CARA GEDEIN BISNIS

Kita sering banget takut memulai bisnis karena merasa belum sempurna. Kita takut dapet komplain, takut gak laku, takut ditolak, takut dicemooh, dll. Padahal berbagai penolakan, komplain, dan sepi pembeli itu adalah feedback.

Itu bukan musibah, Mak. Itu sebenarnya rezeki. Asalkan kita memasang mindset yang benar.

Seperti ketika kita sakit, ya sudah terima aja. Karena ketika kita “sudah menerima”, maka kita bisa melihat “sisi baik” dari sakit.

1. Mendapat pahala sabar

2. Menggugurkan dosa

Aku mulai RAZHA pada tahun 2011. Dengan mengeluarkan modal pribadi sebesar 6 juta. Alhamdulillah saat ini sudah berkali-kali lipat hasilnya. Maa syaa Allah… izin Allah… Kalau kita melihat komplainan sebagai masalah, sepi order adalah kegagalan, dan kita menghindarinya atau tidak menerima itu semua, ya udah, selesai deh. Bisnis kita gak akan maju, Mak.

Udah gak kehitung berapa banyak komplain yang menghunjam hati ini. Mulai dari yang disampaikan secara manis, ataupun yang super pedas level 10. Bahkan orang yang aku kenal, aku kira dia akan menyampaikan dengan baik, eh ini mah dia utarakan di depan publik. Jujur, super kesel saat itu. Ada rasa sakit hati juga.

Tapi sekali lagi, karena aku menganggap komplain, kritikan, dan saran adalah rezeki, maka rasa bapernya bisa hilang dengan cepat. Yes, itu semua adalah feedback!  Komplainan adalah riset gratis. Target belum tercapai adalah rapor yang menjelaskan bahwa ada bagian yang harus kita perbaiki dalam bisnis.

Dengarkan, catat, perbaiki, dan modifikasi berdasarkan feedback tersebut. Pasti ada solusi. Pasti! Allah sudah siapkan ujian beserta kunci jawabannya, kan. Pahami bahwa tidak ada bisnis yang dimulai dengan kesempurnaan. Jika dalam sehari kita melakukan satu perbaikan, sebulan sudah ada minimal 22 perbaikan (dihitung dari hari kerja). Dalam setahun (22 hari kerja x 12) ada 264 perbaikan.

Dari berbagai divisi kita perbaiki. Produknya kurang disukai konsumen, kemasannya mudah rusak, alur prosesnya yang ribet banget, karyawannya susah diatur, dll. Yakin deh semua pasti bisa diperbaiki. Asalkan kita dalam kondisi waras, jangan kelamaan baper!

Cara yang kita lakukan harus fleksibel. Jangan malu mengubah kebijakan, mengganti strategi.

Evaluasi-perbaikan-evaluasi-perbaikan. Bisnis adalah perjuangan. Maka berjuanglah hingga tujuanmu tercapai.

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: