CARA MENGOBATI DIRI DARI KEKECEWAAN HIDUP

Semua orang pasti pernah mengalami kecewa dalam berbagai hal. Kecewa karena kegagalan terus menerus atau harapan yang tidak pernah terwujud. Bisnis, rumah tangga, karier, pertemanan, sosial, dll. So, tenang. Emak bukan satu-satunya orang di dunia kok yang mengalami momen kecewa.

Tapi masalahnya, ada orang yang gampang bangkit dari rasa kecewa, dan ada orang yang dibawa tuh kecewanya sampe mati. Iya, saking digenggam terus.

Hari ini aku baca buku Morning Briefing @work karya Freddy Liong. Ya ampun belum aja tuntas ini buku aku garap hihiii… Soalnya, acap kali dapet yang bagus, aku langsung praktek.

Ada di halaman 128.

Sebesar apa kesuksesan kita ditentukan oleh seberapa kuat keinginan kita dan seberapa besar kemampuan kita mengatasi kekecewaan akibat kegagalan.

Kekecewaan akan menyeret kita kepada keputusasaan. Kekecewaan akan mematahkan semangat kita, bahkan melumpuhkan daya juang kita. Hati-hati saat sedang kecewa, jangan biarkan kekecewaan berlanjut berlarut-larut.

RESPONS CERDAS dalam menghadapi kekecewaan dan patah semangat yang bisa Mak coba nih:

1. Berprasangka baik ke Allah.

Allah sesuai prasangka hambaNya kan ya. Ketika sesuatu terjadi diluar harapan kita yang sebenarnya, maka pastikan dulu kita yakin bahwa ini memang kehendak Allah. Berpikir positif, bawa santuy, dan selalu ambil hikmahnya. Apapun yang terjadi, ucapkan “Alhamdulillah Yaaa…. (sambung dengan kejadian Mak saat ini dengan kalimat positif)”

Contoh, ketika ada karyawan yang mendadak minta resign hari ini juga. Aku berucap “Alhamdulillah yaaaa, biaya operasional kita jadi berkurang dan ada ruang untuk orang yang lebih baik datang membantu kita.”

2. Pengalaman adalah guru terbaik.

Ya belajar dari berbagai kesalahan yang kita lakukan. Biaya belajar yang terkadang tidak murah. Seperti ketika aku rugi 40 juta saat produksi RAZHA.

Jika sesuatu tidak berjalan sesuai harapan, pikirkan letak kesalahan yang kita lakukan. Yes, wajib menunjuk diri sendiri, bukan orang lain atau keadaan. Karena orang lain dan keadaan gak bisa kita ubah. Yang bisa kita ubah hanya diri kita sendiri. Ketika kita berubah, keadaan bisa berubah.

3. Lepasin aja.

Yang disimpen itu emas, bukan kekecewaan hihihiii… Ceritain kekecewaan kita ke orang yang bisa Mak percaya, tentu orang yang Mak yakin dia memiliki mindset positif ya. Ketika kita mulai terbuka, bikin beban di hati lebih ringan.

4. Tuangkan dalam tulisan.

Untuk Mak yang gak bisa terbuka sama orang lain, coba bersahabat dengan pena dan kertas. Tulis semua yang ada di hati dan pikiran Mak terhadap kekecewaan tersebut. Semakin detil dan lengkap, semakin lega hati Mak. Kalau Mak gak mau orang lain tahu, setelah tuntas, bakar kertasnya. Biarkan dia pergi bersama abu yang tertiup angin. Tssaaaaahhhh…

5. Me Time dulu.

Hibur hati dan pikiran Mak dengan melakukan hal yang Mak suka. Lepaskan dari kegiatan rutinitas. Kalau aku ke swalayan juga udah seneng wakwak… Atau main sama kucing, menyapa tanaman, main ke rumah temen dll.

6. Maafin deh!

Memaafkan dapat melegakan dan menenangkan perasaan karena berarti kita bisa menerima kekurangan orang lain sekaligus mematikan potensi dendam. Kalau ternyata dia yang menzolimi Mak, tenang.. Allah kan gak tidur. Allah akan balas dia kok, tanpa kita mengotori tangan kita sendiri.

Begitu juga misalnya Mak udah kerja atau jualan, lalu gak dibayar. Tenang, Allah akan bayar Mak kok nanti. Itu yang aku tahu dari salah satu guruku. Maafin aja dia, lalu kita minta bayaran sama Allah dalam doa. Dengan cara apapun kan Allah bisa.

7. Jangan Maksa loh…

Kita pengen banget hal itu terjadi, eh gak terkabul. Makin ngotot pengen, makin berat kecewanya. Maka dari awal kita bikin cita-cita, tambahin doa.. Ya Allah jika memang ini baik untukku dunia akhirat, maka bantu ya Allah. Jika tidak, berikan penggantinya yang terbaik dan lapangkan hatiku menerimanya.

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: