TIPS: Cara Membuat Karyawan Betah

Sekolah Bisnis Online Muri Handayani SBO Pelatihan Workshop Marketing Pemateri Motivator Penulis Buku Pengisi Acara Meningkatkan Penjualan Strategi Penjualan Yuuka Home dekor decor kayu resellerSusah ya cari karyawan yang mau kerja di Olshop?

Sekalinya dapet, eh cuma sebentar doank.
Ada yang baru beberapa hari kerja, gak nongol lagi.
Ada yang baru terima gaji pertama, menghilang tanpa jejak ^

+ Mak Muri, kalo gitu kita tahan aja ya ijazahnya. Biar dia gak bisa berhenti mendadak.
– Kalo saya sih gak mau Mak. Percuma kita tahan, dia akhirnya kerja jadi terpaksa, gak pake hati gitu loh. Fisiknya disini, tapi hati dan pikirannya di tempat lain. Jika seperti ini akan besar resiko melakukan kesalahaan, karena kerjanya gak fokus dan gak pake cinta.
+ Trus kalo dia berhenti tiba-tiba gimana?
– Ya biarin aja. Kita jangan fokus pada permasalahan. Justru kita harusnya fokus pada solusi. Gimana caranya supaya mereka betah kerja di tempat kita.
+ Caranya?
– SImak ya…

Mak Muri ini gak punya ilmu HRD/SDM secara teori/akademis. Pengalaman 7 tahun ngurus RAZHA membuahkan pengetahuan yang tidak ada di bangku kuliah sekalipun. Pahit manis rekrut, bimbing, kelola dan tumbuh bersama karyawan (saya menyebutnya Tim).

Jauh berbeda pengelolaan SDM di UKM dengan perusahaan besar. Kita ini sebagai UKM tentunya banyak kelemahan jika dibanding perusahaan besar. Tidak banyak hal menarik yang bisa kita tawarkan. Terutama nilai gaji, kita belum bisa kasih gaji besar. Namun kita harus cerdik, jadikan kelemahan menjadi kekuatan  Itu baru Emak Setrooong…!

1. Terkadang tidak diperlukan ijazah. Yang penting mau belajar hal baru, seneng ngulik, siap diberi tantangan.
2. Diberikan kesempatan untuk belajar banyak hal baru dan menjadi bekal untuk masa depan. Dikasih ilmu, dibimbing sampai mahir, diberikan fasilitas dan diberi gaji. Bayangkan kalo kursus/sekolah/kuliah, pasti mahal biayanya.
3. Berpakaian sederhana yang penting sopan. Tidak perlu modal baju bagus untuk kerja dan tidak akan bosan dengan pengenaan seragam.
4. Lingkungan kerja aman, nyaman, kekeluargaan.
5. Waktu untuk ibadah menjadi prioritas utama. Bukan menggunakan sisa waktu.
6. Disediakan makanan rumahan non MSG yang sehat. Terkadang ditambah cemilan, rujak, asinan hmmm… segeerrr…
7. Berbagai tunjangan diberikan dengan cinta  THR, melahirkan, pernikahan, kesehatan, kecantikan & kebahagiaan. Biaya periksa mata dan pembuatan kaca mata juga masuk dalam tunjangan kesehatan. Karena hampir semua pekerjaan di Olshop bersentuhan dengan gadget. Tunjangan kecantikan dan kebahagiaan berupa voucher ke salon  Maklum karyawan saya perempuan semua. Jadi saya pilih juga tunjangannya itu. Dengan perawatan tubuh, kita jadi good mood kan ya Mak. InsyaAllah dateng ke kantornya jadi lebih happy.
8. Disediakan bonus dari kinerja dan pencapaian yang baik.
9. Grand Bonus UMROH diberikan kepada mereka yang loyal terhadap perusahaan dan secara pribadi ikut bertumbuh (skill dan adabnya).
10……

Silahkan Mak renungkan, kasih sayang apa saja yang Mak bisa berikan untuk Tim. Bayangan kita ini berada di posisi karyawan, apa sih yang membuat mereka betah. Kalo gamis dari Mak Reema owner ReemaLabel Indonesia bikin suamiku betah memandangku lama-lama #uhuk Cantik ya Mak gamisnya

Sudah join Channel Telegram? https://t.me/sboplaza
Biar gak ketinggalan tulisan Mak Muri yang judes tapi ngangenin

Boleh kok share tulisan ini ke teman/saudara Mak. Biar kecipratan juga pahala dari kebermanfaatan.

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *