Kerja Keras, Omset Malah Turun Karena Salah Fokus

Muri Handayani Penulis Buku EEJJ Emak Emak Jago Jualan RAMSBO Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online Owner RAZHA SBO Sekolah Bisnis Online Motivator Wanita Tips
Hayoooo ngaku siapa yang sering kepoin kompetitor/pesaing?
Niatnya buka Facebook mau promo, eh lewat tuh postingan pesaing kita. Gak berasa… 5 menit, 10 menit, 30 menit… sejam, bahkan pernah lebih. Ngulik FB nya dia, FP nya, dagangannya, strateginya, mitranya.. Bikin mules rasanya, terkadang bikin mood berantakan.
 
Kok dia ngikutin kita sih. Kok mirip banget sama produk aku. Ih itukan konsumen aku, kok beli di dia. Ya ampun dia PDKT ke Mitra aku. Dia mencuri Mitraku. Laris banget jualannya, padahal jaitannya bagusan aku. Norak banget sih dipamerin segala hasilnya. Iiiih kok gini.. iih kok gitu…
 
Hahaaayy.. ngaku siapa yang masih suka begituuuh :p
 
Boleh kok kepoin kompetitor. Itu bagian dari RISET. Di program Kelas Utama SBO juga disarankan untuk riset. Tapi kalo kaya begitu kejadiannya, bikin baper dan malah merusak hati kamu cinta. Kalo belum ikut Kelas Utama SBO, boleh dapetin info lengkapnya ke Admin SBO.
 
Risetnya jangan kebablasan. Bisnis itu olah raga logika, bukan pergulatan perasaan. Jadi bapernya kudu dikurangin. Sensi yang super lebaynya dikikis. Apalagi kalo mau dateng bulan, rasanya pengen gigit pojokan laptop yang ada foto si dia sang pesaing wakakakaa…
 
Kita sibuk ngedumelin dia. Lah dia mah anteng aja Mak. Dia malah lagi sibuk mengembangkan bisnisnya. Kita disini cuma sibuk sakit hati, baper, badmood, ngomel, curhatin dia kesana kesini. Sini aku peluuuuk… biar kamu adem 😉 Main donk ke tempatku, boleh kok, tapi janjian dulu ya..
 
Gimana sih caranya supaya gak banyak baper?
 
1. Pasang IMPIAN setinggi mungkin dan tentukan KAPAN akan terwujud. IMPIAN harus spesifik dan terukur. Jangan cuma.. pengen sukses, pengen kaya, pengen sejahtera. Sukses itu patokannya apa?
 
Mau punya rumah dibeli secara tunai seharga 1,2M pada Mei 2018 yang berlokasi di Jl. Bahagia – Bandung.
 
Nah ini jelas. Selanjutnya lihat point berikut.
 
2. Supaya IMPIAN gak hilang ketiup angin, kita harus jabarkan dalam tindakan nyata. Mei 2018 berarti 12 bulan dari sekarang ya Mak. Artinya kita punya waktu 12 bulan untuk bisa mendapatkan 1,2 M. Ini bukan omset loh, ini free cash (free cash adalah sebagian dari profit yang boleh diambil). Anggaplah free cash ini 50% dari profit/laba bersih (sesuaikan dengan kebijakan perusahaan masing-masing).
 
1,2 Milyar dibagi 12 adalah 100 juta/bulan. 100 juta adalah 50% dari profit. Maka Profit perbulannya harus 200 juta.
 
Profit kira-kira 20% dari Omset (setiap bisnis beda persentase profitnya). Maka untuk mendapatkan profit 200 juta perbulan, maka dibutuhkan omset 1 Milyar/bulan.
 
3. Setelah mengetahui jumlah omsetnya 1 Milyar/bulan. Kira-kira masih sempet kepoin pesaing kelamaan dan sering baper gak Mak? Wakakaakaaa.. Saya rasa udah gak sempet. Udah super sibuk belajar + kerja… belajar + kerja… belajar + kerja…
 
Buat perencanaan kerja supaya bisa mewujudkan 1M perbulan. Tambah terus kapasitas/kemampuan diri supaya pantas punya omset segitu.
 
Jadi… kalo kita masih banyak buang waktu untuk baper. Artinya IMPIAN KITA MASIH TERLALU KECIL.
 
Kita jangan fokus menjatuhkan/ngalahin pesaing. Ini bukan arena tinju. Tetapi ini arena balap. Siapa yang paling cepat, paling kuat, paling bagus, paling cerdas, paling rajin latihan. Maka dia yang akan memenangkan hati konsumen.
 
Nih kaya aku sekarang, hatiku sudah direbut gamisnya Amima buah karya Mba Chairuna Noor 😉 cakep kan Mak… Jangan baper ya liat aku pake baju ini hihihiiii…
 
Aku do’ain Mak dimampukan Allah mewujudkan IMPIAN 😉 aamiin
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”
Continue Reading

Ini Jawabannya Kenapa Konsumen Kita Direbut Orang

Muri Handayani Penulis Buku EEJJ Emak Emak Jago Jualan RAMSBO Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online Owner RAZHA SBO Sekolah Bisnis Online Motivator Wanita
 
Saya biasanya akan kabur dari toko yang pelayannya jutek. Mak termasuk kaya saya juga kah? ^_^ Mending mahal dikit tapi pelayannya ramah.
 
Nah ada sedikit tips dari saya supaya konsumen nempel terus ke kita. Jadi walaupun toko sebelah lebih murah, bisa jadi konsumen repeat ordernya ke kita Mak. Boleh diintip video ini
https://youtu.be/bxPpujHZa90
 
Tugas kita berikutnya adalah bagaimana membentuk KULTUR di bisnis kita. Menularkan nilai kebaikan ke semua tim. Yang ramah ke konsumen bukan cuma kita aja. Tetapi semua orang yang terlibat di dalamnya.
 
Pembentukan kultur gak bisa 1-2 hari Mak. Butuh proses mingguan, bulanan hingga tahunan. Gak boleh capek dan gak boleh bosen untuk ngajarin dan ngingetin tim untuk terus berproses.
 
Bilanginnya gini Mak…
 
Tari… (misalnya ini nama karyawan Mak, inget ya selalu sebutkan nama lawan bicara) jadikan kesempatan ini adalah ajang Tari belajar. Membentuk kebiasaan ramah, sabar, teliti, rapi, sopan dll.. itu butuh proses yang tidak singkat. Nanti setelah Tari lulus dari sini (yang udah baca buku #RAMSBO pasti paham nih kenapa menggunakan kata “lulus”) maka kamu akan menjadi pemilik usaha juga kan. Kalau nanti Tari jadi pemimpin di bisnis sendiri, maka kamu sudah menjadi tauladan yang baik. Tari sudah paham bagaimana bisa merebut hati konsumen dengan nilai-nilai kebaikan yang kita bentuk disini.
 
Sesungguhnya bisnis itu adalah proses tolong menolong. Masa nolongin orang tapi sambil judes. Walaupun kita jualannya online, ngetik chatnya harus sambil senyum Mak ^_^
 
Yang pertama, senyum itukan ibadah. Dengan senyum membuat mood kita jadi lebih baik. Energi positif insyaAllah juga akan terbentuk, sehingga yang mendekat adalah hal-hal positif juga. Konsumen yang baik, langsung transfer, gak nawar, rekomendasikan kita ke temen-temennya. Mood yang baik akan membuat kita juga positif thinking kan ya Mak.
 
Coba kalo Mak udah manyun. Orang disekitar kita juga udah males liatnya kan heheeheee… Ketika moodnya jelek, nanti energi negatif yang terbentuk. Sehingga akan banyak hal yang kita lihatnya dari sisi jeleknyaaaa aja. Begini salah, begitu salah. Bawaannya sensiii.. lebaaay..!
 
Mana senyumnya? Ciiiisss…..
Nah gitu donk 😉
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”
Continue Reading

Waduh! Ini Toh Penyebab Bisnis Yang Rasanya Untung Tapi Ternyata Buntung

Muri Handayani Penulis Buku EEJJ Emak Emak Jago Jualan RAMSBO Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online Owner RAZHA S GuruBO Sekolah Bisnis Online Motivator

Profit 2 juta.. Eeeh tiba-tiba HP yang buat jualan rusak. Untung ada uang 2 juta, bisa kebeli HP baru deh.

Profit naik jadi 5 juta. Ealaaah laptop meledug. Naaah untung ada 5 juta, cukuplah beli laptop yang 4,8 juta.

Ketika akhir tahun dihitung laba rugi. Lah kok gak ada labanya, yang ada malah rugi hiiiksss… Bukan untung tapi ini mah buntung.

Kan tapi untung jadi punya HP baru dan Laptop baru,

Maaak… itu mah peralatan kerja, bukan untung. Menurut saya gitu. Kalo untung itu uangnya bisa dipake buat umroh, haji, beli rumah cash, tabungan pendidikan anak, ngasih orang tua tanpa batas, sedekah sepuasnya dll.

Nah selain itu, yang bikin buntung juga adalah kebocoran. Ada yang kita ketahui dan ada yang kasat mata. Wakakakaaa kasat mata kaya apa gt hihiiii….

Supaya gak buntung, kebocoran-kebocoran juga harus kita tutup Mak lobangnya. Coba Mak renungkan. Kira-kira kebocorannya dari mana aja nih yang bikin perusahaan buntung. Bisa jadi kita perlu menghemat kertas biar gak boros dan ramah lingkungan.

Coba Mak simak video ini untuk belajar menghitung biaya penyusutan. Supaya ketika si laptop meledug, Mak udah ada dananya, dan gak ngambil dari profit. Ini masuknya biaya pengeluaran Mak. Klik link ini Makhttps://youtu.be/vPFoEy0IRrY

Kalo saya ada yang salah tolong kasih tau ya Mak  Sama-sama masih belajar.. Luv u Mak

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Oh Ini Ternyata Penyebab Bisnis Bangkrut

Muri Handayani Penulis Buku EEJJ Emak Emak Jago Jualan RAMSBO Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online Owner RAZHA SBO Sekolah Bisnis Online Motivator

Hampir setiap orang yang mau menjalankan bisnis pasti membayangkan MANISNYA KESUKSESAN. Tapi sayangnya tidak semua paham bahwa untuk mendapat SUKSES harus ada rasa SAKIT yang dilewati.

Seperti kalimatnya Coach DR Fahmi “Sakit yang tidak mematikan”.

Sakit karena gagal produksi, sakit karena barang gak laku, sakit dibilang barang jelek. Sakit dihina orang karena sarjana kok malah bakulan. Sakit dikhianati karyawan. Sakit karena persaudaraan pecah sebab urusan pembagian hasil. Sakit melihat keuangan carut marut. Sakit database stock bikin mumet. Sakit dikomplen habis-habisan sama konsumen. Sakit karena badan remuk kurang tidur. Sakit karena rumah jadi berantakan karena gak sempet keurus. Sakit anak jadi rewel sebab emaknya pegang gadget mulu.

Ooooh tidaaaakkk….!!!

Kok gini amat sih hidup. Nyari rejeki susah banget. Gak bakat kali jualan, sial aja. Gagal terus produksinya, ini bukan jalan hidupku deh.

Kalem Mak.. kaleeem…

Barang bagus, konsep cakep, sistem cetar.. Tapi begitu mentok, ada kerikil, dikasih ujian sama Allah untuk naik kelas, eh nyerah. Bangkrut deh… Jadi yang salah si barangnya kah?

Dulu saya jualan Ayam Bakar. Eh tutup..

Apakah yang salah si ayam? heheeheee… Tentunya yang salah ya saya si owner. Gak kuat dengan rasa “sakit” dalam memperjuangkannya.

Apapun ujian yang Allah kasih, itu bukan kesialan Mak. Itu cara Allah mendidik kita. Kita tuh semangatnya harus kaya makan sambel. Walaupun pedes, sampe keringetan, bibir jontor… tapi gak kapok. Besoknya makan lagi.

Sekarang tugas Mak, tulis semua keruwetan yang ada di kepala. Jabarin apa saja permasalahannya. Tulis juga HASIL/PENCAPAIAN apa yang ingin didapatkan. Lalu cari tahu dimana bisa mendapatkan solusinya.

Inget ya Mak… tuliiisss.. Biar gak mumet kepalanya, nanti jadi rontok loh rambutnya hiikss… Dah sana ke salon dulu biar seger 😀

Love you Mak

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Cerita Pahit di Balik Manisnya Vanilla Hijab

Muri Handayani Penulis Buku EEJJ Emak Emak Jago Jualan RAMSBO Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online Owner RAZHA SBO Sekolah Bisnis Online Motivator
“We’re on the way to build up our Empire in Jannah and Dunya, InsyaAllah.
 
Jangan sangka Vanilla tiba-tiba besar dan tanpa hambatan. karena biasanya yang makin tinggi makin besar, ujiannya juga tambah berat. karena Allah bilang, kalo mau naik kelas, kamu harus lulus dulu dari ujian A ke ujian B. JADI INTINYA UJIAN ITU GAK AKAN PERNAH SELESAI. Tergantung gimana kita yakin akan Kebesaran dan Kasih Sayang Allah SWT sama kita. Yakin bahwa Allah lebih dekat dari urat nadi kita. Jadi jangan pernah takut sama apapun didunia ini selain takut sama Allah. Jangan pernah berharap selain sama Allah. Jangan pernah mencintai apapun melebihi cintamu sama Allah SWT. Karena Allah lah Pemilik Langit dan Bumi, dunia dan isinya. Allah menjagamu. Allah selalu menuntunmun kemanapun langkah kita, apapun yang keluar dari bibir kita, semua emosi yang kita rasakan, perbuatan yang kita buat, Allah selalu bersama kita, memeluk kita.
 
Jangan sangka Vanilla ga ada masalah. ga dikira penipu, dikira ga jujur, dikira jualan ga pakek hati, dikira Vanilla ini ambil hak orang lain, dikira Vanilla mendzalimi orang lain. Astaghfirullah. Landasan aku dan Atina menjalani bisnis itu kejujuran,
tanggungjawab dan disipilin.
 
Dari aku TK sampe detik ini, yang diajarin sama keluargaku ya kejujuran. Itu udh modal dalam hal apapun. Kalo Vanilla ga jujur ga bakal dong punya hampir 900K Followers dari 6akun official Vanilla dan bisa bertahan hampir 4 tahun. Haters gonna be haters, sampai kapanpun :p Tapi aku yakin Vanilla Loyal Sisters jauh lebih banyak 😉 Vanilla ini niatnya bermanfaat untuk banyak orang dengan landasan kejujuran ya, niatnya bisa bikin banyak orang bahagia.
 
Semoga Vanilla bener-bener bisa jadi partner berhijab kamu, partner beroutfit kamu. Vanilla bisa menghijabkan Indonesia, amin 😉 Jangan lupa untuk selalu berprasangka baik sama siapa aja yaa. Termasuk harus selalu berprasangka baik sama Allah SWT. Karena apa yang kamu pikirkan, akan diaminkan oleh bumi dan isinya 😉
 
~ kutipan dari CEO Vanilla group
 
*copas dari grup telegram WWC*
 
++++++++++++++++++++++++++++++
 
Ya Allah Mak, setelah baca ini jadi makin baper. Ternyata tanggal 23 April saya gak bisa dateng ke acara TDA yang bintang tamunya owner Vanilla hiiiksss… Semoga Allah jodohkan kami di pertemuan berikutnya.
 
Kalo sekarang Mak sedang merasa mendapat beban ujian yang begitu berat, harusnya bersyukur Mak. Karena jalan menuju sukses ya memang harus melewati ujian…ujian..ujian lagi. Vanilla jadi besar seperti sekarang karena sudah lulus dari berbagai ujian. Dan pasti nanti kedepannya akan ada ujian lagi di bidang lainnya.
 
Seinget saya perjalanan RAZHA di tahun pertama, ujiannya di produk.
Tahun ke 2 bagaimana meningkatkan omset.
Tahun ke 3 SDM.
Tahun ke 4 Keuangan.
Tahun ke 5 Sistem.
Tahun ke 6 Pengembangan bisnis
Tahun ke 7 ….. apa lagi nih yang Allah kasih untuk RAZHA ^_^
 
Ya gitu lah Mak, petualangan bisnis warna warni rasanya wakakakaa… Kalo lagi mumet, jangan kelamaan cemberutnya Mak. Bikin muka kusem, ga enak dipandang sama suami, kasian kan… dan bahaya kalo suami cari pemandangan yang lain hayooo… Wajah kita tetep kudu kinclong, biar suami seneng ya kaaan… Ibadah loh merawat diri. Saya gak berani pake macem-macem, jadi pilih yang sudah terbukti aja. 
 
Saya do’akan Mak dimampukan Allah lulus ujian dengan nilai terbaik 😉 aamiin…
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”
Continue Reading

Nah Ini Yang Bikin Penjualan Saya Mengalir

Muri Handayani Penulis Buku EEJJ Emak Emak Jago Jualan RAMSBO Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online Owner RAZHA SBO Sekolah Bisnis Online Motivator“Saya mah gak bakat jualan.”

Mak, hal utama yang dibutuhkan untuk jualan itu bukan bakat, tapi KEMAUAN, TUJUAN serta FAKTOR KEPEPET hihihiii… Walaupun saya sarjana, semua ijazah saya sudah hilang Mak 😀 Maklum lah, kami ngerasain beberapa tahun jadi kontraktor (kontrak sana kontrak sini) :pMungkin karena sering pindah-pindah dan ditambah saya gak disiplin, lupa deh taro dimana ijazahnya. Gak cuma ijazah, akte lahir juga gak ketemu hiiiksss…

Nah karena ijazah kami (saya dan suami) hilang itulah kami jadi gak bisa punya harapan untuk melamar kerja kan. Jadi “terpaksa” harus jualan untuk bisa punya penghidupan.

Kalo ijazah Mak masih ada, ya gak perlu dibuang juga sih ahahaahaaa…

Sekarang saya masih tinggal di Pondok Mertua Indah. Sudah hampir 6 tahun Mak. Gudang RAZHA dan kantor SBO juga masih nyelip disini. Makin penuh sesak rasanya, gak nambah karyawan ya gak bisa juga. Nambah ya makin sempit aja ruangannya. Jadi saat ini kami sedang bangun rumah, alhamdulillah dananya masih kurang hihihiiii.. Nah hal ini yang menjadi FAKTOR KEPEPET kami.

Gak punya ijazah sehingga cuma bisa jualan untuk penghidupan dan dari berdagang harus menghasilkan banyak untuk bisa menyelesaikan pembangunan rumah + kantor.

Konsep berdagang saya hanya fokus pada online. Hal ini sesuai dengan TUJUAN kami supaya bisa selalu dekat dengan anak. Sudah tahu kan Mak anak pertama saya meninggal di usia 2,5 bulan. Saya gak mau berjauhan sama anak. Ya walaupun tak semudah kelihatannya ya Mak. Meskipun di rumah, tetep aja rempong bagi waktunya. Saya pun masih terus belajar dan berjuang untuk bisa adil bagi waktu, tenaga, hati dan perhatian antara kerja dan keluarga.

Karena saya ada KEMAUAN untuk mencapai TUJUAN dengan kekuatan FAKTOR KEPEPET, maka ketika ada ujian saya harus bisa kuatkan hati. Yaaa nangis dipojokan pastilah, namanya manusia, apalagi perempuan. Alhamdulillah punya sahabat yang selalu siap dicurhatin setiap saat. Mereka mah udah hapal kali ya, ketika saya cerita lagi lelah jiwa raga, pengen berhenti bisnis dll. Mereka cuma bisa semangatin dan senyum-senyum aja. Karena beberapa hari kemudian saya sudah tegar lagi.

Lah kalo gak tegar TUJUAN saya gak bisa terwujud Mak.
Nah Mak sudah punya KEMAUAN, TUJUAN dan FAKTOR KEPEPET belum? Coba Mak ambil kertas dan pulpen. Jabarkan apa saja 3 point diatas dalam kehidupan Mak. Ini yang akan jadi kekuatan Mak dalam menghadapi segala ujian.

Allah itu kalo kasih ujian sudah sepaket sama kunci jawabannya Mak. Cuma belum keliatan karena kita nangisnya kebanyakan, matanya sampe bengkak kelamaan, gak bisa nemu kunci jawabannya.

Bisnis Online itu sebenernya mudah loh. Jangan pake malu berdagang. Apalagi kalo Mak sudah paham tentang prinsip jualan. Jualan itu adalah proses tolong menolong Mak. Yang jualan baju, nolongin orang yang lagi butuh baju. Jualan makanan, nolongin orang yang laper atau lagi galau butuh teman ngemil untuk menjalani hari-harinya yang berat. Buat yang mau kondangan gak ada sepatu, kita tolongin dia Mak untuk dapetin sepatu.

Kalo dia nolak pertolongan kita, ya santai aja, artinya dia yang rugi gak mau ditolongin hihihihiiii ataupun karena emang dia bukan jodoh kita. Udah gitu aja, santai aja Mak, kita cari orang lain lagi untuk kita tolong.

Saya nih lagi semangat nolongin bisnis teman-teman yang keuangannya kacau berantakan. Omsetnya sih ada, lumayan bahkan gede. Tapi kok duitnya gak ada ya? Plis deh Mak… Karena kamu itu gak punya pencatatan yang bener dan gak ada laporan keuangan sama sekali. Saya sudah banyak denger, omset gede tapi akhirnya bangkrut. Ya itu sumber masalahnya, pencatatan keuangannya kacau hiikkss…

Saya gak mau Mak ngalamin yang sama.. Makanya saya undang Mba Sherly Hendrawan untuk bantuin Mak bikin pencatatan dan laporan keuangan. Bagi Mak yang maunya belajar langsung secara offline bisa ikut kelasnya di Bandung 30 April. Kalo yang maunya online juga bisa, ada di akhir bulan ini. Saya gak tau berapa lagi sisa kuotanya, Admin SBO yang ngurusin. Katanya bisa chat langsung ke WA Admin SBO di 0878-2446-8185 atau melalui inbox di www.facebook.com/sboplaza

Aku cinta padamu Mak. Udah cape jualan, jangan sampe cuma dapet remah-remah tabungannya. Smangaaaat!

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Cara Sederhana Ini Bisa Menyelamatkan Keuangan Bisnis

Muri Handayani Mentor Bisnis Online Perempuan Jago Jualan Emak WOrkshop Pelatihan Tips Hebat Jualan Penghasilan TambahanMak…Mak.. Siapa yang gajiannya UNLIMITED?
Tanpa batas, sebanyak-banyaknya boleh ambil dari hasil dagangan

Kira-kira.. Kalo kita terus-terusan ambil uang tanpa batas dari hasil dagangan setiap hari, bagaimana nasib bisnisnya setahun kedepan Mak? Bisa berkembang makin besar atau malah menyusut mengkerut kering kerontang?

Omset 2 juta.. Diambil buat dapur 1 juta, boleh gak nih?
Omset 5 juta.. Diambil 3 juta, boleh?

Makin gede omsetnya, berasa punya duit banyak ya Mak hihihiiii… Padahal itu mah uang modal yang harus diputer. Uang yang harus membiayai segala kebutuhan bisnis. Iya kebutuhan bisnis, bukan hanya beli barang dagangan aja.

Semakin Mak mendalami ilmu bisnis, akan semakin paham ternyata banyak sekali biaya-biaya yang harus dialokasikan untuk A-Z. Nah kalo dari awal merintis bisnis, kita sudah asal-asalan ngurus keuangan, ya nanti bisnisnya juga tumbuhnya gak jelas  Tumbuh tuh keatas, bukan kebawah hihihiii..

Tapi gimana donk, ini kan penghasilan saya satu-satunya. Kalo gak ambil dari uang bisnis, kami sekeluarga gak makan Mak?

Toosss Mak.. sama donk  Saya juga gitu kok. Penghasilan kami ya dari berdagang. Kalo gak jualan, ya gak makan. Tapi bukan berarti kita MERAMPOK uang bisnis terus-terusan kan

– Trus solusinya gimana donk?

+ Terapkan sistem GAJI Mak.

– Berapa Jumlah gajinya? Apakah sesuai dengan omset?

Saya tuh kadang termasuk orang yang ngeyelan Mak  Orang lain bilang, gaji kita disesuaikan dengan omset. Kalo omsetnya kecil, ya gajinya jangan banyak-banyak. Lah saya gak mau kaya gitu, GAK SETUJU!

Kalo omsetnya kecil, trus anak-anak saya jadi cuma makan sehari sekali donk. Karena omsetnya kecil, anak jadi gak bisa sekolah donk. Hiiikss.. saya gak mau..

Yang saya mau, berapapun omsetnya, semua KEBUTUHAN POKOK harus bisa terpenuhi. Trus gimana solusinya kalo omset kecil, cuma ada satu jalan keluar, BELAJAR & KERJA LEBIH GIAT!

Jadi bukan pasrah terhadap keadaan ya Mak. Ketika di tengah bulan, omset baru tercapai 10% dari target, maka puter otak, cari ilmu, kerja lebih banyak, deketin Allah lebih sering, sehingga nasib kita bisa berubah atas izin Allah.

Okey..paham… lalu berapa jumlah gajinya?

Kita jabarkan KEBUTUHAN POKOK selama sebulan Mak:
– Listrik
– Air
– Sewa rumah/cicilan rumah
– Cicilan kendaraan
– Makan sebulan
– Biaya sekolah
– Bensin
– Pulsa
– Kebersihan
– Vitamin dan Obat
– dll..

Bisa juga simak video ini untuk lebih detilnya Mak https://www.youtube.com/watch?v=wm80mTZUdJI&t=111s

Berdasarkan video itu, kita asumsikan kebutuhan pokoknya Rp.3,5 juta. Maka gaji kita sebulan Rp.3,5jt Mak. Ini dibayarkan di awal bulan. Dengan begitu, selama sebulan kedepan kita bisa kerja dengan tenang, karena udah gak setres mikirin beli beras gak punya uang.

Untuk bisa digaji 3,5juta berapa minimal jumlah omsetnya?

3,5 juta misalnya 10% dari omset. Maka Mak harus bisa menghasilkan minimal 35 juta. Semakin kecil jumlah % nya makin bagus. Misal Mak menargetkan gaji diambil 5% dari omset, maka nilai penjualannya minimal 70 juta.

Lebih bagus lagi, kalo tidak dihitung dari omset, tapi dari profit/laba. Gimana cara hitung laba? Makin panjang ini tulisannya ahahahaaa… Maap ya Mak, ini cucian ompol anak-anak udah menanti, saya mau main air dulu

Kesimpulannya..
– Batasi jumlah pengambilan uang bisnis.
– Buat patokan gaji di awal, sehingga semangat dan greget untuk gedein bisnis dan mencapai target.

Semangat gedein target ya Mak  Semangat gedein IMPIAN sehingga makin banyak MANFAAT UNTUK UMMAT  Bahagia bisa membahagiakan orang lain, hati adem ya Mak.

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Bisnis Gulung Tikar Karena Tidak Menjaga Kestabilan Harga Jual

RAZHA Produsen Pakaian Dalam Wanita Inner Hijab Ciput Ninja Syari kerudung Tudung Baju Muslim

Kisah ini berawal dari curhatan teman-teman saya. Seperti biasa 😅 Dari yang masih kalem sampe yang udah nada tinggi curhatnya. Ini Distributor nyebelin banget sih, ngeyel kalo dikasih tau! Dia jual murah banget, katanya biar cepet laku. Tapi kan reseller jadi pada protes 😂 Akhirnya jadi pada banting harga 😂 gitu katanya.. Ada yang pernah ngalamin juga?

Semua kekacauan harga sebenarnya bersumber dari kantor PUSAT menurut saya. Tidak adanya peraturan yang jelas dan tegas mengenai ketentuan harga jual. Salah satu alasannya karena mereka takut gak laku 😂 bikin peraturan ini itu, nanti malah bikin Mitra merasa ribet dan gak mau join.

Alhamdulillah menjelang 6 tahun di Mei 2017, RAZHA menerapkan peraturan BATAS BAWAH HARGA JUAL, tetep laku aja (izin Allah). Malah mereka senang dengan adanya peraturan itu. Jualan jadi lebih adem, gak banting harga.

Bahkan di Tokopedia sekalipun, yang terkenal banting harga, srtategi harga murah padahal ada biaya-biaya tambahan untuk konsumen, Mitra RAZHA gak ada yang jual dibawah harga standar. Mereka selalu mencantumkan harga yang sudah ditentukan dari pusat. Eh tapi ada yang jual lebih tinggi, kalo ini diperbolehkan.

Contohnya…
Inner Ninja Diva RAZHA harga ecernya Rp.75.000
Mitra WAJIB jual minimal Rp.75.000
Gak boleh jual 70.000, 72.000 atau bahkan 74.900 pun gak boleh.
Tapi kalo jual diatas Rp.75.000 itu boleh. Bahkan ada yang jual lebih dari Rp.200.000 😅

Ya maklum aja, dia jualnya di Amerika 😂 ongkirnya juga udah berapa juta ya. Jadi sesuaikan dengan Target Market yang dimiliki. Misal jual ke ibu-ibu arisan sosialita yang gak keberatan beli Rp.100.000 ya silahkan aja 😍

Semua PERATURAN dibuat, diatur dan dikontrol oleh pusat. Biasanya nanti Mitra akan saling ngaduin ke pusat jika ada yang jual dibawah harga ecer standar. Kalo ada Mitra yang gak nurut, diajak silaturahim aja dulu. Chat pribadi, ajak ngobrol masalah pribadi, baru masuk ke bisnis. Kalo dia masih ngeyel juga gak ganti harga jualnya. Ya udah PUTUS aja 😅 Artinya dia udah gak cinta lagi sama kita 😂

Jika perlu, saat proses pendaftaran Mitra, wajib cantumkan foto KTP. Buatlah format sederhana tapi rapi supaya terkesan profesional.

Nama:
Facebook Pribadi:
HP:
Alamat:
No.KTP:
Email:
Nama Toko Offline:
Nama Toko Online:
Facebook Jualan:
FanPage FB:
Instagram:
Marketplace:

Dengan ini saya menyatakan bersedia bergabung menjadi Mitra RAZHA sebagai Distributor/Agen/Reseller (hapus yang tidak dipilih) dan akan mengikuti semua peraturan dari kantor pusat RAZHA.

Peraturan yang akan saya ikuti adalah:
1. Menjual ecer sesuai dengan harga yang sudah ditentukan oleh kantor pusat RAZHA.
2. Boleh menjual diatas harga ecer yang ditentukan. Namun tidak diperkenankan menjual dibawah harga standar ecer yang ditentukan kantor pusat RAZHA.
3. Menjaga nama baik RAZHA.
4. Melakukan pembayaran maksimal 2×24 jam.
5. Barang tidak akan dikirim sebelum pembayaran diterima oleh kantor pusat RAZHA.
6. Hanya melakukan transfer ke rekening…..
7. ….

Jika saya melanggar peraturan tersebut, maka saya bersedia menjalanin proses secara hukum yang berlaku di Indonesia.

+++++++++

Galak ya 😂 silahkan di ATM (Amati Tiru Modifikasi) jika mau. Sesuaikan dengan kebutuhan di bisnis Anda. Intinya kedua belah pihak saling menjaga, saling cinta, saling bantu…semua bahagia. Tidak ada maksud untuk menzolimi siapapun disini ya 😉

Tujuannya supaya bisnis berkah berlimpah dan panjang umur. Daripada rame tapi sesaat 😂 Saya do’akan bisnis Anda panjang umur, bahagia owner, karyawan, mitra dan konsumennya 😍

Oh iya ada kasus gini. Si oknum Mitra ini nampaknya mau mengacaukan bisnis teman saya. Entah dia kompetitor atau hanya dengki secara pribadi. Dia daftar atas nama A. Ketahuan pusat kalo dia banting harga. Diberhentikan lah oleh pusat. Eh dia daftar pake data B. Namun karena pusat datanya kurang rapi, jadi dia gak tahu kalo si B ini adalah si A, karena alamat kirimnya sama. Bener kejadian, si B banting harga lagi. Misal harga ecer 100rb. Harga diatributor 60rb. Tapi dia jual 70rb.

Kemudian saya sarankan untuk menggunakan formulir pendaftaran yang lengkap. Kalo perlu cek semua sosmednya. Demi menyelamatkan bisnis ya gak apalah capek 😂

Lalu bagaimana dengan stock yang sudah ada di si B. Mitra yang lain nanti jadi marah donk, atau bahkan ikutan banting harga. Kalo saya sih lebih memilih untuk membeli semua barang dia dengan harga 70rb tadi. Tapi belinya jangan atas nama saya. Suruh aja karyawan yang beli dan kirim ke alamat dia. Barang di dia kan habis, data di pusat juga sudah kebongkar kalo dia si A, lalu kita jangan supply lagi, maka dia gak bisa jualan lagi kan 😉

Mudah-mudahan Allah senantiasa melindungi kita dari orang-orang jahat. Ujian kecil ini menurut saya bukan musibah. Tapi beginilah cara Allah mendidik kita untuk terus belajar dan bertumbuh. Dengan ujian tersebut akhirnya teman saya jadi bisa punya formulir yang bagus dan membuat peraturan yang lebih tegas. InsyaAllah malah bikin laris manis 😍kamu juga ya.. iya kamu.. yang baca tulisan ini.. semoga makin laris manis ya 😉 aamiin..

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Ini Dia Penyebab Gagal Produksi

Muri Handayani Mentor Bisnis Online Perempuan Jago Jualan Emak WOrkshop Pelatihan Tips Sukses

Menjelang Ramadhan seperti ini biasanya banyak “Produsen Jadi-jadian” :p

Pengen Cepet Jadi
Asal Jadi
Yang Penting Jadi

Tapi saya yakin, Mak bukan termasuk dalam golongan ini ya heheheee.. Jadi produsen itu seru-seru sedap lah. Supaya Mak bisa jadi produsen yang handal, ada satu hal yang wajib Mak punya dalam jumlah yang banyak. Apa itu? Uang? Modal? Bukan Mak.. Yang wajib Mak punya dalam jumlah bayak adalah SABAR ^_^ Iya… SAABAAR..

Saya pun masih terus berproses, masih jauh dari sempurna. Kalo denger curhatan teman-teman yang baru mulai produksi, saya cuma bisa senyum-senyum. Saya juga dulu ngalamin seperti itu. Mungkin semua orang kali ya yang lagi belajar jadi produsen ngalamin “sedapnya” proses produksi.

1. Ada yang kapok, gak mau lagi produksi.
2. Ada yang nangis bombay, tapi kemudian coba lagi. Eh gagal lagi, kemudian menyerah.
3. Tapi ada juga yang nangis, bangkit, coba lagi, kejedot, nangis, bangkit lagi, kesandung, nangis, bangkit lagi.. terus berjuang hingga akhirnya SUKSES.

Nah Mak masuk kategori yang mana? ^_^

Dari ketiga kategori di atas, bisa kita simpulkan. Jadi yang bikin GAK SUKSES itu bukan si produknya kan ya Mak? Bukan pula bidang produksinya. Yang membuat mereka bisa SUKSES adalah MENTAL ya, stock SABAR nya.

– Bikin sample produk di konveksi, hasilnya bagus. Wah oke nih, harga cocok, kwalitas oke. Eh pas produksi banyak, kacau hasilnya.
+ Solusi: Jangan langsung kasih banyak (dulu saya langsung kasih 600pcs, lebih dari 50% gagal) 😀 Jelaskan di awal bahwa kita punya 600pcs, supaya dapet harga lebih murah dibanding jahit sedikit kan. Tapi jangan kasih langsung semua, bertahap aja Mak. Kasih dulu 50 misalnya, lalu beberapa hari tengokin kesana. Jangan nunggu selesai, sambil proses jahit berjalan, kita lihat hasil jahitannya. Jika dirasa bagus, maka lanjut. Berikan lagi bertahap 100.

– Hasil jahitan sudah beres semua, dikirimlah ke kita. Eh pas dilihat hasilnya…jreeeng..jreeeng..jreeng.. bahannya reject Mak. Lah kok bahan reject tetep dipotong. Harusnya laporan ke kita kalo bahannya cacat, jadi masih bisa dikembalikan ke toko kain.
+ Solusi: Buatlah SOP (Standard Operating Procedure) ke penjahit. Sebelum dipotong, kain wajib diperiksa terlebih dahulu, dari ujung ke ujung. Jika ada cacat kain, maka wajib dikembalikan.

– Kok hasilnya gini? Kan saya BILANGNYA ini begini, itu begitu. Sekarang bajunya sudah jadi, gak bisa dibongkar. gggrrrr…
+ Solusi: Jangan hanya menggunakan lisan. Wajib membuat keterangan secara TERTULIS dan GAMBAR. Ada detil ukuran, posisi, bentuk, warna, jumlah, dll

– Janjinya tanggal 2 beres, tanggal 1 ditanyain, malah belom dikerjain hadeeeeh… Ternyata dia ngerjain punya orang lain dulu.
+ Solusi: Buatlah perjanjian tertulis mengenai masa pengerjaan, kapan selesai, dan sanksi pada kedua belah pihak.

– Katanya Bapak sanggup ngerjain ini 10 hari. Ini udah hari ke 12 belum beres. Konsumen saya udah pada ngomel nih Pak.
+ Solusi: Jangan pernah percaya janji penjahit ahahaahaaa… Jika mereka bilang selesai tanggal 1, sebaiknya Mak infokan ke konsumen jadi tanggal 7. Berikan jeda waktu untuk kemungkinan keterlambatan, salah produksi dan proses quality control.

– Bu ini invoicenya, totalnya segini. Waduh Pak kok mahal, waktu itu bilang 30rb, kok sekarang 60rb. Iya Bu, kan ini rumit bla..bla..bla.. Tapi kan Bapak yang menyetujui 30rb.
+ Solusi: Buat surat perjanjian TERTULIS dan ditanda tangani. Jelaskan secara rinci model baju yang akan dibuat, serinci mungkin.

Huuufff pegel juga ngetiknya ahahaahaaa.. masih banyak lagi sebenarnya Mak. Silahkan teman-teman yang udah pernah ngalamin, share di comment ya 😉

Udah tahu kan Mak kenapa kita butuh stock sabar yang banyak? hihihiiiii… Ujian-ujian kecil tersebut, jika Mak bisa lalui maka Mak akan mampu jadi produsen yang SUKSES.

Jadi kalo Allah lagi kasih ujian, kalem ya Mak. Ke salon dulu aja ahahahaaa..  Angkat dagumu, melangkah diawali bismillah. Ya Allah jadikan ke salon ini ibadah kepadaMu. Aku berniat merawat tubuh ini yang merupakan ciptaanMu dan aku berniat untuk merawat tubuh ini sebagai perhiasan untuk suami. Aaahhh adeem..nyesss..Mari kita ke salon 😀

Silahkan share jika bisa bermanfaat untuk teman dan keluarga 😉

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Ternyata Ini yang Membuat Mereka Bangkrut

Muri Handayani Pengusaha Online Perempuan Founder SBO Sekolah Bisnis Online Penulis Buku Emak Emak Jago Jualan RAMSBO EEJJ Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online
 
Siapa sih Mak yang siap bangkrut? Pasti gak ada ya. Semua orang pengennya sukses. Saking fokusnya pengen sukses mereka pake “kaca mata kuda”. Fokusnya hanya pada OMSET BESAR. Pokoknya gimana caranya tiap tahun, tiap bulan, tiap pekan, tiap hari OMSET NAIK.
 
Belajar jurus jitu pemasaran. Strategi dahsyat penjualan. Langkah pasti mencapai top post. Selling is everything.
 
Wiiiih keren banget ya spiritnya. Belajar terus.. maju terus.. update.. kekinian.. tiada hari tanpa closing.
 
Tapi tenyata… suatu hari… mereka datang curhat.. air mata tak terbendung lagi..
 
1. Modal diambil dari riba.
2. Tiap tahun secara berkala, suntik modal terus. Penjualan sih gede, tapi kenapa ketika mau nyetok butuh suntikan modal terus ya? Ternyata karena ownernya “gajian unlimited”. Gak berasa dikit-dikit gesek, transfer, ambil dari rekening usaha untuk kebutuhan pribadi dan keluarga.
3. Omset gede tapi kenapa gak bisa punya tabungan atau aset ya? Oalaaah… ternyata gak pernah ada pencatatan dan pembuatan laporan keuangan. Setelah dicek, innalillahi…selama ini salah nentuin harga jual Mak. Gak dimasukin biaya ini itu. Cuma bahan, proses pembuatan, kemasan. Gak ada biaya operasional, pemasaran, peralatan dll. Jadi selama bertahun-tahun ini kerja rodi 🙁
4. Makin banyak orderan, makin banyak komplenan. Kacau Mak sistem database stocknya. Di pencatatan ada 3, eh di gudang kosong. Di gudang ada 5, di pencatatan kosong. Mitra dan konsumen jadi pada kabur karena kecewa dengan pelayanan.
5. Setelah pasang CCTV, sakit hati banget liat karyawan mengutil barang dagangan, dan lebih dari 1 kali. Itu yang kelihatan, yang gak ketawan berapa banyak ya hiiiiksss…Padahal udah dikasih kepercayaan yang besar, kurang baik apa sih ownernya. Berasa udah dimanjain, dianggap keluarga. Eh malah ditusuk dari belakang.
6. Gemes banget sama karyawan yang satu ini, kerjaannya mainan hp pribadi. Ditegur malah cemberut. Diberhentiin ya belum ada gantinya.
7…..
 
Gak sanggup lagi ngetiknya Mak.. rasanya sesak di dada. Tapi sesungguhnya ini rejeki. Dari kisah mereka saya jadi terus berkaca. Sayapun masih harus terus memperbaiki diri. Bukan berarti saya sudah sempurna.
 
Bisnis itu pembelajaran sepanjang masa. Selama bisnisnya berjalan, pasti Allah akan terus kasih UJIAN. Dan tenang aja, Allah kasih ujiannya sudah sepaket dengan KUNCI JAWABAN.
 
Yang penting mak harus siap mental. Boleh nangis di pojokan sebentar, lalu cari teman untuk keluarin semua bebannya. Eh tapi inget ya PILIH TEMAN YANG POSITIF. Kalo bisa yang memang bisnis juga. Selanjutnya cari kunci jawaban. Bisa datang ke pebisnis senior, ikut pelatihan, baca buku, browsing dll.
 
Cari sahabat yang bisa memelukmu erat ketika kamu jatuh. Bukan hanya teman yang datang saat kamu di atas, lalu meninggalkanmu di saat kamu dibawah. Kalo belum nemu, minta sama Allah ya Mak 😉
 
Saya do’akan yang masih terjerat riba, tahun ini semua lunas. Yang lagi dapet ujian, segera menemukan kunci jawabannya. Kalo belum paham Facebook Marketing, 3 April ada di SBO Kelas Utama. Yang belum paham copywriting, di SBO ada program KMC. Blom berhasil banjir order di Instagram, solusinya di program KMO Instagramnya SBO. Mumet laporan keuangan? KMK di SBO kasih modul sederhana yang bisa digunakan. Pengen melebarkan sayap di Tokopedia, BukaLapak dan Shopee, akhir April insyaAllah saya siapkan gurunya yang udah jual ribuan produk disana.
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”
 
Continue Reading