FOKUS PADA KEBUTUHAN KONSUMEN, BISNIS BERTUMBUH

Palugada: Apa Lo Mau, Gue Ada.

Sudah sangat familier dengan kalimat itu ya, Emak Olshop?

Ada mazhab berbeda nih, yang membolehkan dan yang tidak. Bagi yang tidak, menjual satu produk akan jauh lebih fokus, katanya. Ya betul, setuju.

Aku sih orangnya santuy, gak menyalahkan dan gak terlalu fanatik dengan satu konsep bisnis. Fanatiknya sama profit. Ngapain jalanin bisnis yang gak ada profit, iya kan? Mending ngurus cucian, nemenin anak belajar, dan pijetin suami. Pahalanya gede banget.

Ini hanya tentang sudut pandang. Benar bagi saya, namun kalau bagi Emak gak nyaman, ya gak apa-apa. Gak usah diikutin.

Jadi gini…

Tahun 2011 mulai RAZHA, produsen Inner Hijab. Targetnya cari Distributor dan Agen. Alhamdulillah laris, aku sampai jadi OKB. Terus ngalamin fase boros, keuangan kacau. Jangan ditiru!

Tahun 2013, banyak yang melihat pertumbuhan RAZHA, namun gak mau ikut gabung jadi Mitra. Maunya gedein bisnis sendiri. Yo wis, aku ajarin caranya. Lalu makin diserbu nih. Lah aku keteteran kalau ngajarin semua orang. Bisnisku gimana?

Akhirnya lahirlah SBO (Sekolah Bisnis Online), bantu para Emak Olshop gedein bisnis masing-masing. Alhamdulillah banyak yang udah jadi miliarder, bahkan melebihi RAZHA. Gak apa-apa, aku ikut bahagia. Udah punya mental guru. Kesuksesan murid adalah kebahagiaan guru.

Paham kenapa berdiri SBO?

Ya permintaan pasar. Dengan dibuat terorganisir, ada karyawan yang terlibat, Mentor banyak, SBO jadi berbayar. Alhamdulillah sudah lebih dari 25.000 Alumni SBO yang tersebar di 16 negara.

Tahun 2017, aku makin komporin Emak Olshop bangun organisasi bisnis (rekrut karyawan) supaya gak keteteran dan gak sekadar ‘sesempetnya’ (ya itu yang bikin bisnis lama berkembang). Lahir buku #RAMSBO Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online.

Tapi akhirnya mereka bingung cari karyawan yang sudah kompeten dengan ilmu Digital Marketing. Sebab sekolah zaman sekarang (kala itu) gak ada pelajaran yang relevan.

Nah tahun 2018, berdirilah SAO (Sekolah Admin Online) yang tujuannya mendidik lulusan SMK dengan ilmu Digital Marketing selama 2-3 bulan. Nanti lulusannya aku salurin untuk alumni SBO yang butuh karyawan.

Namun kenyataannya yang daftar 99% Owner Olshop, bukan target market yang aku tuju. Rezeki gak boleh ditolak, hitungan hari soldout tiketnya. Akhirnya kami geser Target Market. SAO ini belajarnya offline, jadi untuk market yang gak mau belajar online di SBO, ada SAO.

Pandemi menghantam keras di Maret 2020. Hampir seluruh orang di dunia gak siap. Termasuk pengusaha di Indonesia. Yang offline paling kelabakan. Mau hijrah ke online, masih gagap. Butuh ada yang bantu.

Aku hidupin lagi deh YUUKA (Jasa Pengelolaan Sosial Media) yang 2 tahun lalu pernah aku rintis. Ternyata booming! Saat ini sudah lebih dari 1.200 transaksi jasa dari klien YUUKA.

Banyak yang punya akun Instagram, tapi gak bisa datengin traffic. Aku hadirkan MH Management di tahun 2021 untuk bantu mereka datengin pengunjung hingga follower.

Pengen bisnis tapi gak punya modal. Yowis belajar jualan dulu aja, tanpa modal di TOKORAME x SBO.

Punya stok numpuk tapi gak tau gimana cara larisinnya? Hayu belajar di Pendampingan Bisnis MuslimahPreneur SBO x JNE.

Abis ini apa lagi? Coming soon…

Nah kesimpulannya apa, Mak?

Dengan kita peka terhadap kebutuhan konsumen, kita boleh menghadirkan banyak produk/jasa/bisnis. Usahakan dari tanggal 1 sampai tanggal 30, uang mereka ngalir terus ke rekening, Mak. Kalau gak ke Emak, dijamin tetep keluar kok uang mereka, tapi ya ke orang lain.

Nah kunci dari jualan/bisnis Palugada adalah FOKUS SATU TARGET MARKET!

Kenali lebih deket lagi, apa kebutuhan mereka. Apa permasalahan mereka. Kita hadir bagaikan “Pahlawan Bertopeng” yang memberikan jawaban atas kebutuhan mereka dan memberikan solusi dari permasalahan mereka.

Misalnya Emak jualan gamis, skincare, buku anak, perabot, pembersih mobil, makanan, dll. Boleh… inget kuncinya, fokus satu target market.

Jangan sampai jualan gamis 150 ribu, tapi jualan tas harga 1 juta. Ini udah beda target market dari segi tingkat ekonomi. Atau casing HP gaya ABG, tapi skincare Emak-Emak. Ini juga beda target market dari kategori usia.

Paham sampai sini, Mak?

Paham juga dong Mak Muri gak akan bisa ngurus semua bisnis itu sendirian. Alhamdulillah yang bantuin banyak. Biar aku tetap bisa punya waktu untuk keluarga. Hayu Emak juga bisa kok, aku pun merintis dari nol. Tuh lihat sambil gendong bocah.

Hancurkan dulu mental block. Beraniin rekrut karyawan, selanjutnya akan mengalir aja proses belajarnya kita ngurus karyawan. Learning by doing, Mak. Kan maunya bisnis makin besar dan banyak, kerepotan juga akan banyak. Biar gak repot ya kudu ada yang bantu. Jangan jadi Super Woman, tapi harus Super Team.

Untuk panduannya, Emak bisa manfaatkan Buku “Bisnis Online Autopilot, Jilid 1 – Cara Rekrut dan Kelola Karyawan Online Shop”

https://bit.ly/InfoBukuBOAP

Kalau ada kendala saat praktiknya, nanti bisa diskusi sama aku dan Tim di grup WA khusus. Tapi ini hanya untuk yang order selama periode Booking List 22-27 Juli 2021.

Aku bisa, Emak juga bisa. Kita menebar manfaat di dunia, demi ngumpulin bekal untuk akhirat. Minta ridhomu ya Allah.

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: