Kerja Untuk Hidup, Bukan Hidup Untuk Kerja

Muri handayani, bisnis online, guru, perempuan, penjual online, jago jualan, rejeki, bisnis, ibu rumah tangga, bandung, sekolah, sekolah bisnis, sekolah admin, produsen, wanita, ibu, kerja, hidup, indonesia, mentorPengen tau, seberapa banyak temanku yang sepakat denganku hari ini?

Jangan sampe waktu kita untuk kerja/bisnis ternyata lebih banyak dibanding waktu kita untuk keluarga. Itulah kenapa aku cereweeeeet banget untuk negur Mak yang belum punya karyawan/tim/admin.

Jangan dari A-Z kita kerjain sendiri terus Mak.

Memang tentunya ketika merintis usaha, kita kerjain semuanya sendiri. Aku pun dulu ngalamin masa-masa itu. Tapi kasih batas waktu donk Mak, kapan mulai menduplikasi diri.

Skill yang Mak sudah punya, ajarkan ke karyawan.

Kenapa gak cari aja yang udah jago?
Karena kalo yang udah jago, biasanya minta gaji tinggi. Ataupun mereka buka bisnis sendiri heheee…

Ya kita sadar diri, sabar… Kita ini baru belajar “jadi bos”. Belajar menjadi pemimpin perusahaan.

Cieee gaya euy bahasanya “perusahaan”.

Ya memang harus gitu Mak, #MentalKaya

Perusahaan sebesar Google pun, mereka memulainya dari garasi rumah kok. Jadi kalo Mak saat ini tinggal di rumah kontrakan/petakan/rumah cicilan RSSSSSS… kalem aja… ini cuma sementara waktu kok.

Saya mulai rekrut karyawan pertama ketika saat itu masih numpang tinggal di rumah mertua ^_^ Dapet ruangan sedikit, di tengah gudang barangnya bapak mertua, lumayan dapet sekitar 2×3 meter. Ya walaupun kadang ditemani kecoak dan tikus. Maklum, namanya juga gudang.

Saya yakin itu hanya sementara… Seiring saya semakin rajin “menduplikasi diri” semakin sempit ruangan. Sehingga secara bertahap kami mencari ruangan yang lebih besar. Sewa rumah tetangga.

Hingga akhirnya rumah tetangga sewanya mahal, ibu mertua saranin renovasi rumah. Garasi mobil ditingkat, sehingga atasnya bisa untuk kantor.

Alhamdulillah dapet mertua yang super baik, patungan renovasinya. Hingga saat ini jadi gudang dan kantornya RAZHA.

Nah karena aku pengen banget gedein lagi RAZHA biar makin besar manfaatnya untuk banyak orang, kami harus siapkan kantor yang lebih luas.

Gak sabar mau pindahan ke kantor baru. Kata kontraktor yang ngurus pembangunannya, sekitar sebulan lagi beres. In syaa Allah. Minta doanya ya Mak….

Ketika kita semangat menduplikasi diri, banyak orang yang bantuin kita dalam mengelola bisnis. Sehingga kita jadi bisa punya banyak waktu untuk keluarga. Asik kan?!

Yuk bangun mental Pengusaha! Jangan terus-terusan jadi pedagang.

Sisi baiknya lagi, kita ini bisa bantu banyak pengangguran loh Mak. Yang angkanya tiap tahun naiiiik terus. Kaya sekarang nih, anak sekolah banyak yang baru lulus kan. Nah sayangnya gak semua lulusan SLTA bisa beruntung melanjutkan ke kuliah. Banyak dari mereka yang nganggur. Angkatan sebelum mereka aja masih banyak yang udah mondar mandir cari kerjaan tapi blom dapet. Lah sekarang lulus lagi adik kelasnya. Makin numpuk deh jumlah pengangguran.

Bismillah…

Kita ini emang Emak dasteran, tapi kita MELAKUKAN SESUATU UNTUK NEGRI TERCINTA INDONESIA!

😎 Salam Emak Dasteran!

Muri Handayani
SBO (sekolah Bisnis Online) bit.ly/Info-SBO
SAO (Sekolah Admin Online) bit.ly/Info-SAO
RAZHA (Produsen Inner Hijab) bit.ly/Info-RAZHA
YUUKa Indonesia (Jasa Desain Grafis) bit.ly/Info-YUUKA

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *