Tips Move On dari Kegagalan Bisnis

Sekolah Bisnis Online Muri Handayani SBO Pelatihan Workshop Marketing Pemateri Motivator Penulis Buku Pengisi Acara Meningkatkan Penjualan Strategi Penjualan Private Home Dekor Grosir Kerudung“Yang membedakan orang sukses dan gagal hanya satu, yaitu kemampuan untuk bangkit dari keterpurukan.” Tri Widayanti

Kalimat itu aku petik dari bukunya Mak Tiwi halaman 52, From Reseller to Business Owner. Udah pada sampe kan bukunya? Boleh japri Admin SBO di WA 087824468185 kalo masih ada buku yang nyangkut.

Ketika menjalankan bisnis pertama lalu gagal, banyak dari kita ini yang kapok. Merasa bukan bakatnya, bukan takdirnya punya bisnis 😂 Padahal Allah yang bilang, takdir itu bisa kita ubah jika kita mau. (Takdir rejeki, nasib, pilihan usaha). Cmiiw.

Gimana sih Mak Muri biar gak kapok ketika bangkrut?

Alhamdulillah bulan ini RAZHA masuk tahun ke 8. Ni aku ceritain perjalananku 7 tahun bersama RAZHA ya.

Tahun pertama:
Pusing ngurus produksi. Pernah gagal produksi? Pastinya 

Tahun ke dua:
Pernah sepi order? Sering  Jungkir balik belajar pemasaran.

Tahun ke tiga:
PHK semua karyawan 😱 Galau ngelola Tim/SDM.

Tahun ke empat:
Merasa jalan ditempat, gak ada ide pengembangan produk.

Tahun ke lima:
Orderan banyak tapi gak ada uang. Kacau pengelolaan uangnya.

Tahun ke enam:
Kekurangan stok saat musim panen. Berjuang cari supplier bahan.

Tahun ke Tujuh:
Over stock! Stok melimpah ruah. Puyeng ngabisinnya.

Tahun ke delapan:
Kira-kira apa ya? 

Coba Mak bayangin ketika saya berhenti di tahun pertama karena gak kuat dengan kegagalan produksi. Gak sanggup blusukan nyari konveksi. Baper akut ketika pihak konveksi manis di depan tapi pahit di belakang. Jika saat itu aku berhenti, Mak gak akan baca status ini heheheee..

Begitulah cara Allah mendidik kita Mak. Allah tuh pengertian banget. Kita gak langsung dijejelin banyak hal sekaligus. Tapi bertahap.

Tahun pertama Allah mau saya belajar tentang produksi. Fokus aja dulu disitu. Energi, hati, pikiran dan waktunya untuk hal itu aja. Karena sebelum produksi saya sudah belajar jualan. Jadi waktu itu gak masalah tentang penjualannya.

Alhamdulillah produksi berjalan lebih baik. Kapasitas meningkat, nah tahun ke dua Allah minta saya upgrade skill penjualannya. Maka fokus saya dipertajam ke ilmu pemasaran dan penjualan.

Saya pikir udah aman nih, eh ternyata tahun ke tiga, Allah kasih pelajaran sangat berharga. Bisnis itu bukan hanya soal barang dan penjualan. Tapi bagaimana mengelola organisasi bisnis juga perlu kita kuasai. Kalo gak ada tragedi nyungsep di tahun 2013, ya saya gak akan bisa seperti sekarang ini. Saya yakin itu, Allah mempersiapkan kita jauh-jauh hari untuk hal besar di masa depan.

Kita ini lagi berproses MEMANTASKAN DIRI. Ya caranya dengan ditempa seperti ini Mak.

Jadi ketika Mak merasa sedang terpuruk, gagal, bangkrut. Jangan lihat objek kegagalannya, tapi EVALUASI DIRI dan lihat apa penyebab kegagalannya.

Sepi order? Bukan omset kecil yang kita pikirin. Tapi apa yang menyebabkan sepi lalu bagaimana supaya gak sepi!

“Okey, Allah mau saya belajar apa nih sekarang? Allah pasti sedang mempersiapkan saya untuk HADIAH BESAR di masa depan.”

Berprasangka baik sama Allah terus ya Mak. Karena itu yang membuat kita bisa Move On dari kegagalan. Mak pasti bisa! Bisa!

Mak Rizky Amalia nih yang paling bisa bikin kita Move On untuk tampak cantik dan anggun dengan gamis pilihannya di @naira.os Recommended!

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

 

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *