BIAR GIAT, HARUS PUNYA OWNERSHIP

Berharap punya karyawan yang rajin, pinter, jujur, inisiatif tinggi?

Sebaiknya tutup saja harapan itu Mak, kalau kita sendiri belum mengajarkan ownership. Bukan untuk meminta mereka jadi owner bisnis, kok. Jiwa ownership harus dimiliki oleh sang owner bisnis itu sendiri, juga karyawan. Bahkan pada setiap mitra (Distributor, Agen, dan Reseller) pun harus ditumbuhkan rasa itu.

Salah satu karakteristik orang-orang yang sukses adalah mereka mempunyai rasa memiliki yang tinggi. Apa pun yang mereka kerjakan, mereka akan melakukannya seolah-olah itu adalah milik mereka sendiri. Sehingga mengerjakannya dengan hasil yang maksimal.

Nah, sebelum mengajarkan, tentu kita yang mempraktikkan sendiri. Apakah sudah cukup tinggi kita merasa memiliki online shop yang sedang dijalani saat ini? Apakah masih kadang-kadang aja ngurusnya, Mak?

Memang, aku paham kita ini emak rempong. Tapi dengan memiliki ownership, kita pasti rela bangun lebih awal agar memiliki waktu lebih banyak untuk mendedikasikan diri di olshop. Atau merelakan dulu untuk gak nonton Ikatan Cinta, Drakor, Turkish, dll.

Ada pengorbanan untuk bisa mewujudkan ownership terhadap olshop yang sedang dibangun. Hidup ini hanya tentang pemilihan prioritas. Misalnya udah beli buku EEJJ (Emak-Emak Jago Jualan), tapi gak sempet baca katanya. Eh, nonton Ikatan Cinta malah sempet. Sudah jelas artinya prioritas hidupnya tidak untuk mengembangkan olshop yang sedang dirintis.

Setiap menit yang kita dedikasikan, kesungguhan hati, fokus dan pengorbanan itu mengindikasikan seberapa tinggi ownership yang sudah terbentuk.

Nah, jika kita sendiri sudah oke nih, baru mulai ajarkan kepada karyawan untuk juga berdedikasi tinggi terhadap perusahaan. Bikin mereka cinta sama perusahaan ini. Emang bisa? in syaa Allah bisa.

Coba sekarang mulai tulis, selain mengurus keluarga, hal apa lagi yang kita lakukan sepanjang hari ini? Lalu cantumkan juga durasi waktunya. Nah, hal-hal yang di luar mengurus keluarga, kita alihkan untuk mengurus bisnis. Percaya deh, setiap menit tambahan waktu untuk mengurus olshop, akan membuahkan hasil yang berbeda.

Terutama juga pikiran. Jangan habiskan pikiran kita untuk meratapi masa lalu. Mikirin hidup orang, mengkhayal kenapa aku gak kayak mereka, dan berbagai pikiran lainnya yang merusak.

Yuk ah, udah pertengahan 2021 nih, Mak, masa masih gini-gini aja semangat juang kita. Harus lebih cinta dong sama olshop kita sendiri.

Seperti tanaman yang dirawat pakai cinta, dengan yang dibiarkan begitu aja. Pasti hasilnya beda, kan? Begitu juga dengan bisnis kita.

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: