JANGAN TUNGGU SEMPURNA

Wanterpreneur

Berasa ketampol ya liat coretan ini. Banyak dari kita, yang punya ide ini itu, tapi ragu untuk melangkah. Lebih besar rasa takutnya dari rasa penasarannya heheheee…

Wajar takut, manusiawi. Namun memang terkadang kita harus berani melakukan sesuatu yang “gak wajar”. Selama itu tidak melewati batas syariah agama, norma dan aturan pemerintah.

Hayu lah jujur sama diri sendiri. Mak tipe yang Entrepreneur atau Wantrepreneur? ^_^

Jangan tunggu sempurna untuk memulai Mak. Karena FAKTAnya, RAZHA saat ini masuk tahun ke 8, masih jauh dari sempurna.

– Produk belum sempurna.
– Sistem belum sempurna.
– Pengelolaan Tim belum sempurna.
– Strategi pemasaran belum sempurna.

REALITANYA… sepanjang bisnis itu berjalan, sepanjang itu juga akan terjadi yang namanya:
– Pembenahan
– Perubahan
– Pembaruan
– Penyesuaian
– Pe… pe… pe… lainnya..

Gak ada tuh bisnis yang SEMPURNA PERENCANAANNYA DI AWAL, lalu sepanjang bisnis itu berjalan tidak ada perubahan. Bahkan terkadang, rencana tinggal rencana, ditengah jalan bongkar ulang karena apa yang sudah kita konsep di awal tidak sesuai. It’s OK. Lanjut aja dengan melakukan penyesuaian.

Bisnis itu bukan soal benar atau salah!
Bisnis itu tentang KEKUATAN BERTAHAN.

Ada konsumen komplen, judesnya bukan main. Kuat gak Mak? ^_^ Ya kudu kuat, baru 1, blom 100 yang komplen heheee….

Jadi inget, entah tahun berapa, salah satu Tim Hijup.com cerita ke aku, pernah mereka mengalami return dari konsumen (barangnya dibalikin/komplen sama konsumen) dalam sebulan totalnya lebih dari 200 juta. Wiiih kalo aku yang ngalamin gimana tuh ya, bisa pingsan hihihiii….

Tapi coba lihat dari sudut pandang yang lain. Yang komplen 200juta, berarti sebulan omsetnya berapa ya? ^_^ Nilai komplen dari nilai omset kan biasanya kecil ya. Di RAZHA gak sampe 1% yang komplen rata-rata per bulannya.

Kalo mau BISNIS besar ya siap dengan RESIKO besar.

Makanya jumlah pebisnis di Indonesia masih dikiiit banget. Karena pada gak kuat dengan beratnya beban hidup sebagai pebisnis. Ngeri-ngeri sedap gimana gitu…

Yang udah baca buku pertama saya #EEJJ pasti tau saya menjalani RAZHA karena kecemplung. Bukan sesuatu yang saya rencanakan dengan matang. Tapi alhamdulillah dengan tidak nunggu SEMPURNA, bisa bertahan lebih dari 7 tahun dan masyaAllah hasilnya sudah cukup banyak bagi saya, keluarga dan ratusan orang yang ikut kecipratan rejeki dari sini.

Begitupun saat saya memulai SBO (Sekolah Bisnis Online). Dulu hanya ada 1 materi yang saya ajarkan, yaitu Instagram. Saat ini sudah banyak guru yang bergabung di SBO dan ilmunya beraneka ragam. Alhamdulillah 5 tahun sudah SBO memberikan jalan manfaat untuk lebih dari 8.000 Alumni SBO yang tersebar di hampir 20 negara. Diawali dari ketidaksempurnaan dan tidak ada rencana untuk jadi sebesar ini.

Nah… lahirlah SAO (Sekolah Admin Online) di November 2018 yang sebenarnya ini sudah ada di benak saya mungkin hampir setahun kebelakang. Tapi masih maju mundur cantik, karena PR di RAZHA & SBO pun masih super banyak hihihihiii… Rejeki, Allah pertemukan saya dengan orang tua dari teman sekolah anak, namanya Bu Tita. Beliau mantan Kepala Sekolah, yang pengalamannya sudah lebih dari 10 tahun.

Bismillah.. diskusikan 2-3 hari, lahir deh SAO hihihiiii… Tanpa menunggu perencanaan yang sempurna. Sambil berjalan, matangkan, persiapkan, rapihkan, tambah, poles dll. Alhamdulillah Senin depan kelas perdananya mulai. Minta doanya ya Mak. SAO (Sekolah Admin Online) bisa memberikan banyak manfaat untuk ummat. aamiin…

SAO Timnya masih jadi satu Mak dengan SBO. Buat yang kepo bisa cari info disini http://bit.ly/DaftarSekolahAdminOnline

Jadi… kapan Mak mau mulai ACTION untuk wujudkan semua IMPIANnya? Hari ini ya! Karena selalu ada “besok” untuk hari esok wakakka….

Aku doain, yang hari ini ACTION, Allah mudahkan semua urusannya, Allah kuatkan, Allah tambahkan ilmunya, Allah kabulkan semua doanya.. aamiin…

Boleh share ke Teman/Sodaramu Mak, biar mereka juga tergerak untuk segera ACTION!

Luv u…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
SAO (Sekolah Admin Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

http://bit.ly/DaftarSekolahAdminOnline
http://bit.ly/DaftarSekolahAdminOnline

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *