TUGAS PEMILIK OLSHOP ADALAH MENGANALISIS

Ketika bisnis gak bertumbuh atau bahkan lagi turun hasilnya, sering kali kita langsung menyalahkan keadaan, orang lain, atau kompetitor. Ya emang enak sih nyalahin orang lain, karena kita gak mau dianggap salah.

Emang lagi musim sepi. Gara-gara PPKM diperpanjang. Sekarang banyak pesaing. Karyawan kerja gak bener.

“…Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri….” (QS Ar-Ra’d: 11)

Jelas banget disebutkan bahwa KITA HARUS MENGUBAH DIRI SENDIRI dulu agar keadaan di sekitar kita bisa berubah. Jadi jangan habiskan energi untuk tuding sana sini. Ketipu sama temen? Instrospeksi dong, kenapa kita bisa ketipu. Apa yang harus dibenahi dari cara kita mengambil keputusan biar gak ketipu lagi.

Karyawan susah diatur? Perbaiki dong, cara kita memimpin karyawan supaya mereka nurut dengan aturan yang kita terapkan.

Konsumen pindah ke kompetitor? Analisis apa kekuatan kompetitor sehingga mampu menggaet hati konsumen kita. Lalu kita perbaiki pola main kita yang lama, yang ternyata sudah gak diminati konsumen.

Tidak ada hari tanpa perbaikan diri, KAIZEN!

Sebab perbaikanlah yang bisa membuat hasil kita menjadi lebih baik dari kemarin. Cara-cara lama yang dulu berhasil, sekarang bisa jadi udah basi. Strategi yang dulu, kini udah digunakan banyak orang, ganti donk bikin yang baru.

Capek Mak Muri, mikir mulu. Ya udah tutup aja bisnisnya biar gak capek. Tapi lebih capek kalau gak punya duit, terus jadwal bayar ini itu udah di depan mata.

Kita ini harus menjadi dokter untuk bisnis kita, Mak. Lakukan observasi dulu sebelum kasih obat. Kita gak akan tau apa yang harus diperbaiki sebelum paham apa yang menjadi akar masalahnya.

Jangan sampai jadi dokter yang malpraktik. Sakitnya apa, dikasih obatnya apa. Yang ada malah makin sakit.

Yuk Emak Olshop lakukan analisis. Maka yang diperlukan pertama adalah DATA. Di antaranya data ini:

1. Leads/prospek/chat masuk.

2. Konversi closing.

3. Jenis produk yang terjual.

4. Rata-rata penjualan per bulan per konsumen.

5. Jumlah transaksi per closingan.

Semakin detail data yang Emak punya, semakin mudah kita menemukan permasalahan.

Misalnya, jumlah konversi closing kecil, jumlah rata-rata penjualan tinggi. Bisa jadi ini permasalahannya ada di salah target market saat ngiklannya.

Point 2-5 bagus, tapi target penjualan tetap belum nyampe. Maka perbaiki di poin 1. Jangkauan iklannya diperluas, awareness digenjot dengan berbagai konten viral, kolaborasi untuk percepatan, dll.

Gimana, mulai kebayang Mak apa yang harus dilakukan sekarang? Atau makin bingung?

Gak apa-apa, pelan-pelan namanya belajar. Kayak baca buku, sekali belum paham, ulang lagi beberapa kali sampai paham. Setelah paham praktekin tuh isi Buku BOAP “Bisnis Online AutoPilot – Cara Rekrut dan Kelola Karyawan Online Shop”

Udah pada antre ordernya ke CS Diah

https://bit.ly/MauOrderBOAP

Jangan sia-siakan ilmunya ya, Mak.

Bingung Mak Muri, mana dulu yang mau dikerjain. Makanya delegasikan dong ke karyawan, supaya berbagai PR bisa segera dieksekusi, pertumbuhan bisnis mulai berjalan.

Belum punya kantor untuk karyawan olshop? Mulai dulu aja di ruang tamu. Tahun 2011 aku pun mulai di ruang tamu rumah mertua.

Bisnis bertumbuh, karyawan bertambah, udah punya rumah sendiri, ada kantor terpisah, eh kantor gak muat, ruang tamu hingga meja makan rumahku pun jadi kantor. Sekarang sih pada WFH jadi sepi rumahku.

Tahun 2021 sisa 5 bulan lagi. Masih ada kesempatan untuk wujudkan resolusi awal tahun. Ayo Mak semangat perbaiki diri teruuuusss…!!

Bersama Allah kita bisa. Aku doain semua impian Emak tahun ini bisa terwujud, aamiin…

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: