MAU BISNIS STABIL?

Muri Handayani, RAZHA, bisnis online, owner, jago jualan, perempuanMAU BISNIS STABIL?
Kalo saya sih gak mau Mak. Nah loh ^_^

Mungkin konsep BISNIS STABIL berlaku pada jaman dulu kali ya. Ketika persaingan tidak begitu sengit. Lahirnya kompetitor tidak secepat saat ini. Dan belum ada pesaing sadis yang bisa menjual dengan harga super murah (made in china).

Jilbab bergo, 9.000 perak!

Secara logika, hitungan harga produksi dan harga jualnya gak masuk akal menurutku. Gak kebayang itu penjahit dibayar berapa ya. Sedih kalo neken harga penjahit, mereka juga butuh biaya hidup yang tidak murah.

Ah Mak Muri mah udah enak, bisnisnya udah stabil.

Ya memang saya akui, RAZHA yang lahir di 2011, mulai stabil di 2015 hingga saat ini.

Tapi justru hal itu yang bikin saya degdegan. Gak bisa nih jika kondisinya kaya gini terus. Bisnis itu gak boleh stabil. Karena harusnya bisnis itu bertumbuh drastis, SCALE UP!

Sejak 2017, ketika saya mulai pindah dari rumah mertua, ke rumah sendiri. Saya memutuskan merekrut sahabat saya untuk bantu mengelola RAZHA. Dikarenakan kecintaan saya di SBO dan visi hidup saya yang ingin meresignkan para Emak yang masih kerja diluar rumah, untuk pindah kantor di rumah aja.

Sebab rumah baru gak muat untuk gudang RAZHA. Maka kantor RAZHA tetap berada di rumah mertua indah. Tim SBO yang ikut dengan saya pindah ke rumah baru.

Sekitar 2 tahun kebelakang, saya jaraaang banget ngurus RAZHA. Ya keliatan hasilnya stabil 😅 Masih profit tentunya, tapi pertumbuhannya tuh gak drastis gitu loh. Kan saya jadi gemeees, pengen banget melesatkan lagi RAZHA untuk bisa meningkatkan manfaatnya bagi ummat.

2014 ke 2015 itu pertumbuhan RAZHA naik 330%

Nah aku pengen kembali ke masa itu. Dimana aku masih rajin ngulik segala hal di RAZHA. Hati dan pikiran masih totalitas untuk RAZHA.

Ramadhan kemarin menjadi saksi atas komitmenku ke Tim untuk turun gunung lagi hihihiiii…

Nah salah satu program baru kami adalah LAUNCHING SETIAP 7 HARI. Blom kebayang produk apa aja yang akan diluncurkan. Tapi dengan adanya tantangan dan komitmen di awal, mau gak mau jadi mikir kan hahahaa… Aku mah gitu orangnya Mak, kudu ditantang dulu, baru mau jalan.

Ini pun menjadi salah satu bukti cinta kami ke para Mitra RAZHA. Supaya Mitra memiliki lebih banyak produk untuk dijual, sebagai ikhtiar untuk menafkahi keluarga.

Minta doanya ya Mak, Allah mampukan kami. Begitupun dengan Mak, aku doain Mak bisnisnya semakin berkah berlimpah. Lonjakan-lonjakan pertumbuhan akan menjadi bagian dari perjalanan bisnis kita.

Kenaikan 330% pernah saya rasakan. Nah targetnya setahun kedepan ini 500% 😍

Kita memang gak mampu Mak, tapi Allah mampu.
Jadi… yakin aja 😘

Semangat bertumbuh Mak!
Semangat memantaskan diri!

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia

Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online) bit.ly/Info-SBO
SAO (Sekolah Admin Online) bit.ly/Info-SAO
RAZHA (Produsen Inner Hijab) bit.ly/Info-RAZHA
YUUKa Indonesia (Jasa Desain Grafis) bit.ly/Info-YUUKA
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Kerja Untuk Hidup, Bukan Hidup Untuk Kerja

Muri handayani, bisnis online, guru, perempuan, penjual online, jago jualan, rejeki, bisnis, ibu rumah tangga, bandung, sekolah, sekolah bisnis, sekolah admin, produsen, wanita, ibu, kerja, hidup, indonesia, mentorPengen tau, seberapa banyak temanku yang sepakat denganku hari ini?

Jangan sampe waktu kita untuk kerja/bisnis ternyata lebih banyak dibanding waktu kita untuk keluarga. Itulah kenapa aku cereweeeeet banget untuk negur Mak yang belum punya karyawan/tim/admin.

Jangan dari A-Z kita kerjain sendiri terus Mak.

Memang tentunya ketika merintis usaha, kita kerjain semuanya sendiri. Aku pun dulu ngalamin masa-masa itu. Tapi kasih batas waktu donk Mak, kapan mulai menduplikasi diri.

Skill yang Mak sudah punya, ajarkan ke karyawan.

Kenapa gak cari aja yang udah jago?
Karena kalo yang udah jago, biasanya minta gaji tinggi. Ataupun mereka buka bisnis sendiri heheee…

Ya kita sadar diri, sabar… Kita ini baru belajar “jadi bos”. Belajar menjadi pemimpin perusahaan.

Cieee gaya euy bahasanya “perusahaan”.

Ya memang harus gitu Mak, #MentalKaya

Perusahaan sebesar Google pun, mereka memulainya dari garasi rumah kok. Jadi kalo Mak saat ini tinggal di rumah kontrakan/petakan/rumah cicilan RSSSSSS… kalem aja… ini cuma sementara waktu kok.

Saya mulai rekrut karyawan pertama ketika saat itu masih numpang tinggal di rumah mertua ^_^ Dapet ruangan sedikit, di tengah gudang barangnya bapak mertua, lumayan dapet sekitar 2×3 meter. Ya walaupun kadang ditemani kecoak dan tikus. Maklum, namanya juga gudang.

Saya yakin itu hanya sementara… Seiring saya semakin rajin “menduplikasi diri” semakin sempit ruangan. Sehingga secara bertahap kami mencari ruangan yang lebih besar. Sewa rumah tetangga.

Hingga akhirnya rumah tetangga sewanya mahal, ibu mertua saranin renovasi rumah. Garasi mobil ditingkat, sehingga atasnya bisa untuk kantor.

Alhamdulillah dapet mertua yang super baik, patungan renovasinya. Hingga saat ini jadi gudang dan kantornya RAZHA.

Nah karena aku pengen banget gedein lagi RAZHA biar makin besar manfaatnya untuk banyak orang, kami harus siapkan kantor yang lebih luas.

Gak sabar mau pindahan ke kantor baru. Kata kontraktor yang ngurus pembangunannya, sekitar sebulan lagi beres. In syaa Allah. Minta doanya ya Mak….

Ketika kita semangat menduplikasi diri, banyak orang yang bantuin kita dalam mengelola bisnis. Sehingga kita jadi bisa punya banyak waktu untuk keluarga. Asik kan?!

Yuk bangun mental Pengusaha! Jangan terus-terusan jadi pedagang.

Sisi baiknya lagi, kita ini bisa bantu banyak pengangguran loh Mak. Yang angkanya tiap tahun naiiiik terus. Kaya sekarang nih, anak sekolah banyak yang baru lulus kan. Nah sayangnya gak semua lulusan SLTA bisa beruntung melanjutkan ke kuliah. Banyak dari mereka yang nganggur. Angkatan sebelum mereka aja masih banyak yang udah mondar mandir cari kerjaan tapi blom dapet. Lah sekarang lulus lagi adik kelasnya. Makin numpuk deh jumlah pengangguran.

Bismillah…

Kita ini emang Emak dasteran, tapi kita MELAKUKAN SESUATU UNTUK NEGRI TERCINTA INDONESIA!

😎 Salam Emak Dasteran!

Muri Handayani
SBO (sekolah Bisnis Online) bit.ly/Info-SBO
SAO (Sekolah Admin Online) bit.ly/Info-SAO
RAZHA (Produsen Inner Hijab) bit.ly/Info-RAZHA
YUUKa Indonesia (Jasa Desain Grafis) bit.ly/Info-YUUKA

Continue Reading

SEDEKAH ITU GAK HARUS IKHLAS!

sedekah itu gak harus iklhasWaduh Mak Muri, kok gitu pernyataannya?

Sedekah itu sama seperti ibadah lainnya. Kita perlu latihan, mengasah hati, keimanan dan bahkan logika.

Kita juga dulu awal belajar Sholat dipaksa sama orang tua atau guru. Bahkan jika tidak solat maka boleh dipukul.

Selain kita diajarkan manfaat solat, kita juga diberitahu hukumannya jika tidak solat. Alhamdulillah pada akhirnya dengan kedewasaan dan hidayah Allah, kita bisa solat tanpa dipaksa lagi ya Mak.

Nah.. Urusan sedekah, juga bisa diterapkan dengan cara ketika kita belajar solat.

Ya BELAJAR!

Untuk bisa punya tangan yang ringan sedekah, kita harus mulai dari 1 sedekah pertama.

Lagi trend berbagi beras, paksa diri kita untuk ikut. Walau masih terang-terangan bahkan ada terselip riya. Gakpapa.. Lakukan…

Lalu latih lagi… Sedekah lagi.. Udah gak riya tapi kadang masih suka cerita sana sini. Gakpapa.. Lanjutin sedekahnya…

Sedekah lagi.. Kali ini gak pengen difoto. Tapi minta didoain… Boleh.. Lanjutkan Mak…

Sedekah lagi.. Lagi.. Lagi.. Dan lagi..

Gak usah dengerin cibiran orang. Cuma Allah yg tau hati kita.

Masih bagus kita sedekah walau baru 50% ikhlas, daripada dia cuma ngomongin orang tapi gak sedekah 😅

Yakin.. Aku yakin banget.. Hingga suatu hari nanti Allah melembutkan hati kita.. Untuk semakin semakin dan semakin ringan tangan dalam bersedekah.

Bahkan aku sangat percaya, kita nanti gak hanya kasih sedekah kalo diminta. Kita bahkan mencari peluang sedekah. Menciptakan peluang sedekah. Jadi yang koordinir pengumpulan sedekah. Maa syaa Allah…

Ya… Otot sedekah itu perlu dilatih Mak.

Ajarkan juga anak-anak kita. Walau diawal mereka cemberut karena kita paksa sedekahin mainan kesayangannya. Terus lakukan dan jangan bosan kita lantunkan nasihat atas manfaat sedekah. In syaa Allah… Kita sedang mendidik generasi Islam yang bisa memakmurkan negri ini.

Sesungguhnya, sedekah itu lebih besar manfaatnya bagi yang memberikan bukan yang menerima.

Ayo latih otot sedekah kita!

Mak Muri
Tukang Ngomporin 😁

*Foto by Mak Muri saat naik angkot. Liat ibu ini, jadi inget Mamaku saat masih jadi tukang gado-gado 😭demi nyekolahin kami. Ya Allah berikan kebahagiaan dunia akhirat kepada ibu ini aamiin…

*Jadi pengen cepet mudik 😭

*Bagi yang masih punya Ibu, aku doain Allah pantaskan kita jadi anak yang berbakti 😭 bisa bahagiain ibu di dunia dan akhirat aamiin…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia

Muri Handayani

SBO (Sekolah Bisnis Online) bit.ly/Info-SBO
SAO (Sekolah Admin Online) bit.ly/Info-SAO
RAZHA (Produsen Inner Hijab) bit.ly/Info-RAZHA

“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

8 Tahun RAZHA

Muri handayani, bisnis online, guru, wanita, tangguh, pebisnis online, produksi, produden inner hijab, inner, hijab, dalaman hijab, 8 tahun, RAZHARAZHA bisa mencapai usia 8 tahun tentunya dimulai dari 1 hari pertama.
Rencana boleh bagus, tapi kalo gak dimulai, hanya akan jadi rencana yg gagal. Gagal dieksekusi Mak 😂

Aku tipe orang yg SPONTAN. Gak perlu pake perencanaan 100% sempurna, baru kemudian eksekusi.

Mungkin salah satu pemicunya juga karena faktor KEBUTUHAN 😅 gak munafik, kami berdagang ya karena diawali butuh uang buat makan dan bayar utang.

Jadi gak bisa tuh berlama-lama bikin perencanaan saat memulai @gerairazha . Langsung aja jualan, nanti belajarnya sambil jalan.

Nah seiring waktu, banyak sekali pelajaran berharga yg gak kebayang saat dulu di awal ingin memulai bisnis.

Maklum ilmunya gak nyampe kesana saat itu. Jadi.. Ketika Mak sekarang sedang rencana ingin memulai atau melebarkan sayap #bisnis, mulai saja bergerak.

Karena pada kenyataannya, perubahan rencana itu akan terus terjadi. Diantaranya karena:
– Perubahan selera konsumen terhadap produk.
– Pola belanja masyarakat jaman NOW.
– Hadirnya kompetitor.
– Sumber bahan baku.
– Kebijakan pemerintah.
– Trend kekinian.
– Kemampuan SDM.
– Kapasitas owner.
Dll

So.. Buat #rencanabisnis dengan baik (tanpa menunggu sempurna) lalu ACTION bertubi-tubi ya Mak 😘 Jangan hanya bikin rencananya aja yg serius tapi prakteknya lemes 😅

Aku doain, Allah mudahkan semua urusanmu 😍

Bisnis Mak bisa bertahan, bertumbuh dan bertambah terus. Makin besar manfaatnya untuk ummat aamiin… Berkah berlimpah untuk semua orang yg membersamaiku selama ini 😘

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani

SBO (Sekolah Bisnis Online) bit.ly/Info-SBO
SAO (Sekolah Admin Online) bit.ly/Info-SAO
RAZHA (Produsen Inner Hijab) bit.ly/Info-RAZHA

“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

 

Continue Reading

Sewindu RAZHA

Muri Handayani, mentor bisnis, bisnis online, wanita, RAZHA, sekolah bisnis online, Inner, bandung, produsen, guruBismillah… Minta doanya ya Mak, hari ini Kami akan melaksanakan syukuran Milad RAZHA ke 8.

Maa syaa Allah… Sewindu perjalanan kami mengajar ridho Allah bersama RAZHA.

Sudah lebih dari 1.000 orang yg hilir mudik di jajaran Mitra (Distributor, Agen, Reseller) @gerairazha

Ada yang masih setia membersamai kami dari awal berdiri hingga saat ini 😭Tak putus orderan mereka setiap bulannya menjadi jalan rejeki bagi para penjahit, kurir, karyawan RAZHA dan semua orang yg terlibat di dalamnya.

Dulu.. Kami memulai dengan 1 karyawan di tahun 2011. Saat ini ada 38 karyawan yg menjadi tulang punggung bertahannya RAZHA. walaupun berbeda divisi karena terbagi untuk #SBO dan #SAO tapi perjuangan mereka tetap menjadi bagian dari kekuatan RAZHA.

Setelah aku cek kemarin, Maa syaa Allah ada karyawan yg ternyata sudah hampir 6 tahun tetap setia bersama RAZHA. Apalah saya tanpa Tim Solid ini.

Kasih sayang Allah lah yg mempersatukan kita.

1. Pipih – Sep 2013
2. Anty – Okt 2013
3. Rostika – Des 2014
4. Sulastri – Mei 2015
5. Ratna – Nov 2015
6. Risti – Feb 2016
7. Wida – Mar 2016
8. Mirna – Juli 2016
9. Nurul – Sep 2016
10. Fitri – Sep 2016
11. Salwa – Okt 2016
12. Vitri – Sept 2017
13. Bibi – Sept 2017
14. Santi – Feb 2018
15. Daisy – Feb 2018
16. Atik – Feb 2018
17. Ade – Maret 2018
18. Agas – Juli 2018
19. Aas – Agustus 2018
20. Fathiah – Okt 2018
21. Ririn – Okt 2018
22. Mikyal – Okt 2018
23. Ila – Okt 2018
24. Lisna – Nov 2018
25. Tita – Nov 2018
26. Nura – Jan 2019
27. Yuga – Jan 2019
28. Rani – Jan 2019
29. Amira – Feb 2019
30. Sintia – Feb 2019
31. Denita – Feb 2019
32. Sasa – Feb 2019
33. Bila – Feb 2019
34. Endah – Maret 2019
35. Rizka – Maret 2019
36. Rina – Maret 2019
37. Resti – Maret 2019
38. Linda – Maret 2019

Terimakasih Allah telah mengirim orang-orang terbaik untuk RAZHA. Orang-orang yg memaklumi saya dan suami yg belum baik menjadi pemimpin 😭Kami yg masih fakir ilmu. Kami yang masih harus banyak belajar.

Curahkan kasih sayangMu kepada mereka ya Allah. Bahagiakan mereka dunia akhirat aamiin.

Terimakasih juga untuk para penjahit yg sudah membersamai kami. Karya mereka lah yg membuat #RAZHA dicintai #muslimahindonesia

Continue Reading

BAHAYA Salah Menentukan Potensi Anak Berakibat Depresi.

TDA Perempuan Bandung
TDA Perempuan Bandung

Gemes ya bu disaat kita ngajarin anak tapi susaaah banget dia paham. Lamaaa banget disuruh menghapal. Rumah kaya kapal pecah kalo anak udah main. Kok susah banget ya disuruh beresin mainannya? Ngomooooong aja sepanjang hari, tanya ini itu hadeeeh :joy:

Jangan terlalu cepat menyimpulkan anak kita BODOH, Tidak Berbakat, Nakal, Rusuh, Cerewet, Pemalas, Lemot… Saya yakin kita semua tahu bahwa Allah menciptakan manusia dengan sebaik-baik ciptaanNya. Saya juga yakin Anda menginginkan yang terbaik bagi masa depan anak-anak Anda. Maka segala daya upaya akan kita lakukan untuk mencapainya.

Ketika sang anak belum berhasil meraih apa yang kita harapkan, apanya yang salah ya? Apakah sang anak yang kurang cukup keras mencapainya atau sang ibu yang salah cara memotivasinya? Atau bahkan sebenarnya kita salah memilih bidang yang ditekuninya?

Temukan jawabannya di acara kopdar WWC (TDA Perempuan Bandung):
Hari : Selasa, 29 November 2016
Jam : 11.00 – 14.00
Lokasi : Warung Twogether, Jl. Lodaya No.63
Pemateri : Esa Puspita

Acaranya GRATIS bunda, kita patungan biaya konsumsi dan kas WWC ya Rp. 60.000,-

Konfirmasi pendaftaran silahkan ke Vitri Andriane 0815-7375-5351
Rek Mandiri : 1300014129889 an Eva Herliyanti

Peserta terbatas hanya untuk 40 orang. Panitia hanya memproses yang sudah melakukan transfer dan tidak menerima pembayaran ditempat.

Continue Reading