BAHAGIA ITU BISA DIATUR

Entahlah ini berlaku sama laki-laki atau tidak. Tapi aku sebagai perempuan, kok ya bisa cepet banget berubah moodnya dari BAHAGIA, seketika SEDIH, MELOW, BADMOOD. Iya gak sih, Mak?

Sedangkan jelas kita sebagai Ibu itu jantungnya rumah. Kalau Ibu marah-marah, bikin seisi rumahnya gak betah. Sedangkan jika Ibunya membawa keceriaan, semua yang ada di rumah ikut suasana gembira.

Mau dong setiap hari riang gembira di rumah bersama keluarga. Capeklah drama mulu ya. Nanti cepet keriput kita darah tinggi pula. Ada beberapa hal yang aku lakukan untuk bisa kontrol jiwa ini agar bisa selalu bahagia.

1. Jangan terlalu ingin sempurna dalam hal apapun. Memang kita harus terus berproses menjadi lebih baik, tapi gak terlalu memaksa diri untuk dapat nilai sempurna. Terkadang nilai 7 it’s ok kok. TERIMA DIRIMU APA ADANYA.

2. JANGAN BANDINGKAN DIRIMU DENGAN ORANG LAIN. Pencapaian setiap orang beda-beda. Gak perlu bersaing dengan mereka, jika kamu gak punya jiwa kompetitif kaya aku Aku bertarung dengan diri sendiri aja. Yang penting hari ini lebih baik dari kemarin. Itu udah suatu kemenangan. 1 hari bertumbuh 1%, namun harus konsisten, sehingga dalam 100 hari, kita sudah 100% loh. Alias sudah 2x lipat dibanding diri kita sebelumnya. Keren, kan?

3. Hidup jangan semrawut. Jalanin aja kaya air mengalir, lah kalau airnya ke got gimana Mak? HIDUPKU ADALAH TANGGUNG JAWABKU. Maka mengatur apa saja yang harus dikerjakan hari ini dan penuh tanggung jawab adalah cara kita mencintai diri sendiri. Tulis setiap malam sebelum tidur atau pagi sebelum memulai hari. Apa aja yang harus dilakukan hari ini. Tuangkan di Journal (Udah pada punya belum? Kalau belum, inbox aku ya atau langsung ke CS SBO kalau mau dapet diskon) lalu pilih berdasarkan skala prioritas. Mana yang harus dikerjakan dulu. Sehingga hidup kita lebih produktif

4. KENALI APA SAJA YANG BISA NGERUSAK MOOD. Lalu hindari atau temukan solusi. Misalnya, aku terkadang jadi badmood kalau keseringan lihat sosmed kompetitor ya gak sih Mak? Dia udah begini begitu pencapaiannya. Bikin jiper. Solusinya Unfollow aja. Nanti kalau kita perlu riset, baru deh intip lagi. Kan gak perlu tiap hari juga kita pantengin.

Berikutnya yang gampang ngerusak suasana adalah soal komunikasi dengan suami. Sama-sama keras, sama-sama susah dinasehatin, sama-sama sok tahu, maka yang perlu kita lakukan adalah saling perbaiki cara komunikasi. Betul-betul harus lihat moment dan waktu yang tepat. Jika ada diantara kita gak nyaman, ya ngomong aja baik-baik, jangan dipendam.

Anak terkadang bikin jengkel. Tapi oh tapi.. anak kan gimana ortunya, anak ya buah dari didikan ortunya. Jadi kalau anak berulah, jangan dimarahin, tanya sama diri sendiri dulu, apa yang kita lakukan sampe anak jadi berkarakter seperti itu, Ketika fokus kita adalah muhasabah diri, maka ke anak jadi gak ngomel. Karena ngomel bukanlah cara mendidik, menasehati dengan baik adalah kunci, kata Pak Ustad Kepala Sekolah.

5. APRESIASI DIRI BIKIN GOOD MOOD. Itulah kenapa di Journal (cek foto) ada aku masukkan Achievement. Pencapaian-pencapaian kecil, yang merupakan progres dari kegiatan kita setiap hari, perlu dicantumkan. Pencapaian besar adalah rangkaian dari banyak pencapaian kecil. Salah satu cara untuk bersyukur atas apa yang sudah kita perjuangkan hari ini. Cobain deh, lebih sering apresiasi diri, Bikin happy

Masih banyak cara untuk kita secara sadar mengatur kebahagiaan diri. Kalau aku minimal 5 hal di atas yang aku terapkan.

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: