KUNCI MEMPERTAHANKAN BISNIS ONLINE

 + “6 kali ganti usaha, kenapa gak kapok ya?”

– “Maklum kepepet. Butuh makan.”

+ “Kenapa gak kerja kantoran aja? Kan sarjana?”

– “Maklum kepepet juga.”

+ “Maksudnya?”

– “Aku pengen hasil yang jauh lebih banyak dari nilai gaji. Karena kebanyakan mau ini itu. Aku juga memosisikan diri kepepet untuk bisa selalu deket sama keluarga. Mungkin bagi yang belum pernah kehilangan (anakku meninggal di usia 2,5 bulan) gak tahu rasanya. Betapa umur sebenarnya begitu singkat.”

Syarat pertama ketika ingin mempertahankan bisnis online, walau berbagai badai harus diterjang, adalah memiliki ALASAN YANG KUAT. Saat merasa down, goyah untuk ngelamar kerja kantoran lagi, aku ingat-ingat kembali betapa gak enaknya berpisah sama anak. Alhamdulillah bisa kembali teguh memegang jalan hidup jadi Emak Olshop.

Tantangan terbesar (lagi) seorang Emak Olshop adalah kegalauan membagi peran antara ngurus bisnis vs ngurus keluarga. Pengen semuanya keurus, pengen keduanya berhasil dengan nilai bagus, berharap sempurna dan adil.

Sayangnya, saat impian makin besar, kerjaan jadi makin banyak. Udah ngurangin jam tidur, sampai gak punya waktu istirahat, 24 jam sehari rasanya gak cukup.

Maka, jangan malu meminta bantuan. Karena kita memang makhluk sosial. Delegasikan urusan domestic. Alhamdulillah jadi ladang pahala kasih pintu rezeki untuk Bibi.

Bagi tugas bertahap pada 5 divisi dalam bisnis:

1. Produk

2. Pemasaran

3. Penjualan

4. Keuangan

5. SDM

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh, hihiii… Nyambung gak sih istilahnya?

Memang kalau semua kita yang ngerjain sendiri, seakan terasa lebih cepet. Dan hasilnya sesuai dengan keinginan. Namun, mau sampai kapan kita keteteran ngurus keluarga dan bisnis? Memasuki tahun ke-11 menyelami dunia bisnis, makin banyak belajar. Ternyata makin nyadar kalau banyak yang belum dipelajari.

Namun kalau waktu Emak tersita untuk jawabin chat terus, ngurusin lakban terus, satu-satu follow-jawab comment-bales inbox, lah kapan ada waktu untuk belajarnya? Sebab ilmu akan memudahkan banyak hal, kita tahu itu. IQRO!

Belum lagi tiba-tiba pandemi. Gak ada persiapan apa-apa baik finansial maupun perencanaan daruratnya. Eh Tiba-tiba TikTok dating. Tiba-tiba di Instagram ada Reels, besok apa lagi perubahannya…

Memperhatikan perubahan-perubahan kecil sejak awal, membantu kita beradaptasi dengan perubahan-perubahan besar yang akan muncul. Begitu juga dengan keinginan pasar. Kudu peka permasalahan mereka apa. Jangan gengsi “pindah haluan”.

Jangan ngejar idealisme, yang kita kejar mah profit. Di mana ada profit, di situ kita hadir. Betul apa betul banget Mak? Karena dengan profit, kita bisa membiayai banyak hal. Bisa bantu menyelesaikan urusan orang lain juga.

Nah, Emak yang lagi cari tambahan profit tanpa ninggalin bisnis yang sudah ada, boleh gabung jadi RESELLER buku Mak Muri yang in syaa Allah launching pekan depan. “Bisnis Online AutoPilot – Cara Rekrut dan Kelola Karyawan Online Shop”.

Syarat daftarnya gampang, chat ke

https://bit.ly/InfoBukuBOAP aja.

Oh iya, ada rewardnya juga, total 6 juta rupiah.

Inget, fokus kejar profit. Nanti profitnya bisa untuk modalin usaha yang Emak inginkan, penuhi kebutuhan hidup, bantu sodara, dll.

Miliki asalan kuat kenapa menjalankan bisnis online + fokus kejar profit (gak idealis) + jalankan bisnis dengan ilmu + rekrut karyawan. In syaa Allah terwujud “Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”, aamiin…

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: