SUKSES BESAR itu buah hasil dari SUKSES KECIL ⁣

Muri Handayani, bisnis online, guru, mentor, perempuan, jago jualan, hebat

Jangan lupa bersyukur atas keberhasilan kecilmu hari ini. Karena hal kecil itulah yang akan bisa mengantarkanmu ke KESUKSESAN BESAR. ⁣⁣
Jangan selalu menggerutu karena hari ini kamu belum mencapai target. Coba tengok… Banyak orang diluar sana yang tidak memiliki kesempatan seperti apa yang sudah Allah berikan kepadamu. ⁣⁣
⁣⁣
Namun, bukan berarti kita jadi santai dan malas. ⁣⁣
⁣⁣
Hanya saja, jangan sampai kita KUFUR NIKMAT.⁣⁣
⁣⁣
Alhamdulillah hari ini omset 1juta. Terimakasih ya Allah. Banyak di luar sana orang yang sampe banting harga belum juga dapet order. ⁣⁣
⁣⁣
Ya Allah.. Besok jika masih ada umur, ijinkan kami untuk bisa lebih rajin belajar, berikan energi yang besar untuk ACTION lebih optimal. Hilangkan rasa malas dan kebodohan. Tambahkan ilmu dan pemahaman yang baik. ⁣⁣
⁣⁣
Jadikan tiap lelah kami mengurus bisnis adalah ibadah.⁣⁣
⁣⁣
Terimakasih ya Allah atas⁣⁣
– anak-anak yang sehat dan soleh gak ngerecokin emaknya hari ini. ⁣⁣
– suami yang super baik dan sabar mau bantu ikut beresin rumah. ⁣⁣
– karyawan yang loyal dan mau berjuang besarkan bisnis bersama.⁣⁣
– konsumen yang baik banget gak pake nawar n langsung transfer.⁣⁣
– dipertemukan dengan para guru tempat menimba ilmu.⁣⁣
– kesehatan dan kesempatan memperbaiki diri hari ini. ⁣⁣
– follower naik 1.000 pekan ini. ⁣⁣
– reseller bertambah 2 orang. ⁣⁣
– mang kurir datang tepat waktu, gak kesorean.⁣⁣
Dll…. ⁣⁣

Duuuuh ya Allah.. Banyak banget kemudahan dan kesempatan yang Kau berikan. Rasanya gak sanggup ketik semua kebaikanMu ya Allah. ⁣⁣
⁣⁣
Jadikan kami hambaMu yang selalu lapang hati melihat semua kebaikanMu walau kadang dibungkus dengan rasa pedas, asem, sedikit pahit dll. Tapi kami yakin ini semua akan berbuah manis suatu hari nanti. ⁣⁣
⁣⁣
Terimakasih Allah sudah menakdirkanku sebagai Emak Olshop. ⁣⁣
⁣⁣
Semoga kami bisa menjalankan amanah ini dengan baik. ⁣⁣
⁣⁣
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
SAO (Sekolah Admin Online)
RAZHA (Produsen Inner Hijab)

“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Penjualan Kita TURUN Mungkin Karena Ini

Muri Handayani, pebisnis online, wanita, jualan online, jago jualan, Emak-Emak Jago Jualan, Whatsapp, Mentor, guru, perempuan, hebat

Buka FB, mau posting iklan, eh malah scrolling trus nyangkut di postingan orang lain atau malah KEPOIN hidup orang lain 

Buka WA mau pasang status dan jawab chat konsumen, eh malah sibuk kepoin status WA mantan  Abis itu manjat chat di grup A, B, C, D….sampe Z.

Trus gak sadar, satu jam sudah terlewati tanpa mencapai tujuan awal.

Ada yang pernah ngalamin kaya gini?

Mungkin sekarang saatnya Mak mensortir grup ataupun channel WA yang Mak ikuti. Begitu juga di Telegram dll.

Jika ikut kelas udah selesai, keluar dari grup. Amankan dulu materinya supaya Mak bisa baca ulang.

Supaya bisa melekat ilmunya, harus langsung praktek. Berdasarkan pengalaman, kalo saya ikut pelatihan dan nunda ngerjain apa yang sudah dipelajari, dijamin gak akan kebuka lagi itu catatan. Bahkan udah lupa ikut kelas workshop ini itu.

Bisa jadi, ILMUNYA UDAH BASI! Karena kita baru buka 6 bulan atau bahkan setahun kemudian! Mubazir.

Punya grup WA alumni dari TK sampe Kuliah. Jika ada manfaat untuk bisnis, pengembangan diri dan urusan akhirat, boleh pertahankan.

Tapi harus ada yang namanya PRIORITAS. Lebih dulu buka scrolling chat yang isinya haha hihi aja, atau yang ada manfaatnya.

Lebih utamakan yang sifatnya sosial tapi sunnah atau yang WAJIB seperti NGERJAIN PR, PRAKTEK ILMU PEMASARAN, NINGKATIIN PENJUALAN sehingga bisa bayar utang, bayar umroh haji, beliin emas buat orang tua, nambah tabungan pendidikan anak-anak dll.

Terkadang.. disadari atau tidak, sosial media maupun social chat sudah mencuri hidup kita yang sangat berharga ini.

Jadi kehilangan prioritas antara tujuan hidup dengan kesenangan sesaat pengen eksis dan “dianggap” oleh mereka.

Padahal nanti urusan surga mah masing-masing… gak nunggu like comment dan share orang lain.. Makin banyak interaksi, gak jamin makin banyak peluang masuk surga.

Maka luruskan niat ketika Mak buka FB..

Ya Allah.. bismillah.. saya buka FB untuk ibadah, belajar dan mencari nafkah untuk keluarga, jadikan ini penggugur dosa serta amalan baikku. Jauhkan aku dari kesia-siaan.

Begitu juga saat buka WA, Telegram dll…

Bisnis online itu banyak godaan, karena berbanding lurus juga dengan banyaknya peluang penghasilan.

Maka kita butuh KEKUATAN untuk DISIPLIN dan TEGAS dalam mengoptimalkan waktu yang kita gunakan.

Semoga kita bisa mempertanggungjawabkan di hadapan Allah dengan jawaban yang bisa mendekatkan kita ke Surga aamiin…

Aku doakan, Mak bisa bertumbuh menjadi hamba Allah yang terus baik…baik…baik.. dalam segala hal yang Allah ridhoi aamiin..

#IniBukanMamahDedeh
#IniMasihMakMuri

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online) http://www.facebook.com/sboplaza
SAO (Sekolah Admin Online) https://www.instagram.com/sekolahadminonline.id/
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Ini Rahasia Kenapa RAZHA Masih Bertahan di Tahun Ke 8

Muri Handayani, mentor bisnis, perjalanan bisnis, perempuan, guru bisnis, bisa, jago

Boleh… kali ini Mak boleh membully aku ahahaahaaa… Aku pun spontan ketawa ketika lihat foto ini lagi. Justru dengan menertawakan masa lalu, artinya kita sudah jauh lebih baik saat ini, aamiiin.. insyaAllah..

Mei 2011 kami merintis RAZHA dengan modal seadanya. Memang langsung fokus di pemasaran online. Jadi tentunya butuh foto produk. Suami saya kebetulan fotografer, tapi saat itu kami gak punya dana untuk bayar model.

Dengan kekuatan Adobe Photoshop, suami menyulapku jadi kinclong wakakakaaa….

Laku gak saat itu dengan foto model amatir?

Wiiih laku alhamdulillah.. izin Allah..

Bagi kami, penjualan sebanyak itu udah wah banget. Mungkin bagi orang lain kecil, tapi bagi kami, dengan penjualan sebanyak itu, kami bisa mengubah garis kehidupan.

Dulu… kami sempet ngerasain yang namanya Romantisme Mie Instan. Apaan tuh?

Makan Mie Instan sebungkus berdua, saking gak punya uang buat makan.

Oh iya, pernah juga dulu ngalamin gak mampu beli sendal jepit, yang harganya gak seberapa. Sekarang, kalo ke toko sepatu, tinggal tunjuk mau yang mana. Bahkan ada aja orang yang ngasih hadiah sendal, bahkan sepatu. Allah udah ganti semuanya, Allah bisa ngasih semuanya, asalkan kita SABAAAAR… Sabar Mak!

Sabar apapun skenario hidup yang Allah kasih untuk Mak saat ini. Memang harus kaya gini jalannya, karena kita juga yang pilih kok. Ini semua hasil dari apa yang kita lakukan di masa lalu.

Apakah RAZHA tiba-tiba besar?

Ya gak lah, udah gak kehitung berapa banyak air mata yang membasahi bantalku disaat aku gak kuat menahan semua ujian bisnis.

Keringat bercucuran ketika harus berjalan kaki, naik angkot, angkat barang berat, kehujanan, kepanasan, dicemooh orang, dihina sana sini 😭 Pernah aku sampe nangis di angkot 😭😭😭

Sabar Mak… sabar…

Sekalipun kita keturunan orang kaya, belum tentu bisa jalanin bisnis.

Mewarisi bisnis, bisa aja, tapi belum tentu bisnis tersebut bisa bertahan di tangan kita.

Mulai dari NOL, gak masalah kok. Intinya SABAR & BERTAHAN.

Karena banyak yang sabar, namun akhirnya mereka ganti bisnis, gak bertahan di bisnis yang dia geluti saat ini. Tergoda dengan rumput tetangga yang lebih hijau. Padahal dia gak tau, rumput tetangga itu sintetis, kaya rumput yang di halaman rumah Mak Muri hihihiiiii…

Entah sudah berapa kali aku mau tutup RAZHA. Tapi lagi-lagi Allah menguatkan hatiku melalui suami dan para sahabat. Karena merekalah yang membuatku mampu kembali menegakkan pundak, ketika gagal produksi puluhan juta, disaat karyawan menyebabkan kerugian, stok numpuk milyaran, gak dapet supplier kain, dimaki konsumen, barang hilang di kurir… aaaaahhhhhh…. sedap lah ujiannya kalo mau naik kelas.

Ya emang gitu Mak, gak ada bisnis yang mudah. Karena kalo mudah, semua orang udah kaya 😅 Bener apa bener?

Kalo Mak saat ini sedang kesulitan produksi, cari guru/mentor/pendamping/senior yang bisa diajak diskusi tentang produksi. Ikut komunitas, silaturahim, berkunjung ke mereka yang sudah berilmu lebih banyak dari kita.

Jika saat ini Mak mumet karena penjualan mandek, stok numpuk, bisnis rasanya mentok bahkan sekarang sedang menurun, jangan cepet-cepet ambil keputusan untuk tutup atau ganti bisnis. Sabar dulu sabar….

Cari teman diskusi (yang tentunya dia juga pebisnis ya), ikut komunitas wirausaha, baca buku, liat di YouTube berbagai video yang penuh ilmu, datengin senior, silaturahim.

Kita butuh dokter untuk menganalisa apa penyebab perusahaan kita sakit. Jangan sampe nanti malpraktek ya. Sakitnya apa, dikasih obatnya apa.

Mungkin, bisa jadi, selama ini kita malpraktek ke bisnis kita sendiri. Karena jalanin bisnis hanya modal nekat 😅 Aku pun dulu gitu kok Mak. Tapi sekarang mah udah tobat alhamdulillah.

Kalo gak ngerti suatu hal, cari ilmunya, cari gurunya, cari tau solusinya. Jangan pake jurus bimsalabim… 😂

Aku salut banget dengan salah satu komunitas di Tasik, namanya Muslimah Preneur yang aku tau dari Teh Najmi Nurul Haq. Mereka rela berbagi ilmu, tips, kiat, info… tanpa takut tersaingi. Justru dengan mengajar, kita malah tambah ilmu dari diskusi permasalahan orang lain. Semoga lahir Muslimah Prenur di seluruh Indonesia. Sehingga semakin banyak lapangan kerja yang tersedia aamiin..

InsyaAllah saya berangkat ke Tasik besok, minta doanya ya Mak untuk kesehatan anakku. Dia minta ikut, maunya nempel terus sama bunda. Semoga Allah izinkan kita kumpul disana hari Ahad ya Mak. Silaturahim dan berbagi ilmu untuk dunia akhirat insyaAllah..

Aku doakan juga Mak dan keluarga sehat semua. aamiin…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia

Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online) http://www.facebook.com/sboplaza
SAO (Sekolah Admin Online) https://www.instagram.com/sekolahadminonline.id/
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

 

Continue Reading

Ini Cara AMPUH Membesarkan Bisnis

Muri Handayani Sekolah Bisnis Online Pelatihan Pengajar Inspirasi Motivasi Emak Emak Jago Jualan Bandung TDA

– Duh baru juga beberapa hari jalanin bisnis, udah ada krikil tajam. Ternyata susah ya bisnis, saya gak akan bisa kayanya.

– Ya ampun sudah praktekin 3 bulan, tapi orderan masih sepi, kayanya gak bakat nih saya.

– Sudah jalan setahun bisnisnya, gak habis-habis rasanya ujian, ada aja  kayanya ini bukan jalan saya.

Hiiiksss… capek lahir batin ya Mak ngurus bisnis. Kalo gak kuat ya nyerah aja. Tapi jangan baper kalo Mak cuma bisa jadi penonton KESUKSESAN orang lain ya…

Sebenernya..Mak gak salah langkah kok. Mak sudah dijalan yang tepat. Ya memang seperti ini Mak perjalanan bisnis. Jangankan kita yang “lulusan antah berantah”, orang yang lulusan universitas paling keren, jurusan bisnis, ketika dia terjun langsung ke bisnis ya sama aja, banyak kerikil, rintangan, hambatan, tantangan, ujian dll.

Sesungguhnya itu semua bukan MUSIBAH Mak. Ini MINDSET yang harus Mak diperbaiki. Baca ini baik-baik..

“BEGINILAH CARA ALLAH MENDIDIK KITA”

Yes..ketika mak merasa ada kerikil, itu sebenarnya PERTANDA DARI ALLAH. Allah mau mak NAIK KELAS. Harus ada sesuatu yang diperbaiki, yang terutama adalah ISI KEPALA. Tambah ilmu, cari tahu cara yang benar, lebih baik, lebih uptodate.

– Jualan gak laku-laku.
Artinya Allah mau Mak cari ilmu penjualan yang lebih baik. Bukan salah kondisi politik, bukan karena ribet urusan anak, bukan musim sepi. Mak.. rejeki mah gak pake musim kaliii.. Begitu Mak upgrade ilmu branding, marketing dan selling, insyaAllah bisnis Mak ikut tumbuh. Dengan catatan, bukan cuma ilmu yang ditambah lalu tidur, dipraktekin Mak. Praktek 100 kali akan beda hasilnya dengan yang cuma 10 kali.

– Gagal produksi 40 juta.
Ini saya alamin di tahun ke 2 berjalannya RAZHA. Ternyata ini bukan musibah Mak, ini teguran dari Allah. Saya hanya asik belajar ilmu penjualan dan fokus dengan satu produk aja. Allah mau saya NAIK KELAS dengan cara belajar ilmu produksi. Bisa gagal 40 juta ya ternyata saya gak pake guru, cuma ada ilmu SOK TAHU ahahaahaaa… Harus belajar berbagai jenis bahan, jenis jahitan, sistem kerjasama dengan penjahit, trend fashion dll. Kalo udah tahu ini semua, kira-kira makin cetar gak bisnisnya? Oh tentu saja

– Ditipu karyawan hiikkss…
Ternyata eh ternyata… bisnis itu bukan hanya soal ada barang, cari konsumen dan jualan. Kalo itu namanya berdagang Mak. Bisnis itu harus ada SISTEM. Gimana caranya supaya tanpa kehadiran kita, bisnis tetap berjalan dengan baik dan benar, serta sesuai dengan apa yang kita inginkan. Lah ini baru ada 1-2 karyawan, kita udah mumet ngurusnya. Susah diatur, ngeyelan, lemot, gak kreatif, curang, mencuri dll. Apakah kita sial? oh tentu tidak! Ini maunya Allah Mak. Allah mau Mak upgrade lagi ilmunya supaya naik kelas ke level bisnis yang sebenarnya. Enak Mak kalo udah ada sistem, kita bisa main sama anak sepuasnya tanpa harus ngurusin dagangan. Gimana caranya? Caranya ada di guru Mak. Silahkan Mak cari guru yang nyaman di hati Mak. Pesan dari saya, pilih guru yang PRAKTISI ya Mak, jangan yang teori, beda nanti hasilnya.

Dalam Islam, menuntut ilmu itu harus cari guru Mak. Biar Mak gak nyemplung ke jurang. Guru jaman sekarang banyak banget ya. Bisa berupa buku, ebook, artikel, seminar, workshop, mentoring, sekolah, organisasi dll. Intinya Mak jangan trial error sendiri. Akan terlalu banyak biaya kegagalan dan usia yang terpakai terlalu lama. Keburu tua sebelum akhirnya bisa menikmati kesuksesan. Sedangkan kebutuhan biaya pendidikan anak, beli rumah, haji, bahagian ortu dll, gak bisa ditunda terlalu lama kan ya Mak..

1 hal yang wajib Mak pahami. Apapun yang terjadi, ujian apapun yang datang, Mak wajib mengawalinya dengan ucapan

OKEY ALLAH MAUNYA APA?

Dengan begitu, kita fokus terhadap SOLUSI, bukan menghardik keadaan. Ikutin aja SINYAL dari Allah,buka mata dan hati, pikiran kudu adem dulu supaya bisa baca hidayah dari Allah.

Wajar yah kita perempuan, diawal ujian itu datang, pasti ada bapernya dulu. Boleh kok Mak, asalkan jangan lama-lama bapernya  cukup beberapa jam atau beberapa menit aja heheheee.. setelah itu move on deh

Saya doakan, Allah mampukan Mak untuk lulus melewati ujian, dan terus secara bertahap naik tangga kesuksesan, hingga semakin banyak manfaat dari bisnis Mak untuk ummat. amiin..

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading