Cara Mengurangi Pemborosan Pada Bisnis

Sekolah Bisnis Online Muri Handayani SBO Pelatihan Workshop Marketing Pemateri Motivator Penulis Buku Pengisi Acara Meningkatkan Penjualan Strategi Penjualan Emak Jago Jualan“Seorang pemimpin harus mampu bekerja dalam kondisi paling efisien, sehingga mampu memberikan contoh dan panutan kepada karyawan.”
– Coach Dr. Fahmi”

Nah…nah… lagi-lagi kitanya dulu yang harus menjadi “baik” untuk bisa mendidik karyawan jadi “baik” ya Mak. Kitanya dulu yang harus disiplin, untuk bisa menjadi panutan karyawan disiplin.

Apakah sudah pantas kita menjadi tauladan baik bagi tim/karyawan kita?

*Ambil cermin. Kayanya belum deh 

It’s OK… Kita pun butuh proses belajar dan pembenahan diri untuk menjadi baik. Tapiiiiii… bukan menjadi alasan untuk kita “lelet” dalam berprosesnya ya. Kan katanya mau cepet-cepet punya bisnis besar dan untuk banyak sehingga bisa wujudkan semua impian. Maka dalam prosesnya pun harus cepet ya…

Ini aku kutip dari buku “Membangun Kepemimpinan Tangguh [Total Leadership] di Era Digital” Coach Dr. Fahmi.

Pemimpin yang tangguh harus memiliki banyak cara kerja dan eksekusi yang paling efisien di antara orang-orang yang dipimpinnya sehingga proses mewujudkan tujuan dari organisasi juga bisa lebih efisien.

Pemimpin harus memikirkan dalam pembuatan rencana eksekusi dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki secara tepat sehingga tidak terjadi pemborosan dalam penggunan bahan baku yang ada.

Setelah menemukan cara yang paling efisien, pemimpin harus memberikan contoh kepada semua anggota organisasi untuk bekerja yang efisien juga. Dengan bekerja secara efisien, pemimpin dapat mengatur penggunaan sumber daya yang terbatas sehingga menghasilkan penggunaan yang maksimal.

Pengaturan kerja yang efisien juga akan mengurangi pemborosan pemakaian sumber daya yang dimiliki. Kerja efisien sangat dibutuhkan oleh organisasi yang memiliki sumber daya terbatas. Sehingga peran pemimpin disini sangatlah penting untuk menjadi pioner di organisasi sebagai orang yang bekerja paling efisien.

++++++

Bismillah… semoga kita bisa menjadi pemimpin seperti itu ya Mak. Ilmu kepemimpinan bisnis juga bisa kita terapkan di rumah. Bagaimana kita menjadi tauladan yang baik bagi anak-anak. Ilmunya sama, namun penerapan dan cara komunikasinya ke anak yang berbeda.

Kalo bundanya dituntut pekerjaan untuk bisa pasang muka manis di depan camera, anaknya juga udah ketularan ternyata hihihiiii…

Bunda: Naziya foto donk, itu kerudungnya dari Tante Juniar Elisa owner ZYA Kids dan brosnya dari Tante Masitoh Istiqomah owner Mastiq Collection, cakep kaaaan…

Naziya: *Langsung pasang muka manis* 

Peluk cium untuk anak-anak Mak ya.. Sehat semuanya.. aamiin…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *