Dulu Modal 6 Juta, Sekarang Jadi 1 Milyar, Begini Caranya

Sekolah Bisnis Online Muri Handayani SBO Pelatihan Workshop Marketing Pemateri Motivator Penulis Buku Pengisi Acara Meningkatkan Penjualan Strategi Penjualan Bimbingan BisnisEntahlah kenapa pagi ini melow.. Sambil ngetik, sambil menahan air mata, supaya keyboardnya tetap kelihatan. Kalo ketutup air mata susah ngetiknya 

Sekitar 3 bulan lagi, RAZHA insyaAllah genap 7 tahun. Perjalanan yang tidak mudah. Tiba-tiba serasa melihat film yang diputar kembali. Diawali tahun 2011 yang masih wonderwoman. Semua dikerjain sendiri dari A-Z. Kemudian bertahap rekrut karyawan. Hingga 2013 memPHK semua karyawan. Lalu lanjut bangkit, namun tak seindah kisah dongeng. Ujian demi ujian datang silih berganti. Bukan hanya peluh yang bercucuran, air mata pun sering membasahi pipi ini.

Tak mau aku munafik, aku bukan ibu yang ideal. Aku masih acap kali tak bisa menahan emosiku dikala lelah jiwa raga menjalankan bisnis, lalu anak rewel. Ya Allah maafkan aku yang masih suka membentak dan memarahi anak-anakku. Mereka hanyalah anak kecil yang rindu bermain dengan ibunya. Mereka mencari perhatian dengan caranya  Ya Allah beri aku kesempatan memperbaiki diri dan membayar semua waktuku yang hilang untuk masa kecil mereka yang sudah aku abaikan.

Melihat foto ini, tatap matanya, senyumnya.. masyaAllah…  Terimakasih atas kesabaranmu nak, terimakasih atas ridhomu mengijinkan bunda bekerja nak. Doakan ibu bisa menjadi tauladan bagimu. Doakan ibu bisa segera menikmati masa pensiun muda. Dimana bisnis bisa berjalan autopilot, bunda bisa sepuasnya bermain bersamamu.

+ Mak Muri bagaimana caranya supaya bertahan 7 tahun bisnisnya?
– Ya cuma satu caranya Mak, BERTAHAN. Apapun hujan badai yang menghantam, terus perjuangkan dan pertahankan.

Yes, gak perlu tips macem-macem Mak sebenarnya. Mak jalani bisnis yang penting mindsetnya BISNIS INI MENJADI BESAR DAN AUTOPILOT. Maka kita tinggal memantaskan diri bagaimana supaya bisnis besar dan bukan hanya sampingan yang penghasilannya seadanya. Kita harus punya TARGET!

Alhamdulillah selama RAZHA berjalan, saya gak pake pinjaman bank. Cukup dari sahabat, ibu dan mertua yang patungan modal  Modal pribadi saya 6 juta. Lalu bagaimana caranya hingga bisa punya stok 1 Milyar?

– Menghitung harga jual yang benar. Jangan sampai gak ada keuntungan untuk perusahaan. Yes! Aku bilangnya perusahaan loh Mak. Karena keuntungan yang buat kita pribadi (pekerja) itu namanya gaji. Jadi setelah dipotong bahan baku, semua biaya iklan, biaya operasional dan termasuk gaji kita, harus masih ada keuntungan untuk perusahaan.

– Sehingga perusahaan bisa bertumbuh dan bertambah modalnya dari profit yang ditahan. Misalnya bulan ini perusahaan dapet profit 5 juta. Maka dari 6 juta + 5 juta, ini udah jadi 11 juta. Bulan depan ada keuntungan lagi, puterin lagi. Teruuuuussss lakukan ini. Jadi secara matematika, jika modal awal saya 6 juta, lalu dapet tambahan modal dari teman dan keluarga, lalu saya puteriiiiin terus keuntungannya, insyaAllah bisa jadi 1 Milyar 

– Impiannya jangan kekecilan. Nanti kita merasa cukup puas dengan hanya 100juta. Saya lagi geregetan nih pengen 1 Milyar sebulan  Teman-teman saya yang lain sudah sampai, bahkan melewati 1M perbulan. Ngiri deh… Berlomba-lomba dalam kebaikan boleh kok. Dengan bisnis semakin besar, zakat dan sedekahnya makin besar asik kan  Kebermanfaatan hidup kita semakin besar. Tabungan akhirat nih.

– Ngotot belajar, gigih praktek, hadapi semua ujian. Di point ini memang gak semua orang kuat. Apalagi yang masih mental gratisan, disuruh belajar mintanya gratisan terus. Masa mau punya penghasilan 1 Milyar ilmunya masih basic aja. Belajar donk dari ahlinya, kejar para mentor, lahap banyak buku, duduk manis di berbagai workshop.

2018 katanya masa sulit dan keras bagi pebisnis. Khususnya para produsen. Karena produk Made In China semakin menyesakkan jiwa. Jilbab harga 9.000 perak made in China, nyesek gak tuh. Tapi kalem aja sih Mak, karena kita gak hanya jualan komoditi, kita main dibranding, supaya konsumen beli karena cinta dengan merk kita.

2018, kami siap menghadapi ujian untuk naik kelas!
Siap memantaskan diri untuk 1 MIlyar per bulan!

Kita sebagai ibu, juga harus mempersiapkan mental anak-anak kita ya Mak. Jangan hanya kasih ikan, tapi berikan kailnya, hingga mereka mahir memancing. Prakteknya bisa mulai dari sekarang, kasih bibit dan ajarin bercocok tanam. Ajarkan bersabar menunggu hasil dan telaten dalam merawat tanamannya. Makasi Mak Baiq Dewi owner Bibit Seribuan. Aneka bibit buah dan bunganya sudah kami tanam. Nanti aku kabarin kalo sudah panen  Jazakallah..

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *