak gitu, bisa bablas gak beres-beres atau gak nyampe target jadinya. Molooorr terus… Misalnya, dalam waktu 1 pekan, harus ada kenaikan engagement 200%. Sangat memungkinkan loh hal ini terjadi. Dengan batas waktu, bikin kepepet. Kreativitas jadi gampang bermunculan.

“The Power of Kepepet” itu penting banget dalam hidupuku Mak. Dari awal merintis RAZHA 2011 tuh, aku ngerasa banget bedanya, antara gak kepepet dengan kepepet.

Kepepet pengen umroh bareng keluarga.

Kepepet mau punya rumah sendiri.

Kepepet biar bisa ganti mobil yang gak mogok.

Kepepet harus bangun kantor biar misah dari rumah agar ada privasi.

Kepepet ini itu….

Aku tuh orangnya boros, kalo liat duit nganggur bawaannya pengen transferin ke mana-mana alias jajan. Jajannya Mak Muri ngeri loh, beliin anak Lego ori, jastip IKEA pas dateng pake mobil box gede, cuci mata di Informa eh tau-tau beberapa hari kemudian dateng deh yang segede truk tulisannya Informa, main sebentar eh pulangnya borong tanaman yang anu.

Karena aku tau kelakuanku, makanya aku tuh wajib ada tujuan yang jelas terhadap penggunaan uangnya. Harus sudah di poskan untuk apa. Dan pasang deadline. Jadi ketika ada uang, gak gampang lagi untuk jajan. Sebab sudah tahu harus dialokasikan untuk apa.

Biar aman juga, sebagian aku beliin Logam Mulia. Jadi uang gak di rekening yang gampang ditransfer.

Hayu kita tetapkan goal yang jelas dalam bisnis dan penggunaan uang. Biar gak ada lagi penyesalan ngerasa gak punya apa-apa atau gak jadi apa-apa nih dari kerja keras ngurus Olshop.

Aku doakan hasil dari bisnis Mak bisa berbuah 1.000x lipat dari modal awalnya. Aku sudah menikmatinya, kini giliran Mak. Aku bisa, Mak juga bisa. Yang penting kuncinya jalani bisnis dengan ilmu.

Ilmu bisa didapat dari buku, masalahnya udah pada beli tapi gak dibaca, ya gak ngaruh bikin sukses.

Untuk yang belum kebagian Buku BOAP “Bisnis Online AutoPilot – Cara Rekrut dan Kelola Karyawan Online” bisa manfaatkan Promo Merdeka! Buku BOAP

Diskon 45%

Free Ongkir se-Indonesia

Bisa COD

https://bit.ly/InfoPromoMerdeka45

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

2 tanggapan untuk “KENAPA KPI PENTING UNTUK ONLINE SHOP?

  1. Alhamdulillah

    Bergabung ke KBM di saat yang tepat
    memulai bisnis kembali srasa ditemani dan dibimbing step by step nya

    Terima Kasih Mak Muri n Tim
    ♥♥ ♥

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: