INI PENYEBAB IMPIAN GAK TERWUJUD

Setengah tahun 2021 sudah lewat nih. Apakah sudah ada tanda-tanda resolusi awal tahun akan terwujud? Atau belum tampak sama sekali ujung hidungnya? Jangan-jangan resolusi awal tahun 2021 masih sama dengan tahun 2020 dan tahun-tahun sebelumnya?

Jadi, ini adalah impian yang tertunda (lagi). Mau sampai kapan impiannya hanya jadi lamunan? Yuk ah bismillah sekarang waktunya wujudkan. Coba kita telaah, apa sih PENYEBAB DASAR impian kita belum juga terwujud?

“Belum takdirnya dari Allah Mak Muri.”

Itu jawaban benar atau pembenaran? Memang Allah tahu yang terbaik untuk kita. Kadang apa yang kita inginkan belum tentu baik untuk kita, ya. Tapi Allah juga kan mengizinkan kita untuk mengubah nasib, betul?

QS. Ar-Rad ayat 11: ” … Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri….”

“Sudah ikhtiar kok, Mak Muri.”

Okey, aku percaya. Tapi sekarang kita coba telaah, apa penyebab impian kita gak tercapai.

photo by Pixabay.com

IMPIAN >> TERWUJUD

Dari Impian menuju Terwujud, itu ada jarak di antara keduanya. Nah, jarak ini adalah proses. Kita harus bedah lagi prosesnya apa aja.

1. Bermimpi

2. Tulis Impian

3. Buat Perencaaan

4. Lakukan Tindakan

5.Terwujud

Di antara poin 1 dan 5, ada 3 poin yang harus dilakukan. Itu harus kita tanyakan kepada diri sendiri dengan jujur, apakah sudah dilakukan? Jangan-jangan cuma ada di benak kita, tanpa berani menuliskan dan mengucapkannya dengan lantang.

Sayangnya kalo cuma ngomong, sering kali omdo (omong doang). Di sinilah titik krisis banyak impian yang berguguran. Gak menuju ke tahap berikutnya, yaitu MEMBUAT PERENCANAAN.

Padahal cara membuat perencanaan ini diawali dengan hal sederhana.

a. Pahami kondisi saat ini serealistis mungkin. Terima diri apa adanya.

b. Temukan jarak antara impian dan realita.

c. Jarak tersebut dijabarkan sedetail mungkin. Mulai dari jarak jumlah uang, kapasitas ilmu, jangkauan networking, waktu dan tenaga yang dimiliki, dll.

d. Lalu mulailah membuat perencanaan, bagaimana memperpendek jarak diri kita saat ini dengan impian.

Tahapan berikutnya LAKUKAN TINDAKAN yang tidak boleh melenceng dari perencanaan dan tidak boleh berhenti sebelum terwujud. Nah di sini uji nyali yang sebenarnya. Bisa bikin perencanaan canggih, tapi gak semua bertahan dengan lelahnya belajar, pedihnya penolakan, getirnya kegagalan. Coba lagi, lagi dan lagi.

Ya memang begitu realitanya. Gak ada yang bisa sukses tanpa ilmu. Gak ada yang tanpa mencoba berulang kali bisa mewujudkan impian. Maka ketika kita belum berhasil, bukan berarti kita sial atau gak hoki. Itu hanya sebuah fakta bahwa cara yang kita lakukan harus diperbaiki.

Udah gitu aja. Maka perbaikilah, dan lakukan lagi, perbaiki lagi, lakukan lagi. Siap berlelah-lelah menggapai impian dan menikmati manisnya pencapaian? Usahakan manisnya jangan hanya di dunia, tapi juga di akhirat ya, Mak.

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: