Ini Dia Ternyata Salah Satu Penyebab Bisnis Mandek!

Muri Handayani Sekolah Bisnis Online Penulis Buku Emak Jago Jualan Pebisnis Motivator Pembicara Pemateri Seminar Motivator SBO Komunitas Pemberdayaan Perempuan RAMSBO Creativepreneur EEJJ Leadership

Tahun 2013, saya mengalami tragedi Mem-PHK semua karyawan. Mereka nangis, saya nangis. Produk ada, penjualan ada, pasar menerima, tapi kenapa kondisi bisnis saat itu malah merosot. Dibanding tahun sebelumnya, dengan jumlah karyawan yang lebih sedikit, bisnis saya malah lebih besar penghasilannya. Nambah karyawan kok malah menurun progresnya.

Pasti ada sesuatu yang salah…
– Produknya kah?
– Pasar yang lesu kah?
– Strategi pemasarannya kah?
– Kompetitor kah?
– Pelayanannya kah?
– …….

Setelah kami evaluasi, ketemulah akar masalahnya. Yaitu… “Gagal Leadership” (inimah istilahnya Mak Muri aja ya hihihiii…)

Sebagian besar dari produsen baru, mereka menghabiskan waktu, tenaga, investasi di segala hal yang bertujuan untuk menciptakan karya terbaik untuk calon konsumennya.

Begitu juga dengan penjual (Distributor, Agen, Reseller, Marketer, Dropshiper dll), mereka mendedikasikan banyak hal untuk bisa jago jualan.

Tidak ada yang salah dengan kedua hal itu. Saya pun di tahun 2011 saat awal merintis RAZHA menjalankan keduanya. Cari ilmu produksi dan mendalami pemahaman tentang penjualan. Benar…. tidak ada yang salah…

Namun ternyata 2 hal tersebut tidak cukup jika ingin memiliki bisnis yang kokoh, jangka panjang, besar, bertumbuh dan bertambah.

Ketika belajar ilmu produksi, langsung instan keliatan hasilnya. Kita mampu menghasilkan produk yang bagus, dan digemari calon konsumen.

Sama halnya dengan belajar ilmu penjualan/pemasaran. Sekali praktek, langsung berasa hasilnya, orderan mengalir.

Beda dengan ilmu LEADERSHIP/KEPEMIMPINAN, yang ketika kita pelajari belum tentu sehari dua hari ada hasil. Seminggu dua minggu tak kunjung keliatan progresnya. Sebulan dua bulan masih adem aja tak ada perubahan.

Belajar menjadi pemimpin itu hasilnya jangka panjang Mak. Jelas berdampak langsung, bahkan sehari dua hari ketika kita mulai menerapkan. Namun tidak bisa diukur secara finansial atau wujud fisik.

Apakah harus nunggu punya karyawan banyak, baru belajar ilmu kepemimpinan?

Oh tentu tidak ^_^

Ada 3 tahapan kepemimpinan yang perlu kita pelajari dan jalani (Yes, bukan hanya dipelajari saja tanpa di praktekkan ^_^ ):
– Self Leadership
– Team Leadership
– Business Leadership

Bagaimana bisa memimpin bisnis, kalo memimpin diri sendiri aja blom mantep. Masih sering baper, kerja hanya berdasar mood, gak ada impian dan tujuan jelas, ngikutin air mengalir (padahal airnya menuju comberan).

Ikhlas dengan ketentuan Allah itu wajib. Tapi kan Allah juga yang memberikan kesempatan kita untuk mengubah nasib. Jadi nasib yang kita alami kemarin ya buah hasil dari ikhtiar kita sebelumnya. Hidup ini pilihan, kita yang menentukan segala tindakan, mau ngesot, jalan, lari… terserah! Lalu ditambah dengan izin Allah. Maka Ikhtiar + doa + izin Allah lah yang menjadi takdir. Mohon koreksi jika saya salah.

InsyaAllah besok saya ke Bogor untuk hadir di acaranya #Tourpreneur by TWPS yang digawangi Mak Juniar Elisa dkk.. Minta doanya untuk kesehatan saya dan keluarga (ya karena saya berangkat sekeluarga hihihiii…) Dikasih durasi 2 jam sama panitia untuk bahas MENGELOLA TIM. Semoga Allah kuatkan mental para pesertanya ^_^ Maklum, Mak Muri Galak waakakaaa….

Dan besok juga insyaAllah akan ketemu dengan Mak Tia Ziera owner ZIERA QUEEN yang karyanya aduhai cantik masyaAllah.

Selesai dari Bogor harus cepat pulang karena persiapan terakhir sebelum mulai kelas perdana SAO (Sekolah Admin Online). Mohon maaf bagi yang chatnya belum dijawab, insyaAllah hari ini dikebut lagi balesin WA di bit.ly/wa-sbo bit.ly/wa-sbo

Sehat-sehat semua ya Mak…
Keep Setrooong!
Karena BISNIS hanya untuk mereka yang KUAT BERTAHAN.

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
SAO (Sekolah Admin Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *