OLSHOP EMANG PERLU PUNYA VISI MISI PERUSAHAAN?

Setiap mentorku pasti nanyain apa visi dan misi kami menjalani bisnis? Setiap kali itu juga aku gak bisa jawab.

“Aku bukan tipe orang yang visioner.” Aku berdalih dengan kalimat itu.

Namun, beberapa tahun kemudian kami baru merasakan penyesalan. Kenapa gak dari dulu sih kami punya visi misi? Emang apa kerugiannya?

Berasa, Mak. Misalnya ketika punya karyawan, sudut pandang dan tujuan hidup orang beda-beda. Si A mau ke kanan, Si B mau ke kiri, Si C mau jalan di tempat aja, Si D pengennya lompat.

Akhirnya menyebabkan perpecahan tujuan. Ujungnya bisnis berantakan. Bahkan owner bingung gak bisa jawab ketika ada anggota timnya yang tanya, “Ini bisnisnya mau ke mana sih, Bu?”

Jedeeeerrr! Gak bisa jawab kan?

Itu juga yang menyebabkan karyawan bagus tapi gak betah. Karyawan bagus itu mereka mau ada kejelasan masa depan, dimulai dari mengetahui kemana arah tujuan perusahaan berjalan.

Ada yang ngerasa Olshop udah berjalan sekian tahun tapi gini-gini aja?

Nah itu salah satu penyebabnya karena memang gak tau bisnisnya mau dibawa ke mana. Ibaratnya udah masuk mobil, tapi jalan seadanya rute di depan mata. Kalau ada belokan ke kanan, ya ke kanan. Kalau pertigaan pakai kira-kira aja ambil kiri atau kanan. Pas nemu perempatan, tebak-tebakan deh mau kanan, kiri, atau lurus. Eh, pas udah jalan jauh ternyata itu rutenya balik ke rumah lagi.

Lain halnya kalau dari awal Emak udah tau pengen ke rumah Mak Muri di Bandung. Pas naik mobil udah siapin bekal, cek bensin, nentuin lewat tol mana, setting GMaps. Kalau ada rintangan di jalan, cari jalur alternatif, yang penting kudu sampai karena udah janjian sama Mak Muri. Maka berhasil deh sampai di rumah Mak Muri. Izin Allah.

Nah, begitu juga dengan bisnis, Mak. Emak harus tahu mau dibawa ke mana ini. Lebih asyik tentuin deadline, sehingga kinerja bisa lebih produktif dan jelas kapan sampainya. Speed tim bisa disesuaikan seirama. Jangan sampai ada yang ngebut, tapi sebagian santuy.

Visi misi boleh berubah, kok. Seiring pertumbuhan bisnis dan bertambahnya ilmu serta wawasan Emak. Aku juga sudah beberapa kali ganti. Tapi ini semua kan demi hasil yang lebih baik.

Seperti dulu ketika aku masih nol banget jalanin bisnis. Ya udah visi seadanya. Eh, sekarang setelah mentoring ke beberapa guru, ikut beberapa workshop dan baca beberapa buku, aku update visi misinya jadi lebih keren lagi.

Seperti hari ini, aku merelakan jadwal liburan untuk mendekam di rumah meramu ulang visi misi Bumi Langit Grup, SBO, SAO, YUUKA serta RAZHA & Co. Sebab besok mau dipresentasikan ke tim yang baru aja diubah struktur organisasinya.

Minta doanya ya, Mak. Kami lagi banyak berbenah nih. Demi memberikan kebermanfaatan lebih baik untuk negeri tercinta. Aku doakan juga Emak semakin sukses bisnisnya, berkah berlimpah.

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: