KARYAWAN BERTAMBAH, OMSET BERTAMBAH

muri handayani, sekolah admin online, sekolah bisnis online, yuuka indonesia, gerai razha, razha & co

Harusnya sih gitu, tapi tahun 2013 aku ngalamin yang sebaliknya Mak. Karyawan banyak eh omset malah anjlok hihihiii… Begitulah kehidupan, jika dijalani tanpa ilmu, gelap gulita. Kebanyakan kejedotnya saat jalan tanpa cahaya.

Jadi sejak merintis @gerairazha 2011, aku hanya fokus belajar produksi dan pemasaran. Aku gak tau kalo ternyata BISNIS itu harus ada ilmu PEGELOLAAN SDM.

2013 deh kejadian aku berhentikan semua karyawan, karena udah mumet banget, kusut rasanya pikiran wakakaakaaa..

Karyawan makin banyak, omset malah makin sedikit. Kan aneh ya. Eh ternyata setelah aku berguru sana sini, tragedi 2013 di usahaku saat itu gak aneh loh Mak. Karena banyak juga yang ngalamin hal serupa. Penyebabnya sama GAK PUNYA ILMU KELOLA SDM.

Tobatlah aku, mulai seriusin cari ilmu bagaimana cara supaya karyawan kerjanya membuahkan hasil yang baik.

Ilmu marketing terus berubah, seiring perkembangan teknologi. Nah ternyata ilmu kelola SDM juga sama, ada perubahan yang harus selalu kita pantau.

Makin aku gali ilmu pengelolaan SDM makin aku paham bahwa tiap generasi itu beda cara ngurusnya. Seperti saat ini, karyawanku didominasi Anak Milenial. Ya aku harus mendalami kehidupan mereka.

Mereka bisa kerja semangat tuh kalo apa sih?
Cara agar mereka kompak tuh gimana sih?
Mengeluarkan potensi hebat yang mereka miliki, kita harus pacu dengan apa sih?
Biar mereka betah, harus disediakan apa sih?

Jadi kalo Mak saat ini masih pusing urusan produksi dan marketing aja, itu belum jadi pebisnis. Karena pebisnis juga akan pusing urusan SDM hahahaaa… sedap-sedap gimana gitu Mak. Karyawan keluar masuk, ada yang bertingkah, ada yang lemes, ada yang mendominasi, ada yang pendiem sampe susah ini orang maunya apa hihihiiii…

Tapi ya itu semua harus dihadapi, memang itu bagian dari perjalanan bisnis kok, nikmati prosesnya.

Aku doain, Mak bisa buka 100 lapangan kerja ya setahun kedepan. Mari kita bantu Bangsa Indonesia makmur sentosa bahagia dunia akhirat! Merdeka!!!

Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
SAO (Sekolah Admin Online)
RAZHA (Produsen Inner Hijab)
YUUKa Indonesia (Jasa Desain Grafis)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *