Cara Hitung Bonus Karyawan

Sekolah Bisnis Online Muri Handayani SBO Pelatihan Workshop Marketing Pemateri Motivator Penulis Buku Pengisi Acara Meningkatkan Penjualan Strategi Penjualan Seminar WanitaKalo bagian penjualan, lebih mudah hitung bonusnya. Berdasarkan omset masuk dikali sekian rupiah atau nilai persentase yang ditetapkan. Namun untuk bagian administrasi, packing, sosmed… ini gimana ya cara hitungnya?

Kali ini saya mau sharing bagian sosmed.
1. Instagram
2. Facebook
3. Fanpage
4. Youtube

Sosmed lainnya saya gak mainin, 4 pilar itu aja yang kami optimasi. Bonus diberikan kepada karyawan untuk memacu performa mereka menjadi lebih baik, semakin baik, terus membaik.

Manusia itu ada 2 tipe, ini yang saya pahami.
1. Semangat kerja karena ingin ngejar penghasilan lebih banyak.
2. Semangat kerja karena takut hukuman.

Maka sistem bonus kurang mempan jika karyawan Mak tipe yang ke 2. Untuk tipe yang ke 2, konsepnya hukuman.

Misal:
– Kalo follower gak nambah 2.000/bulan, maka akan dapat peringatan pertama.
– Jika 3 bulan berturut-turut follower gak mencapai penambahan 2.000/bulan, maaf kita gak bisa lanjut kerjasama.

Nah.. dia takut dipecat Mak, baru deh kerjanya semangat.

Sedangkan untuk mereka yang matre kaya saya  Kudu diimingi bonus. Kalo kamu mendapat penambahan follower 2.000/bulan, ada bonus 100.000. Kalo lebih dari 2.000 follower, sisanya dihitung Rp.100 per follower. Jadi kalo ternyata dapetnya 3.000 follower, maka bonus jadi:
1. 0 – 2.000 > Rp.100.000
2. 2.001 – 3.000 > Rp.100 x 1.000 = Rp.100.000
3. 3.001 – dst > @Rp.200

Ini baru dari 1 akun. kan Emak Olshop punya banyak akun  Maka hati-hati hitung besaran bonusnya, jangan sampe kebobolan juga keuangan Mak.

Pertimbangkan juga gaji pokok dan transportnya.

Lebih canggih lagi jika yang dinilai “hasilnya” secara keseluruhan menggunakan point:
1. Jumlah follower
2. Muncul di Top Post
3. Jumlah interaksi (like, comment, share)
4. Leads yang diciptakan

Nah pusing kan Mak?  Iyalah, mau Omset 1 Milyar ya harus siap pusing. Tenang aku temenin kok  Yuk ah kapan-kapan kita jalan-jalan bareng, hangout Emak-Emak Olshop sambil ngopi cantik dan diskusi manis bahas bisnis. Kalo pergi pake sepatu yang nyaman ya, biar kuat cuci mata hihihiii.. Dian Footwear dari Mak Dian Asmariani N bikin aku jatuh hati…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Onlilne)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *