APA SEBENARNYA TUGAS KARYAWAN OLSHOP BAGIAN PEMASARAN?

Bingung ngasih tugas karyawan bagian pemasaran apa aja? Wajar sih memang, karena kita sendiri aja bingung apa itu pemasaran?

Itulah alasan kenapa aku rajin ikut berbagai workshop, seminar, baca buku, dll. Untuk mencari tahu berbagai keilmuan seputar pemasaran. Jadi nanti aku tahu tugas apa saja yang didelegasikan kepada karyawan bagian pemasaran. Karena bagiku, ini yang paling penting banget. Bisa dibilang bagian pemasaran itu tulang punggung bisnis.

Soal produk, berganti-ganti vendor, jenis produk, bongkar tim, itu gak masalah. Tapi, yang harus solid itu tim pemasaran. Benar-benar harus digodok dan jangka panjang investasinya. Karena buah dari tim pemasaran belum tentu langsung bulan itu juga.

Tim pemasaran tugasnya tidak hanya Marketing. Aku tambahin juga untuk ngurus Branding. Karena prosesnya melekat. Ada sih perusahaan lain yang memisahkan Tim Branding dan Marketing.

Intinya sih sederhana tugas Tim Pemasaran:

1. Mengubah orang yang belum kenal, menjadi kenal.

2. Mengubah orang yang kenal, menjadi tertarik.

Udah itu aja, selebihnya tugas Tim Penjualan. Nanti kapan-kapan kita bahas ya. Kelihatannya simpel cuma 2 poin ya, tapi rincian jobdesnya panjaaaaang banget.

Kita bedah yuk!

1. Belum kenal, menjadi kenal.

Dari 275 juta penduduk Indonesia, udah berapa juta yang kenal produk kita? 0,01% kayaknya ya Mak. Nah, tim pemasaran harus membuat berbagai strategi untuk membuat kehebohan di dunia maya (sebab kami full online pemasarannya). Supaya yang tadinya gak kenal, jadi ngelirik terus berkata, “Apaan sih tuh?”

Tim pemasaran nyari ide yang banyak, lalu diskusi bareng aku untuk menentukan strategi mana yang akhirnya terpilih untuk dieksekusi bulan ini. Ketika berjalan, bisa jadi strategi kami ganti di tengah-tengah jika memang kurang berhasil, atau sekadar poles juga bisa.

Pokoknya dinamis banget, Mak. Jangan terlalu kaku dengan perencanaan, kudu fleksibel dan adaptif terhadap keadaan.

2. Sudah kenal, menjadi tertarik.

Akhirnya mereka kenal kita, tapi belum yakin kualitas kita ini bagus dan belum ada rasa ‘butuh’. Di sinilah tugas tim pemasaran mengobrak-abrik persepsi calon konsumen untuk merasa ‘butuh’. Baik itu calon reseller atau calon end user/customer.

Berbagai value harus terkomunikasikan dengan baik. Jangan sampai produk bagus, tapi mereka gak tahu. Nah kan ini urusan ‘men-deliver-kan’ value-nya gagal.

Percuma barang bagus, kalau mereka gak tahu. Iyakan, Mak? Akhirnya jadi beli di olshop lain. Terus kita cuma bisa ngedumel, “Iiiiih dia kan barangnya biasa aja, barang aku lebih bagus dan harga udah dimurahin. Tapi kenapa dia laris banget, sedangkan aku sepi?”

Nah jadi siapa dong yang salah?

Hayu Mak, benahi lagi ilmu pemasarannya. Jangan puas dengan paham cara posting, tahu gimana bikin copywriting, ngerti ngedit foto. Itu gak cukup Mak! Terus semangat belajar, ya. Ilmu Allah luas bangeeet. 

Gaji Tim pemasaran berapa, Mak Muri?

Ada di buku BOAP “Bisnis Online AutoPilot – Cara Rekrut dan Kelola Karyawan Online Shop”

Udah pada baca, kan?

Apa? Belum punya? Ke mana aja pemirsa?

Dua hari lagi promo diskon 50% dan free ongkir se-Indonesia bakalan tutup. Cuma CS Diah yang bisa bantu Emak dapet diskonnya. Klik link di bawah ini.

https://bit.ly/MauOrderBOAP

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: