Cancel Order 1/2 Milyar, Waduuuuuh….!

Sekolah Bisnis Online Muri Handayani SBO Pelatihan Workshop Marketing Pemateri Motivator Penulis Buku Pengisi Acara Meningkatkan Penjualan Strategi Penjualan EEJJ WOmanpreneurNgeri ya ketika apa yang kita utarakan di sosial media, diikuti orang lain. Jika itu baik alhamdulillah, tapi kalo ternyata tidak cukup baik, salah, buruk, sesat… Orang lain ikuti dan ternyata memberikan dampak negatif bagi hidup mereka. Astaghfirullah…

Tolong ya Mak, apa yang selama ini saya utarakan di sosial media, buku ataupun blog ambil yang baiknya aja. Sesuaikan dengan kondisi bisnis dan kehidupan Mak masing-masing.

Gak nyangka hari ini denger cerita dari Teh Rifara Flanel Craft Utisah yang langsung PHK semua karyawannya disaat aku posting tulisan di Channel Telegram https://t.me/sboplaza . Degdegser nyimak penuturannya… Tiap kata aku telaah, endingnya gimana nih… Alhadmulillah ternyata mereka merasa keputusannya benar. Karyawan yang sudah sulit mereka kelola, dikasih hati malah ngelunjak, akhirnya diselidiki hari itu juga.. jreng…jreng..jreng… (Jadi inget tragedi 2013 disaat akupun mem PHK semua karyawan, sediiiiih…)

Udah lama gak ketemu Teh Uti masyaAllah pertumbuhannya luar biasa. Aku lupa Teh Uti ini Alumni SBO angkatan berapa. Angkatan jadul hehehee..

Mak pernah ngalamin cancel order berapa pcs?
Pasti cuma secuil dibanding yang dialamin Teh Uti, 1.000 set gamis Mak ngeriiii…. Setengah milyar nilainya!  Aku kira cuma segitu.. eh ada produk kerudung dan tas juga yang dicancel sama mitranya. Belum lagi pengalamannya ditipu calo konveksi, gagal produksi puluhan sampe ratusan juta innalillahi… Sudah lebih dari 20 konveksi di beberapa kota dijabanin.

Aaaaah… mereka (Teh Uti dan suaminya) setrooong banget!

Hati ini berasa disayat-sayat (lebay wakakaaa…) tapi ya emang kaya gitu Mak ketika aku mendengar semua ceritanya. Duuuuh ya Allah kalo aku yang ngalamin, kayanya gak bisa sekuat Teh Uti. Ya Allah ternyata ujianku selama ini baru sebutir garam aja.

Entah kenapa terus terngiang obrolan kami siang tadi. Sorenya aku buka laptop dan sambil dengerin Ar-Rohmaan… Gak bisa dibendung.. air mata mengalir begitu aja.. Banyak hal yang luput aku syukuri, terlalu sibuk ngeluh, masih fokus pada kesulitan bukan langsung ke solusi. Baper…oh baper…

Buru-buru cari nutrisi (ilmu), biar cepet Move On dan Action. Buka bukunya Coach Fahmi halaman 296 yang berkenaan dengan kendala Teh Uti saat ini.

Ada lima kuasa sistem yang harus selalu dikendalikan yaitu:
1. SDM (Sumber Daya Manusia)
Dalam aktivitas harian bisnis, buatlah semua sumber daya manusia bekerja secara produktif dan tidak ada satupun sumber daya manusia di bisnis Anda yang ada di tempat kerja tapi tidak jelas apa hasilnya.

2. Promosi
Aktivitas vital dan jantungnya bisnis, produk yang hebat, berkualitas dan berdaya saing, akan menjadi produk yang sia-sia, jika tidak dipromosikan dengan tepat kepada Market Anda.

3. Finansial
Sistem keuangan organisasi menjadi salah satu tolak ukur organisasi. Inti dari bisnis adalah uang yang Anda hasilkan setiap harinya, uang yang anda kumpulkan setiap harinya serta uang yang keluar setiap harinya. Oleh karena itu, penting Anda melek finansial, dapat membaca kondisi keuangan perusahaan sebagai strategi dan kebijakan dalam menentukan kebijakan bisnis Anda.

4. Operasional Harian
Seorang business owner harus mampu menjalankan fungsi organisasinya dengan sangat baik. (Baca lengkapnya di buku ya). Ketika semua urusan operasional sudah tersistemasi, maka business owner akan punya waktu untuk berpikir yang lebih strategis untuk kemajuan perusahaan.

5. Stok/Aset
Ketersediaan stok harus cukup, jangan menumpuk stok di gudang dan juga jangan sampai kehabisan stok sehingga Anda gagal memenuhi permintaan pelanggan. (Baca lengkapnya di buku ya).

+++++++++++++
Padahal cuma 5 point ya Mak. Tapi kalo dijabarin dan dijadikan PR masyaAllah bikin puyeng hiiiksss… Tarik nafas dulu… Cari good mood biar terkumpul energi positif yang banyaaak…! Selain curhat ke Allah, baca Al-Qur’an, main sama anak, pacaran sama suami… aku lagi seneng menghias taman, eh kok jodoh ya Kaktus dan Succulentku ketemu dengan Pot Cantik dari Mak Ayudhya Serawaty owner Jual Pot Bunga alhamdulillah bikin hariku bahagiaaaa…

Oh iya rak kayunya itu karya pacarku Dwiputro Bowo Adiprabowo owner YUUKA  Plis jangan order dulu, karena antrian produksinya lagi padet hihihiiiii…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejek Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *