Cara Sederhana Naikin Profit – 1

WhatsApp Image 2016-11-15 at 14.22.053 hari lagi waktunya gajian (Emak Bos bacanya: menggaji ). InsyaAllah dicukupkan rejeki Mak untuk bisa bayar semua karyawannya dengan bayaran yang baik ya Mak aamiin…

Biaya gaji karyawan diambil dari?

Bukan dari profit kan ya Mak, diambil dari MARGIN. Apa itu margin, ya cari aja di google banyak penjelasannya  Hayo gak boleh males.

Dan tentu juga, gaji untuk karyawan gak boleh nombok terus dari uang pribadi kita ataupun minta lagi ke suami  Masih ada waktu 3 hari untuk berjibaku secara optimal ya Mak. Ikhtiar bumi dan langit.

Bagaimanapun…untuk membuat bisnis jadi besar, kita harus mempelajari STRATEGI KEUANGAN. Bukan hanya fokus menjual sebanyak-banyaknya. Kalo penjualan besar namun keuntungan kecil, dan akhirnya terus tergerus dengan biaya operasional, ya habis lah kita.

Untuk membesarkan bisnis kan juga perlu ada biaya pertumbuhan bisnis. Ini juga harus dipikirkan berapa alokasi dana yang harus disiapkan.

Hari ini saya mau sharing ke Mak tentang MENINGKATKAN KEUNTUNGAN, supaya kita punya uang tambahan untuk bisa diputar menjadi modal lagi..lagi…lagi… Sehingga yang dulu cuma bisa beli stok modal 6 juta, sekarang jadi milyaran, tanpa investor, tanpa bank, tanpa riba. aamiin…

Dulu saya hanya mengetahui bahwa keuntungan itu hanya dari selisih penjualan dikurangi harga modal produk dan biaya. Supaya dapet untung banyak, ya jual yang banyak.

Tanpa disadari, ketika penjualan meningkat, kesibukan pun bertambah. Semakin keteteran dan banyak hal lain gak keurus. Akhirnya saya memutuskan nambah karyawan lagi…lagi dan lagi..

Hingga akhirnya, ketika dihitung “secara matematika”, penjualan besar belum tentu keuntungannya berbanding lurus  So… apa yang salah?

Ternyata ada segi kebocoran dalam hal “efisiensi” yang tidak terkontrol. Nyesek Mak, capeknya banyak tapi untung bersihnya sama aja kaya jualan sedikit. 

Saya gak mau Mak ngalamin kaya gitu. Nih aku bisikin beberapa hal yang bisa kita HEMAT untuk bisa membesarkan nilai PROFIT.
1. Optimasi Kinerja Karyawan
Cek jobdes karyawan dengan seksama. Kalo perlu pantengin seharian tuh karyawan, dedikasikan aja dulu sehari gakpapa. Kalo karyawan Mak udah banyak, boleh per hari per divisi. Misalnya bagian QC (Quality Control). Perhatikan cara dia kerja, kecepatan, ketelitian, tahapan, posisi barang, penggunaan perlengkapan dan peralatan kerja.

Kalo Mak gaji dia sistem harian, kita bisa MENGHEMAT dengan cara meningkatkan jumlah produk yang dihasilkan. Misalnya gaji dia sehari Rp.50.000 (Gaji bulanan dibagi jumlah hari kerja), dia selama ini hanya mampu mengerjakan QC 50 gamis. Artinya 1 gamis biaya QC nya seribu kan ya.

Coba perhatikan cara dia kerja, apa yang bisa kita ulik, sehingga dia bisa menghasilkan lebih dari 50pcs sehari. Apakah dari:
– Posisi kerja yang meletakkan barangnya berjauhan.
– Terlalu banyak ngobrol.
– Memang lelet orangnya.
– Dia tidak menikmati pekerjaannya (salah bidang).
– Tahapan pengerjaan yang kurang tepat.
– Prosedur yang menyulitkan.

Silahkan diobservasi ya Mak, lalu evaluasi dan revisi. Dengan target, dia bisa menghasilan misalnya 2x lipat. Yang tadinya 50, jadi 100. Ini artinya, per hari Mak sudah punya keuntungan Rp.25.000 loh.

Rp.25.000 x 22 hari kerja = Rp.550.000/bulan
Rp.550.000 x 12 bulan = Rp.6.600.000/tahun
Rp.6.600.000 x 5 tahun = Rp.33.000.000/5 tahun

Wooow ini baru efisiensi dari 1 karyawan saja Mak. Belum lagi dari karyawan lainnya. Kalo ternyata setelah di efisiensi dan dipadatkan pekerjaannya, ada karyawan yang gak kebagian pekerjaan, ya berhentikan saja.

Kecuali Mak bisa menciptakan pekerjaan baru yang juga pada akhirnya bisa ada timbal balik terhadap keuntungan perusahaan. Karyawan itu aset, aset itu harus memberikan keuntungan bagi perusahaan. Bukan malah menjadi beban!

Wah gak berasa udah jam segini, saya mau kedapur dulu hihihiiii.. trus lanjut bersiap briefing karyawan dan cek persiapan untuk tanggal 31 Maret, workshop BBB (Bisa Bikin Brand) bersama Pak Subiakto Priosoedarsonoguru favorit saya  Ilmu BRANDINGnya bisa melipatgandakan PROFIT karena konsumen dibikin jatuh cinta dengan brand kita. Jadi konsumen bukan hanya sekedar beli, tapi jadi pelanggan setia aseeek…

Yang gak asek adalah nunggu antrian chat kan ya Mak  Maaf ya Mak emang chat di WA Admin SBO 087824468185 setiap harinya antri. Makasi kesabarannya  Luv u..

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *