CARA MEMOTIVASI DIRI SAAT MALAS

Dikerjain salah, gak dikerjain makin salah.

Banyak yang harus diberesin, tapi kok kayak males gitu? Gak semangat, jenuh, merasa terpaksa, gak mood. Ah, pokoknya lagi mager banget, deh. Tapi… Cicilan tetap harus dibayar sesuai temponya. Skincare udah mau habis, kudu beli lagi biar tetep glowing. Dapur kudu ngebul, token listrik wajib diisi.

Pernah gak, Emak ngerasa mager gitu ngurus olshop? Lagi gak semangat aja. Terutama kalau saat sepi. Hiiiksss… Pengen rebahan, tapi mana mungkin.

Ya udahlah, emang kita ditakdirkan untuk punya banyak pahala, kok. Dikasih kesempatan jemput pahala dari jalan olshop. Yo wiiiis kita nikmati aja. Gak semua orang seberuntung kita, loh. Maka, jangan kabur dari masalah. Tapi hadapi saja. Minta bantuan Allah.

Nah, yang bisa kita lakukan sekarang adalah dapetin Good Mood! Cara-cara ini bisa Emak coba. Aku sih udah, dan alhamdulillah berhasil. Sekarang giliran Emak.

1. Ubah suasana ruang kerja.

Kalau awalnya di pojok kanan rumah, coba geser deket dapur, dalem kamar atau bahkan di teras. Tambahin dengan beberapa pot tanaman, kasih hiasan unyu, bantal yang empuk, bisa juga geser perabot. Pokoknya biar berasa suasana baru aja gitu. Manfaatkan yang ada, gak usah beli barang baru.

2. Tulis semua daftar pekerjaan.

Emak-emak itu segala dipikirin, bikin mumet. Jadi bingung mau ngerjain yang mana dulu, saking buanyak kerjaannya. Gak cuma kerjaan olshop, tapi tugas IRT juga catet.

3. Mulai dari kerjaan ringan.

Setelah dicatat, lalu lihat, mana yang paling kecil tugasnya. Small Winning, lebih cocok bagi yang lagi mager. Inget gak waktu kita ujian sekolah? Kerjain dulu soal yang paling gampang. Jadi gak keburu stres duluan kalau dapet soal yang susah hihihiii…

4. Temukan alasan kenapa harus mengerjakannya.

Untuk membuat kita bangkit dari mager, Mak bisa cari-cari alasan/motivasi terkuat, kenapa kerjaan itu harus diselesaikan. Misalnya, kenapa harus beresin lemari, milah barang lama. Alasan: agar tidak dihisab di akhirat karena kebanyakan nimbun barang gak dipake. Atau, biar lebih rapi lemarinya dan makin disayang suami #uhuk

Begitu juga dengan alasan untuk ngurus olshop. Pengen cepet lunasin utang, biar gak malu kalau ditagih terus. Mau wujudin impian Mama umroh, mumpung masih ada umur, jangan sampe terlambat nanti nyesel.

5. Pecah kerjaan besar jadi tugas kecil.

Terkadang udah keburu males duluan ketika ada pekerjaan besar. Kita juga gak bisa makan kue langsung satu Loyang. Potong dulu kuenya, lalu gigit dikit-dikit. Nah gunakan cara itu untuk menyelesaikan project besar Mak. Kaya aku nih sekarang, udah mulai mager nyelesain project buku berikutnya hihii… Ya udah bikin dulu aja per 1 bab. Bahkan aku bisa loncat dari penutup dulu, bab akhir kemudian, lalu lanjut bab awal.

6. Sebentar aja boleh.

Yang bikin jenuh itu ketika pengerjaan tugasnya butuh banyak waktu. Kita udah mental block duluan, males ngerjain. Coba gunakan batas waktu sedikit-sedikit Mak. Misalnya mulai dari 5 menit, depan laptop untuk bikin konten desain grafis IG. Lalu break, ke dapur dulu sebentar. Lanjut lagi poles desainnya lagi, kali ini 7 menit. Kemudian break lagi, angkat jemuran. Manfaatkan timer di HP. Seiring waktu, akhirnya kita bisa ningkatin jumlah waktu kerjanya.

7. Kasih hadiah dong.

Pada dasarnya manusia itu seneng kan dikasih hadiah. Yuk kita kasih diri kita reward Mak setelah berhasil mengerjakan tiap pekerjaan. Tentu hadiahnya sesuaikan dengan besarnya tugas dan kemampuan kita juga. Hal receh aja. Misalnya, kalau udah beres bikin konten, seduh kopi. Jika beres menuntaskan segunung strikaan, makan eskrim. Udah selesai packing paket, ngerujak. Kenali apa yang bikin Emak happy.

In syaa Allah, yang awalnya mager, alhamdulillah akhiranya beres juga tuh kerjaan dengan 7 cara di atas. Dan selalu minta bantuan Allah untuk segala urusan kita. Allah mampukan, aamiin…

Semangat panen pahala dan panen rezeki ya, Mak. Aku doain laris manis jualannya. aamiin.

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: