Mak… Aku rugi 40 juta!

Sekolah Bisnis Online Muri Handayani SBO Pelatihan Workshop Marketing Pemateri Motivator Penulis Buku Pengisi Acara Meningkatkan Penjualan Strategi Penjualan EEJJ Glutaskin Baju MuslimSepanjang karir jadi produsen, itu nilai kegagalan tertinggi yang pernah saya alami. Curhatlah ke senior di TDA, maksud hati mau minta solusi. Eh malah diketawain doank 

+ Teh Muri… lebay amat baru rugi segitu langsung down. Saya rugi 100 juta biasa aja.
– Whaaat! 100 juta? Biasa aja?
+ Dulu awalnya saya juga stres banget. Panik tentunya. Tapi justru dengan panik, pikiran kusut, putus asa… ya gak akan ada solusi yang dateng. Karena solusi itu harus “dibaca dengan otak yang waras”. Allah kan kasih ujian + solusinya.
–  (Berusaha mencerna)
+ Teh Muri, percaya gak, ada orang yang buka bisnis, nilainya 1Milyar, tutup gak nyampe setahun.
– Ya Allah… itu duit semua? 
+ Iyalah… Dua kesalahan dia, memulai dengan modal besar dan menyerah pada ujian pertama. Jadi… bisnis gede atau kecil, cara suksesnya cuma 1 “BERTAHAN”.
– Jadi setelah rugi produksi 40 juta, saya harus tetep lanjutin jadi produsen nih?
+ Iya donk! Pelajari kenapa kemarin bisa gagal. Alhamdulillah ruginya baru di 40juta. Coba kalo Allah kasih “pelajaran produksinya” setelah di angka ratusan juta. Nangisnya pasti lebih kenceng ahhahahaaa…
+ Jadi, sekarang CARI ILMU LAGI TENTANG PRODUKSI. Memantaskan diri, supaya siap ketika Allah kasih orderan ratusan juta bahkan milyaran dalam sebulan. Mau kan?
– Ya iya donk…

Begitulah Mak kalo kita berada di komunitas yang sesama pebisnis. Kalo lagi down bukannya dibilang “sukurin, rasain, tuh kan gak bakat, gak akan bisa….”. Justru kita akan terus didorong untuk mencoba lagi, namun dengan memantaskan diri dalam keilmuan, supaya kerjanya gak asal-asalan.

Desember 2017 alhamdulillah lebih dari 100 orang sudah belajar di seminar SBO “Menyelami Dunia Produksi”. Masya Allah ilmu yang diberikan Mas Arif BudiyonoTeh Rohmah dan Bu Erita Zurahmi benar-benar ilmu teknis yang bisa langsung diterapkan.

Tau gak sih… Mas Arif Budiyono ini selisih umurnya hanya 1 tahun lebih tua dari saya, tapi… selisih omsetnya jauh banget ahahahahaaa… Maklum beda jam terbang  Saya mah masih anak baru 

Mas Arif, bisnisnya banyak Mak. Diantaranya:
Produsen baju anak http://mufee.id
Produsen perlengakapan manasik anak : http://qonita.com
Produsen seragam anak : http://rumahseragam.co.id
ERP Fashion : http://oms.web.id
Comming soon perlengkapan tk http://tokotk.com

Beliau juga pernah menjalani profesi sebagai IT Development and consultan, reposisi jadi jualan solusi : http://cinoxmedia.net

Pengalaman organisasi:
– Ketua TDA Bandung 2011
– BOD TDA pusat bidang peningkatan kapasitas anggota : 2013
– Korwil TDA Jabar : 2015
– BOD TDA Pusat bidang pengembangan wilayah : 2017-now
– Pengurus MES (Masyarakat Ekonoi Syariah) Jabar 2015-now

Pendidikan S1 teknik Informatika STT Telkom. Pernah nyobain S2 teknik Infortatika, major data mining STT Telkom, tapi galau  pindah ke S2 Manajement bisnis.

Selain sibuk ngurusin banyak bisnis, Mas Arif masih nyempetin bagi ilmunya di ERT (Entreprenuer Radio Talk) Trijaya FM.

Sudah pada kebagian tiket untuk Seminar “Menyelami Dunia Produksi” 28 Januari 2018 di Jakarta kan? Mas Arif akan menjadi pemateri pertamanya Mak  Selanjutnya ada Teh Rohmah yang akan bahas masalah teknis seputar manajemen produksi. Sampe printilannya cara ngurusin penjahit, ngitung harga jahit, sistem kerjasama dengan konveksi. Oh iya, Teh Rohmah akan kasih CONTOH SURAT PERJANJIAN KERJASAMA DENGAN KONVEKSI.

Jangan harap dapet teori  Karena yang ngajar praktisi semua!

Ketik MAU jika Mak belum kebagian tiketnya, nanti Tim SBO akan bantu melalui japri. Karena chat WA 087824468185 lagi panjaaaaang banget antriannya  Gara-gara relaunching Buku #EEJJ

Tetap semangat ya Mak! Karena 2018 adalah tahun kejayaan kita. Ada Allah yang memampukan kita. aamiiin… Dan ada Mak Dewi Sri yang membuat kita cantik dan terus bahagia dengan karya-karyanya yang cetar membahana. Demeunaf selalu menjadi kesayanganku. Love it!

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *