Ini yang Mengubah Hidup Mak Muri

Mau tau siapa yang mengubah hidup saya, dari Anak Supir Angkot menjadi Mak Muri yang sekarang?

Besok dan Lusa! Kesempatan Langka!

Saya akan kenalin Mak ke banyak guru saya di TDA Bandung. Merekalah yang membuat saya bisa tangguh seperti sekarang ini. Mereka yang mengajarkan saya dari NOL.

Mereka dengan latar belakang bisnis yang berbeda, memiliki keragaman sudut pandang, pengalaman, pola pikir, konsep, strategi dll…

Dari merekalah saya belajar A – Z segala tentang BISNIS. Bukan sekedar berdagang tapi berbisnis. Bagaimana bisnis harus seimbang dengan keharmonisan keluarga. Bagaimana bisnis harus bertujuan untuk ummat, bukan untuk perut sendiri.

Aaaaah pagi-pagi udah bikin mewek aja kalo inget perjalanan RAZHA dari tahun 2011. Semua berkat TDA Bandung, dan atas izin Allah, RAZHA bisa tetap bertahan hingga hari ini. MasyaAllah..

Aku cuma anak supir angkot. Tapi aku punya tekad untuk mengubah nasib. Aku bosan dihina, aku capek direndahkan, aku mau bangkit!

Doa, wajib! Tapi IKHTIAR DUNIA juga wajib.

RAZHA adalah bisnis saya yang ke 7. Bagaimana kabar 6 bisnis lainnya? Alhamdulilllah sudah gulung tikar semua hihihiiii…

Kenapa yang ke 7 ini bisa bertahan dan terus bertumbuh. Karena KAMI MENJALANKANNYA DENGAN ILMU.

Ya.. dulu saya gak pake ilmu, cuma sekedar nekat, sok tau, asal jalan.. akhirnya… jadi sering gonta ganti bisnis. Hasilnya NOL! Bahkan malah menyisakan UTANG!!

2011 kami mulai merintis RAZHA, alhamdulillah izin Allah, kenal dengan Bu Leny Puspadewi yang menjadi wasilah kecemplungnya saya ke TDA Bandung. Awalnya hanya saya yang rajin belajar di TDA Bandung, tapi lama-lama saya cemplungin juga suami untuk masuk ke TDA. Biar sefrekuensi dan menghindari fitnah, karena ada pria dan wanita yang ikut belajar di TDA.

MasyaAllah.. akhirnya malah suami yang lebih rajin berkecimpung di TDA hehehee….

Mau belajar produksi, langsung cari senior TDA yang bisnis produksinya sudah besar. MasyaAllah mereka dengan ringan mau membuka hati, memberikan waktu dan tenaganya untuk kami yang bukan siapa-siapanya mereka.

Mau belajar pemasaran, diajakin duduk bareng, belajar bareng, diskusi bareng dan sukses bareng-bareng dengan menerapkan strategi pemasaran yang sudah mereka gunakan.

Dulu saya ikut beberapa organisasi. Tapi cuma di TDA ini saya paling betah, dan sekarang satu-satunya organisasi yang menjadi keluarga bagi kami.

GRATIIIIS!!

Saya kaget ketika tahu bahwa acara besok tuh gratis. Dari mana biayanya? Patungan ^_^ Sponsornya ya para pengurus dan anggota TDA Bandung. Ditambah kerja keras panitia yang pontang panting cari ke sponsor lain untuk bisa menutupi semua biaya.

Panitia rela menggunakan waktunya yang sangat berharga (harusnya digunakan untuk ngurus bisnis dan keluarga) demi terlaksananya acara GELAR ILMU yang sangat langka ini. Kabarnya, ribuan orang sudah mendaftar. Mereka menyiapkan diri untuk bisa UPGRADE SKILL, BERJEJARING, CARI GURU, PENGALAMAN DAN WAWASAN.

Dari yang sudah berbisnis, baru sekedar berdagang hingga yang belum mulai bisnis.

Acara ini hanya untuk mereka yang mau mengubah nasib dirinya dan juga nasib bangsanya!

Sampai jumpa besok ya Mak di Pesta Wirausaha Jawa Barat.
Tolong tegur dan peluk aku okeh..

Muri Handayani

*InsyaAllah aku bawa banyak #BantalEmakSetrooong untuk doorprize ^_^

 

Continue Reading

Belum SUKSES? Mungkin Ini Penyebabnya

Muri Handayani Sekolah Bisnis Online Mentor Trainer Wanita Perempuan Pengusaha Tips Sukses
“ANDA TAU APA YG HARUS DILAKUKAN. TAPI ANDA TIDAK MELAKUKAN APA YG ANDA TAU.” – Subiakto Priosoedarsono –

Hasil kepoin akun IG nya Pak Bi pagi ini. Karena Mak Muri lagi butuh inspirasi, nemulah sesuatu. Rasanya kaya ketabok ya Mak ahahaahaaa..

Kita rajin ikut kelas online, seminar, workshop, baca buku, kunjungan ke bisnis para senior, diskusi panjang lebar. Kenapa ya Si SUKSES gak juga menghampiri kita? Ternyata eh ternyata, KEBERHASILAN itu bukan buah dari “Seberapa banyak yang kita tahu”. Tapi kita harus MELAKUKAN apa yang sudah kita tahu.

Bukan hanya semangat cari ilmu tapi tanpa ada ACTION 

Ikut kelasnya 1 kali, eksekusinya 10 – 100 kali, ini baru sedap. Makanya saya membatasi diri hadir pelatihan. Hanya yang benar-benar “kepake” ilmunya, BISA DITERAPKAN jangka pendek.

Ya saya tipe orang yang sanggup perencanaan jangka pendek. Saya sang eksekutor bukan konseptor  Maka ketika mentor menanyakan apa rencana saya 10 tahun kedepan? Saya cuma bisa bengong, gak tau jawabannya hihihiiii…

Saya bisa bekerja kalo ada deadline. Seperti sekarang, yang lagi kejar setoran untuk target Desember 2018. Secara logika gak mungkin, berat, kegedean. Tapi secara hati, saya yakin, karena Tuhan saya lebih gede dari tantangan yang sedang kami hadapi. Allah aja mampu bikin gunung, masa impian yang cuma secuil ini Allah gak mampu. Allah pasti mampu kok wujudkan.

Tinggal kitanya aja yang memantaskan diri dengan iman, ilmu dan ikhtiarnya.

Pengen laku jualan online, tapi foto produknya di lantai, burem, asal-asalan. Plis deh…

Mau orderan banyak, tapi gak kuat cari follower banyak. Baru dikit udah ngeluh capek.

Berharap omset meningkat, apa daya emak rempong ngurus anak dan rumah. Pengen cari karyawan, tapi udah bilang “susah” duluan. Cari karyawan susah, ngurus karyawan supaya kerjanya bener susah, mempertahankan karyawan supaya loyal itu susah.

Ya iyalah Mak, kalo gampang, semua orang udah kaya 

Hanya yang KUAT MENJALANI KESUSAHAN lah yang bisa menikmati manisnya SUKSES.

Bagi yang baperan, cengeng, tukang ngeluh, rajin ngedumel, maaf Anda gak cocok jadi pengusaha. Cukup jadi istri yang baik aja, tinggal nunggu transferan dari suami heheeheee…

Tetiba kangen Mak Uniadek juragan masakan minang. Orangnya baperan hihihiii… Kata suaminya “gak sabaran pengen sukses”. Tapi setelah perjumpaan kami kemarin di Payakumbuh, Uniadek bisa kembali tegar dan siap menjalani segala ujian naik kelas.

Selain fokus mengembangkan menu baru dari bisnisnya Uniadek, dia juga mau fokus nambah karyawan, supaya masakannya yang enak banget ini bisa dinikmati banyak orang. Semalem Mak Muri udah buka rendangnya, sekalian menyuguhkan ke tamu. Bikin ketagihan uniiii…. enak bingiiitss..

Uniadek sudah ikut kulwa “Membangun Tim Bisnis Online” tinggal eksekusinya ya Uni  Aku doain Allah jodohkan Uni dengan karyawan yang solehah, jujur, rajin belajar, giat bekerja dan loyal. Doa ini untuk semua yang sudah ikut kulwanya.

Eh ada yang belum ikut?
Boleh japri WA 087824468185 ya Mak…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Belajar bikin Vlog

Belajar Vlog Muri Handayani Bisnis Online Tips Promosi Meningkatkan Penjualan Komunikasi

Berdasarkan data.. sejak tahun 2017, YouTube berhasil menyalip Facebook dan merebut Thropy juara Sosial Media Terpopuler di Indonesia.

Saya melihat ini sebagai fenomena menarik yang ujungnya selalu saya kaitkan dengan strategi promosi hihihiii… Mak Muri gitu, pikirannya “jualan” mulu wakakaa…

Kalo Mak kenal aku 8 tahun yang lalu, kalian akan terpukau (maaf lebay :p) dengan perubahan “jati diri” seorang Muri Handayani. Aku ini aslinya pemalu, cupu, kudet, kucel, dekil, bau badan 

Mak Muri yang kalian kenal hari ini adalah hasil dari perjuangan karena “UUD” (Ujung-Ujungnya Duit) ahahahaa… Maaf terlalu jujur. Saya gak munafik ah, kenyataannya gitu.

Proses transformasi diri seorang Mak Muri memang bertujuan untuk “Cari Makan”. Saya mengawali karir “ngoceh” sejak lulus kuliah. Menggeluti dunia MC (Master of Ceremony), pembawa acara. Mulai dari yang dibayar dengan Ucapan Terimakasih dan terkadang hanya dengan Nasi Bungkus. Dari yang gak ada penontonnya, acara gagal, dangdutan, promo produk di pasar tradisional, pernikahan dll. Namun kini, kalo ada yang ngundang Mak Muri, sejam itungannya jutaan #uhuk

Bukan soal bayaran perjam yang mau saya bahas pada LIVE hari ini, tapi yang ingin saya sharing adalah tentang betapa “kemampuan berbicara” bisa menunjang bisnis yang sedang saya geluti.

Bukan hanya untuk berbicara kepada calon konsumen (baik yang Cold, Warm, Hot) tapi ini berguna untuk kita bisa menjalin komunikasi yang baik kepada Tim Bisnis. Dan yang gak kalah penting adalah untuk keluarga. Mempunyai kemampuan berbicara yang baik mampu meningkatkan nilai keharmonisan suatu rumah tangga.

Aaaah panjang deh manfaatnya.. Cuuusss… buruan sekarang masak, nyuci, beresin rumah. Sebelum jam 10 udah pantengin grup ini ya… https://www.facebook.com/groups/202152760146223/?ref=br_rs

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

TIPS: Cara Membuat Reseller Betah

Sekolah Bisnis Online Muri Handayani SBO Pelatihan Workshop Marketing Pemateri Motivator Penulis Buku Pengisi Acara Meningkatkan Penjualan Strategi Penjualan Gamis+ Mak kenapa ya dari 20 reseller, yang rajin order cuma 5 orang?
– Wih keren tuh ada 5 dari 20.
+ Kok keren?
– Aku… dari 600, cuma 60 wakakaaa… Itu cuma 10% nya loh. Sedangkan kamu 25%. Artinya kan kamu lebih bagus 

Mak, ketika kita main di sistem kemitraan (Distributor, Agen, Reseller, Dropship, Marketer), perlu kita pahami.. “TIDAK ADA MITRA YANG ABADI.”

Bener kan?

Buat Mak yang sekarang jadi produsen, dulunya kan juga jualan barang orang lain. Trus sekarang udah gak jualan lagi, hayooo ngaku.

Duluuu… Mak pernah jualan produk A, lalu pindah ke B, kemudian ke C. Bener kan? Hayooo ngaku 

Coba kita tanya sama diri sendiri, kenapa sih dulu kita gonta ganti barang dagangan?
1. Gak laku.
2. Gak sreg jualinnya.
3. Penjual lain banting harga.
4. Supplier tidak terima komplen.
5. Slowrespon.
6. Keuntungan kecil.
7. Susah dapet barang.
8. Penjualnya judes.
9. Barang tidak sebagus fotonya.
dll

Nah sekarang kita berkaca dari situ. Kita harus menjawab semua kegusaran para Mitra. Maka kita harus:
1. Menyediakan produk yang sudah hasil dari riset, bahwa produk tersebut memang dibutuhkan konsumen.
2. Tumbuhkan kecintaan Mitra terhadap produk. Temukan berbagai sudut pandang kebaikan dari produk yang kita jual. Tidak hanya dilihat dari fungsi produknya saja.
3. Pastikan kita bisa menjaga kestabilan harga. Jika ada Mitra yang nakal, jual dibawah harga standar, segera ambil tindakan.
4. Wajib kita bertanggung jawab atas semua keluhan konsumen. Berikan garansi kepuasan.
5. Era online seperti sekarang ini, semua serba cepat. Konsumen bisa cepat berpaling ke penjual lain jika kita melayani dengan lambat.
6. Keuntungan besar jangan hanya ada di pihak kita. Kesejahteraan Mitra wajib kita pikirkan juga. Jangan kasih untung kekecilan. Kan mereka juga butuh biaya marketing, operasional dll.
7. Pastikan ketersediaan barang bisa mencukupi permintaan. Jangan berikan harapan palsu hehee.. Terus berjuang untuk memenuhi permintaan, walaupun terasa berat. Saya tau rasanya wakakakaaa… curcol.
8. Terus evaluasi cara kita berkomunikasi dengan pelanggan. Berikan cinta dengan tulus, dari hati turun ke jari 
9. Jangan lebay foto produknya, ikan duyung jadi ikan lele ternyata hihihiiii…

Kalo gamis yang saya pake dari Mak Rella Suryani ini, aslinya lebih bagus dari fotonya  Baru aja saya bilang ke Mak Rella, bagian paling favoritku adalah khimarnya. Petnya cucok banget bikin tirus dan anti jenong wakaakaaa… Tau kan Mak aslinya seperti apa jidatku  Rellas Muslim House recommended! 

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Strategi Dagang “JUAL HARGA LEBIH MURAH” Apa Ini Tepat?

1Silahkan jika Mak mau mengambil strategi kompetisi bisnis dengan cara ini. Tidak salah, jika…. Setelah kita jual dengan harga MURAH, bisnis kita masih bisa berjalan dengan sehat.

Apa patokannya sehat?

Menurut saya, bisnis yang sehat itu:
– Bertumbuh setiap tahunnya. Dengan tolak ukur pertumbuhannya adalah nilai aset bertambah, kapasitas (kwantitas/kwalitas) Tim bertambah, jaringan pemasaran semakin luas, cash flow bernilai positif, pencapaian profit meningkat, kapasitas produksi/penjualan naik dll.
– Memiliki dana cadangan yang cukup untuk beberapa bulan bahkan ada yang beberapa tahun kedepan. Dana cadangan untuk operasional, meskpiun tidak terjadi penjualan.
– Punya dana yang cukup untuk melakukan pengembangan bisnis. Seperti membeli buku, ikut seminar/workshop dan pembinaan untuk timnya.
– Ada anggaran untuk piknik bersama Tim  Ini penting loh, bagaimanapun Tim juga turut andil dalam kesuksesan kita. Jangan hanya bercita-cita piknik dalam kota atau luar kota yang dekat. Coba pasang impian pikniknya berupa perjalanan spiritual ke tanah suci.

*Silahkan jabarkan kriteria bisnis sehat menurut Mak.

Semua “kesehatan” itu butuh uang untuk mewujudkannya kan ya Mak. Uangnya dari mana? Ya dari margin yang kita dapatkan saat penjualan. Maka ketika margin dikali jumlah penjualan namun tidak mencukupi untuk membuat perusahaan sehat, ya saya tidak akan memilih cara “Jual Harga Lebih Murah”.

Kalo bisa jual mahal, kenapa jual murah? 

Semakin besar margin yang bisa kita dapatkan, semakin leluasa kita dalam mengembangkan bisnis. Leluasa juga donk sedekahnya, leluasa kirim untuk orang tua, leluasa memberi disaat sodara kita membutuhkan… Aaaaah… leluasa banget deh untuk bisa lebih bermanfaat.

Yang menjadi PR berikutnya adalah bagaimana bisa menjual barang lebih mahal dengan HPP (harga pokok produksi) yang murah.

Bagaimana menyulap barang yang biasa, tapi konsumen menilainya luaaaaarrr biasa. Hal itu hanya bisa terwujud ketika kita menambahkan VALUE dan melakukan proses BRANDING yang tepat.

Pusing karena makin banyak PR?  Maafkan aku yang paling seneng ngasih PR 

Pahami juga prinsip rejeki. Rejeki itu dari Allah, bukan dari barang. Jadi jangan segan untuk mengganti barang dagangan jika dirasa persaingan disana sudah berdarah-darah. Ataupun barang yang sama/serupa tapi pindah kelas. Pilih jalan rejeki yang nyaman dalam kita melakukannya. DAN TIDAK MENZOLIMI DIRI SENDIRI!

Menjalani bisnis itu kudu bahagia. Sebahagia ketika aku menikmati sore dengan baca buku sambil nyemil kacang almond SiRacang dari Mak Widji Handayani 

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual?

Sekolah Bisnis Online Muri Handayani SBO Pelatihan Workshop Marketing Pemateri Motivator Penulis Buku Pengisi Acara Meningkatkan Penjualan Strategi Penjualan Meja Kerja“Duh sebel deh, kita jual 50.000, eh dia jual 48.000, eh ada lagi yang 45.500. Pastilah konsumen cari yang lebih murah. Apalagi di marketplace bisa disortir harga paling murah.”

“Masa sih ada gamis 100.000, harga kain dan jahitnya aja gak cukup Mak. Kok dia bisa jual harga segitu? Katanya bahannya sama dengan yang aku pake, aku aja jualnya 230.000”

Ada yang pernah mengalami hal seperti itu Mak?

Gak semua sih, karena memang gak semua orang main di zona itu. “Zona Perang!” saya menyebutnya. Persaingan berdarah-darah, sadis, kejam, lebih kejam dari aktor antagonis di sinetron hihihiii…

Biasanya mereka yang berkelut di area itu mengandalkan satu keunggulan, yaitu HARGA MURAH. Jujur kalo saya gak mau main ranah itu. Karena saya meyakini, ketika kita jual murah, toko sebelah akan jual lebih murah. Eh toko depan lebih murah lagi. Eh yang dari luar negri sana bawa pake kapal besar penuh dengan barang muraaaaaaaaaaahhhh banget!

Bayangin aja Mak, jilbab harganya 9.000 perak! Bisa gak tuh ngalahin? ckckck…

Masih banyak juga sih orang yang kuat dengan perang sengit “HARGA MURAH”. Kalo saya mah gak sangguuup. Biasanya strategi mereka adalah faktor kelipatan, punya stok banyak. Bagi yang masih kecil kaya saya ini, gak bisa bertahan hidup. Dengan margin yang tipis dan jual sedikit, ya bangkrut 

Maka saya memilih jalan aman. Saya lebih senang bersaing di area BRANDING sesuai dengan ajaran guru saya Pak Subiakto Priosoedarsono. Saya tambahkan berbagai value untuk bisa mendongkrak nilai jual. Baik bisnis saya yang produk ataupun jasa. Dan saya mengambil segmen menengah atas, dimana kalangan itu tidak terlalu mempermasalahkan selisih harga yang lebih murah. Malahan produk kita gak akan laku kalo jual terlalu murah, begitu harga dinaikin eh malah laku. Padahal produknya sama hihihiii….

Dengan main di margin yang cukup – ya saya bilangnya cukup, bukan tinggi – kita akan punya cukup dana untuk membiayai proses pertumbuhan bisnis. Kata guru saya, Mas Arif Budiyono yang sudah 3 kali isi Seminar “Menyelami Dunia Produksi” SBO dan bulan ini akan ada kelas onlinenya, biaya pertumbuhan bisnis itu cukup besar.

Misalnya untuk biaya riset, biaya pelatihan, biaya pendaftaran hak paten, biaya perijinan (seperti halal, BPOM, SNI), biaya legalitas PT, biaya merawat konsumen loyal, biaya sistem database dll. Semua itu butuh biaya yang tidak bisa kita cukupi dari menjual barang dengan margin kecil.

Dalam menentukan harga jual, ada beberapa hal yang harus Mak perhatikan:
a. Harga pasar (kompetitor)
b. Permintaan pasar
b. Target Market yang dituju
c. Value
d. Produk Substitusi (Pengganti)
e. Daya Beli
f. Peraturan pemerintah
dll

Silahkan temukan strategi bisnis Mak masing-masing. Mana yang lebih nyaman untuk Mak jalani. Ingat, bisnis itu kudu berpikir jangka panjang, kecuali kita hanya mau sekedar laku jualan. Hidup ini pilihan 

Untuk gamis, aku pilih Ziera Queen karyanya Mak Tia Ziera  aku terlihat seperti 20an aw..aw..aw… Plis jangan ngiri 

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis, Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datan

Continue Reading

STOP BELI BUKU & IKUT SEMINAR/WORKSHOP!!!

Sekolah Bisnis Online Muri Handayani SBO Pelatihan Workshop Marketing Pemateri Motivator Penulis Buku Pengisi Acara Meningkatkan Penjualan Strategi Penjualan Produsen Baju Anak Home Decore+ Waduh Mak Muri kok plinplan.. Katanya disuruh rajin baca buku, diminta ikut seminar untuk nambah wawasan, belajar ilmu teknis di workshop. Kok judul tulisannya hari ini aneh?

– Iya Mak aku sedih lihatnya. Pada rajin beli buku doank, gak dibaca, tapi sering nanya ini itu, padahal penjelasannya ada di buku. Kenapa gak sekalian aja minta aku bacain bukunya? 

+ Gak sempet kali Mak

– Semua orang di dunia juga sibuk Mak. Trus kalo aku gak jawab chatnya pada ngambek. Lah situ sibuk gak sempet baca buku, disini juga sibuk, lagi baca buku  Jadi maaf aja kalo slowrespon hihihiii…

+ Ikut seminar kan bagus Mak, nambah wawasan.

– Bagus banget Mak. Cuma yang gak bagus itu, kalo udah dapet wawasan trus cuma manggut-manggut. “Oh ya ya… hebat ya dia bisa begini begitu, pencapaiannya bisa sebesar itu. Asik pasti jadi dia. Kalo saya mah gak mungkin, saya kan bukan ini bukan itu.” Nah kan, kebanyakan ngeluh, gak berani mimpi, nunda action!

+ Udah action kok, mau belajar, buktinya ikut workshop.

– Yes keren, gitu donk. Tapi… Setelah ikut workshop, PR nya dikerjain lah. Jangan cuma praktek di kelas aja, sampe rumah gak dikerjain lagi. Nah trus pasti lupa. Justru mumpung masih anget, segera diulang-ulang ngerjainnya, biar fasih. Kalo perlu ajak temen-temen dan bikin kelompok belajar di rumah. Dengan kita ngajarin orang lain, ilmu kita bertambah loh.

+ Iya sih Mak, tapi kan aku repot, gak sempet prakteknya.

– Preeeeet! 😜 Maka KESUKSESAN juga gak akan sempet mampir ke rumahmu Mak. Solusinya bangun Tim Mak, kan ada di buku #RAMSBO. Ya sudahlah, hidup ini pilihan. Sama seperti saat kita ngemil, pilih cemilan sehat atau tidak. Ya kalo saya mah pilih yang sehat donk Kacang Almond SiRacang dan Kurma Coklat NaaiNa dari Mak Peni Lestari dan Mak Fathan Fathin 😍

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

[Tips] Jualan Tanpa Ditolak 😍 Mau?

Sekolah Bisnis Online Muri Handayani SBO Pelatihan Workshop Marketing Pemateri Motivator Penulis Buku Pengisi Acara Meningkatkan Penjualan Strategi Penjualan Endorse PrivateBerkali-kali harus elus dada ketika jelasin bahwa “tidak ada produk yang bisa ditawarkan ke semua orang”. Masih ada aja yang ngeyel, padahal udah dibahas di Kelas Utama SBO. Eh materinya kaga dibaca 

Cari bakso dulu biar ngilangin emosi 

Mak, kita ini sering kan ya ditolak calon konsumen (kita? saya kali wakakakaaaa….). Penolakan ada berbagai jurus. Alasan belum butuh, gak perlu, tidak suka, kemahalan, gak selera, gak enak, sudah punya, tidak diijinin suami, menghilang tanpa jejak  dll.

+ Ada gak sih orang jualan gak ditolak?
– Ada loh.
+ Ah masa?
– Juallah produk yang tepat, kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat dan dengan cara yang tepat.
+ (Berpikir keras )
– Masalahnya, kita ini nawarin produk bukan pada orang yang tepat, tidak di saat yang tepat dan caranya juga tidak tepat.
+ (Makin kusut pikirannya  Gak mudeng)

Kalo menurut saya, dari sudut pandang Emak Rempong yang suka jualan online dan ogah rugi, kita gak boleh mubazir dalam hal dana, waktu dan tenaga untuk proses penjualan. Saya lebih baik jualan ke 10 orang yang tepat, dibanding ke 100 orang yang belum tentu tepat.

Jadi gini Mak, kita harus memilih dulu siapakah orang yang akan kita incer untuk ditawarin dagangan kita. Cara memilihnya adalah dengan menentukan TARGET MARKET. Langkah sederhananya gunakan kata kunci MAU + MAMPU. Ya, calon konsumen harus MAU terhadap produk kita dan MAMPU untuk membeli produk kita.

Ingat, gunakan kata DAN ya Mak, bukan ATAU. Karena orang yang MAU tetapi gak MAMPU bayar, ya dia bukan calon konsumen kita. Begitu juga sebaliknya, orang yang MAMPU bayar tapi gak MAU produk kita, dia gak akan beli.

Misalnya, anak kecil pasti suka eskrim kan ya, tapi anak yang sekolah di SD negri di pelosok, kita tawarin untuk beli Es Krim Magnum. Dia sih pasti MAU Es Krim Magnum, tapi belum tentu MAMPU bayarnya kan? Maka tidak akan terjadi penjualan.

Contoh ke 2, misalnya saya jualan tas seharga 100 ribu, tas kekinian, best seller. Syahrini MAMPU donk beli tas 100 ribu, tapi masalahnya Princess Syahrini itu GAK MAU tas 100 ribu-an. Dia mah maunya tas yang ratusan juta bahkan milyaran kan Mak. Maka pada kasus ini juga tidak ada penjualan.

Oleh karena itu, jika Mak ingin mudah jualannya, kenalin dulu siapakah jodoh konsumenmu? Hadirkanlah produk yang dibutuhkan, diinginkan dan disukai konsumen, serta dia mampu untuk membayarnya. Tawarkan pada waktu yang tepat dan dengan cara yang tepat.

– Gender
– Usia
– Domisili
– Tingkat Ekonomi
– Tingkat Pendidikan
– Kegiatan
– Status pernikahan
– Jumlah Anak
– Usia Anak
– Agama
– Yang diminati
– Selera
– dll
(Sesuaikan dengan bisnis Mak masing-masing.)

Semakin spesifik kita mengenal calon konsumen (Target Market) semakin mudah kita jualannya. Gak percaya? Iya lah.. percaya itu hanya kepada Allah  Jangan percaya celotehan saya, cobain aja sendiri, bisa terbukti ampuh atau ampuh banget 

Kalo alas kaki putih cantik dari Mak Dian Asmariani N owner Dian Footwear ini sih aku percaya banget produknya menggemaskan dan nyaman di kaki  Bisa custom model pula aw.. aw.. aw…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

[Tips] Mempertahankan Bisnis Tetap Berdiri

Sekolah Bisnis Online Muri Handayani SBO Pelatihan Workshop Marketing Pemateri Motivator Penulis Buku Pengisi Acara Meningkatkan Penjualan Strategi Penjualan Kursus Instagram“Pertumbuhan dan kecepatan perubahan lingkungan menuntut para pelaku bisnis semakin kreatif daam setiap ide dan gagasan. Terpenting adalah menemukan dan membuat berbagai terobosan dalam organisasi agar semakin simple, efisien, mudah, murah, cepat dan akurat serta menghasilkan. Seorang pemimpin bisnis harus mampu membaca masa depan organisasi bisnis yang dipimpinnya.”

– Coach Dr. Fahmi –

Kita mau kan Online Shop yang saat ini dijalani bukan hanya sekedar “berdagang sesaat”. Pengennya panjang umur dan menjadi bisnis yang besar. aamiin..

Seperti penuturan Coach Dr. Fahmi di atas, bahwa kita sebagai pemimpin bisnis/owner/bos harus mampu membaca masa depan. Yang secara tidak langsung artinya kita tidak boleh TERJEBAK DALAM PEKERJAAN TEKNIS SETIAP HARI.

Kapan sempet mikirin masa depan bisnis, kalo waktu kita sudah habis ngurusin postingan iklan, hastag, jawab chat, packing dll. Maka solusinya adalah Membangun Tim.

+ Susah gak Mak membuat Tim?
– Kalo mudah, semua orang udah kaya Mak 

Yuk ah bismillah… yang sekarang masih single fighter, gedein impiannya.

“Ya Allah dari bisnis Emak Setrooong berdaster ini, izinkanlah aku memberikan lapangan pekerjaan ke 100 orang. Mampukan aku menjadi bagian dari kemakmuran Indonesia. aamiin… ”

Waduh 100 orang? Gimana ya cara ngurusnya?

Sabar Mak, mulai dulu dari 1, 2, 3… karyawan. Dari sana kita berlatih menjadi pemimpin. Katanya sih, jiwa kepemimpinan bisa diasah mulai dari memimpin diri sendiri dan keluarga.

Bingung cara rekrut karyawan, pembagian tugas, gaji, tunjangan dll? Plis deeeeh… itu buku #RAMSBO (Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online) jangan cuma jadi pajangan, tapi dibaca dan dipraktekin Mak 

Enak Mak kalo udah ada tim, kita bisa punya waktu untuk memikirkan, membuat perencanaan dan mengeksekusinya bersama tim. Tentunya hasil kerja dari banyak orang akan lebih baik dari hanya satu orangkan. Nantinya kita bertugas mengawal setiap eksekusi yang dilakukan tim. Evaluasi… evaluasi… evaluasi…

Inget ya, kita tidak boleh terjebak seharian hanya urusan teknis. Selain bisnis akan lama bertumbuhnya, kita akan kehilangan banyak waktu untuk anak Ini yang gak bisa dibayar pake apapun Mak.

2 bulan lagi insyaAllah Naziya 5 tahun, duh umur segini maunya pilih sendiri baju dan jilbab yang dia mau pake  Kalo Bunda beli tanpa tanya dulu ke Naziya, bisa jadi gak dipake  Kalo jilbab Syifana dari Ummu Auliya Syifa sih cuci kering pake  favoritnya Naziya nih….

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading

Omset Turun 40% 😱 Ternyata Ini Penyebabnya

Sekolah Bisnis Online Muri Handayani SBO Pelatihan Workshop Marketing Pemateri Motivator Penulis Buku Pengisi Acara Meningkatkan Penjualan Strategi Penjualan Endorse (2)Lagi-lagi FB dan IG update algoritma, bikin para IMers yang main Ads jadi pada BONCOS  You know the meaning of Boncos? 

Dana yang keluar, gak sebanding dengan hasil yang didapat. Ada yang sampe 2 juta sehari loh biaya iklannya ckckck… Kelas kakap ya.. Eh ternyata ada yang kelas Hiu.. sehari bisa belasan sampe puluhan juta  Timku belum berani segitu ahahahaaa.. soalnya bosnya pelit 

Itulah kenapa, saya gak full Ads untuk promoin RAZHA. Tetap harus ada yang organiknya. Sehingga kami tidak terlalu berpangku tangan kepada kondisi Ads.

Branding + Marketing + Selling

Itu 3 hal yang harus seimbang kita jalanin Mak. Selling ini untuk hasil jangka pendek. Berasa duitnya ketika kita jualan. Sedangkan Marketing jangka menengah, gak bisa hari ini langsung jadi duit. Butuh proses beberapa pekan bahkan beberapa bulan. Nah yang paling ngos-ngosan itu ngurus si Branding. Biayanya gak murah dan hasilnya kapan-kapan wakakkaaa… Maksudnya jangka panjang 

Ini yang sering terabaikan oleh Emak Olshop: BRANDING.

Tapi ketika brandingnya udah nancep di benak konsumen, dia akan setia sama brand kita Mak. Walaupun tetangga jual lebih murah, konsumen gak peduli, yang penting ada brandnya kita tertera di produk.

Karena brand kita sudah dianggap sebagai “penjamin” bahwa produk tersebut bagus, baik, enak, nyaman, berkwalitas, keren, gengsi, berkelas, gw banget dll.

Untuk bisa “mencuci otak” konsumen, ya tidak bisa dalam waktu singkat, maklum kita bukan pesulap  Maka kuatkan mental dan dana untuk menjalankan branding. Branding inilah yang nantinya insyaAllah akan menyelamatkan bisnis kita dikala kompetitor berdatangan.

Cara branding tuh gimana sih?

Sama Mak, aku juga masih pusing hihihiii… PR yang dikasih Pak Subiakto Priosoedarsono waktu saya ikut workshop BBB (Bisa Bikin Brand) belum kelar dikerjain  Walaupun baru sebagian yang dikerjain, tapi alhamdulillah hasilnya berasa banget. Ketika aku cuti 2 pekan kemarin, masyaAllah isi rekening tetap terus bertambah.

Branding + Marketing + Selling

3 hal itu menjadi satu kesatuan yang wajib kita urusin. Gak bisa hanya mikirin selling yang jangka pendek saja.

Branding + Marketing + Selling. Emang bikin pusing  Colek Mak Henita Rachmawaty owner Mamita Cakes, untuk cari mood booster dengan kue-kuenya yang ketika masuk mulut trus langsung bikin happy… nyeessss….

Sampe ketemu 31 Maret ya Mak di Hotel Amaris Cihampelas Bandung, kita belajar BRANDING langsung dari pakarnya, Pak Subiakto priosoedarsono 

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

Continue Reading