SIAPA SEBENARNYA ORANG DI BELAKANG MAK MURI?

Bener gak sih ibu rumah tangga bisa sukses bisnis? Gimana ngurusnya tuh antara keluarga dan usaha? Bener gak pakai pengasuh, tanpa pembantu, tapi bisa ngurus keluarga dan jalanin bisnis juga?

Okey, aku akan buka-bukaan nih sekarang. Ambil baiknya aja kalau ternyata cocok, hempaskan yang jeleknya kalau Emak ngerasa gak sesuai.

Aku jarang posting kehidupan pribadi jika itu gak berkaitan dengan bisnis atau motivasi. Aslinya aku bukan tipe orang yang narsis. Bahkan bermedia sosial pun gak terlalu hobi.

Kalau gak posting, cuma mikirin nanti nilai engagement turun. Berat lagi naikinnya. Branding belum mencapai goalnya, harus terus maintenance. Marketing masih harus dibantu, biar selling juga naik.

Yes, media sosial bukan aku banget sebenarnya. Aku pribadi baik-baik saja kalau gak posting beberapa hari. Bahkan pernah uninstall aplikasinya.

Cuma ada dua tujuanku dari penggunaan media sosial:

1. Bisnis

2. Pahala

Kalau postingan gak naikin bisnis dan gak ada nilai pahalanya, ngapain main media sosial? Kepoin kehidupan orang lain, gak aku banget. Takut cuma ngotorin hati.

Jadi, bagi Emak yang ngerasa gak hobi media sosial, ya sabar-sabarin aja. Paksa diri untuk suka demi gedein bisnis dan banyakin pahala. Bisa kok dipaksa. Aku udah jalanin ini lebih dari 10 tahun dengan konsisten. Alhamdulillah hasilnya mantul.

Nah, untuk membantu agar menjaga konsistensi kelola media sosial, yang mana ini adalah “Kantor Emak Olshop”, maka kita butuh ada yang back up.

Pertama, REKRUT KARYAWAN. Tanpa jeda, pengelolaan media sosial terus berjalan selama jam kerja. Akun personal (asli maupun kloningan), fanpage, grup, dan inbox dibantu penggarapannya oleh karyawan. Jangan bayangin aku semua yang ngerjain itu. Bisa-bisa aku jadi kurus.

Kedua MINTA SUAMI RESIGN. Alhamdulillah Allah lembutkan suami untuk melepaskan kariernya di bidang yang sangat disuka, yaitu fotografi. Saat bergabung ke RAZHA, tugas suami jadi fotografer. Alhamdulillah masih nyambung dengan passionnya.

Selain itu, suami juga jadi sopir, tukang angkut, kebersihan, seksi sibuklah. Maklum, dulu karyawan baru dikit. Jadi sisa kerjaan dipegang berdua oleh aku dan suami. Namun memang, tidak dipublikasikan. Jadi seakan yang ngurus bisnis ini Mak Muri seorang.

Tahun 2013 mulai berdiri SBO (Sekolah Bisnis Online). Tahukah Emak, gak semua kelas yang ngajar itu aku.

Jadi, dulu tuh SBO kelasnya di grup Facebook ya, dan jamnya malam. Ada masanya anakku rewel. Jadi yang ngajar ya suamiku. Pakai akun Facebook aku. Ya kayak di foto ini. Suami rela dipanggil Emak saat ngajar online. Demi kenyamanan para peserta yang maunya diajarin sama perempuan juga.

Suami juga yang nyusun kurikulum di SBO, yang bikin slide materi, juga yang upload ke grup Facebook kala itu.

Couplepreneur bisa berjalan, jika bisa satu visi. Berbagai ‘pengorbanan’ dilakukan bersama. Turunin ego, yang penting visi tercapai. Toh hasilnya dinikmati berdua, kan? Suami yang paling tegas. Gak boleh rekrut pengasuh. Anak harus sama ayah bundanya.

Lalu bagaimana dengan bisnis yang ingin dibesarkan? Tentu harus lebih banyak waktu, tenaga dan pikiran untuk ngurusnya. Ya tambah karyawannya. Delegasikan lebih banyak pekerjaan. Sehingga kita sebagai pemilik bisnis, tetap punya banyak waktu untuk keluarga.

Kalau dibandingkan dengan pebisnis lain, jumlah omzet sama, tapi karyawan kami jauh lebih banyak jumlahnya. Kata suami gak apa-apa, yang penting kami punya banyak waktu untuk keluarga. Sehingga prinsip “Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus” bisa terwujud. Gitu Mak, kata suamiku.

Sudah kejawab rasa penasarannya?

Jadi bisa kok Ibu Rumah Tangga punya bisnis. Asalkan harus punya tim yang support bisnisnya. Gak bisa wonderwoman, harus wonderteam.

Siap rekrut karyawan?

Doain ya. Akhir bulan ini launching buku baru tentang “Cara Rekrut & Kelola Karyawan Olshop”. In syaa Allah jadi ilmu yang bermanfaat untuk banyak orang. Supaya makin banyak pengusaha sukses namun keluarga tetap dapat perhatian penuh.

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: