Karyawan Tidak Akan Sungguh-Sungguh dalam Melakukan Pekerjaannya Tanpa Ini

Muri Handayani Sekolah Bisnis Online Penulis Buku Emak Jago Jualan Pebisnis Motivator Pembicara Pemateri Seminar Workshop Perempuan Endorse CreativepreneurDalam perjalanan pulang dari Bekasi semalam, saya dan Teh Vitri Andriane seperti biasa ngerumpi di mobil. Kasihan sih pak supirnya keberisikan dengan ocehan kami, yang sering kali diselingi tawa menggelegar wakakakaaa… Gakpapa deh biar pak supirnya gak ngantuk 😀
 
Pengelolan tim RAZHA menjadi salah satu topik panas yang kami diskusikan. Ya ampun Mak ini ada karyawan yang nilai “reliable”-nya sangat kecil. Jujur aja, saya sih maunya pecat segera.
 
Bukan hanya soal kinerjanya yang tidak sesuai harapan, tetapi kinerja dia itu bisa menulari yang lainnya. Jika yang lain bisa mencapai angka 8, dia berada di angka 4, maka yang angka 8 ada kemungkinan ikutan “lemes”. Aaaaah ini mengerikan 🙁
 
Tetapi Teh Vitri punya pendapat lain, kasih kesempatan, perbaiki jobdes, SOP dan KPI nya. Temukan alasan kenapa dia tidak bisa meningkatkan nilainya dari 4 menuju 8 seperti yang lain.
 
Ya begitulah Thinking VS Feeling ahahahaaa… Yang satu raja tega yang satu penuh belas kasih. Ini namanya jodoh ya, saling melengkapi. I luv u karena Allah Teh Vit 😘
 
Jadi.. setiap manusia harus memiliki BIG WHY dalam setiap hal. Contoh sederhananya ketika kita memilih untuk resign dan belok ke Bisnis Online, apa alasannya?
 
Tara: Lebih dekat dengan anak
Tari: Mempunyai penghasilan 3 kali lipat
Taru: Melunasi hutang riba ratusan juta dalam waktu 1 tahun
 
Bisa kebayang gak Mak, dalam waktu 1 tahun, siapa yang pencapaiannya paling besar?
 
Karena alasan Tara hanya ingin lebih dekat dengan anak, maka goal dia adalah ketika punya penghasilan yang sama atau mendekati gajinya dan bisa memiliki banyak waktu bersama anak, dia merasa CUKUP.
 
Sedangkan Tari akan lebih tertarget karena dia mau membuktikan penghasilan dari jualan online bisa 3x lebih besar dari gaji kantorannya. Maka dia akan membuat strategi pemasaran yang lebih baik.
 
Wow lunasin hutang ratusan juta dalam waktu setahun! Apa saja yang harus dilakukan? Anggap saja nilainya Rp.480juta, dibagi 12 bulan, maka setiap bulannya, Taru harus bisa membayar hutang 40juta. 40 juta bukan omset, tapi freecash (sebagian uang yang bisa diambil dari profit/laba). Maka berapa omset yang harus dicapai, strategi pemasaran apa yang harus dipelajari, berapa tim yang perlu diperlukan, dll…
 
Sampai sini Mak sudah makin paham ya. Siapa yang dalam waktu satu tahun, pencapaiannya paling tinggi? Ya tentunya Taru, karena dia sudah ada BIG WHY di depan, jadi bukan pasrah “sedapetnya”.
 
Begitu juga dengan karyawan. Mereka akan bersungguh-sungguh dalam melakukan pekerjaannya ketika mereka memiliki alasan kuat kenapa harus bekerja dengan nilai minimal 8?
 
Ada 2 konsep, imingi dengan surga atau takuti dengan neraka.
 
Jika kinerja kamu bisa memenuhi minimal angka 8 pada KPI, maka tentunya RAZHA juga akan bisa bertumbuh. RAZHA akan memiliki dana untuk menambahkan fasilitas kerja yang lebih baik. Memberikan gaji dan tunjangan yang lebih baik untuk kamu dll.
 
Jika kinerja kamu TIDAK bisa memenuhi minimal angka 8 pada KPI, produktivitas RAZHA menurun, biaya tidak tertutup, keuangan jadi sulit. Tunjangan berkurang, fasilitas menurun, gaji tidak bisa naik bahkan ada kemungkinan pengurangan karyawan.
 
Seru-seru sedap deh Mak ngurusin bisnis hihihii.. Ya memang harus selalu kudu wajib kita sebagai pemimpin belajar belajar belajar belajaaaaarrrr lagi. Bisnis itu bukan hanya soal jago jualan, tetapi skill mengelola tim sangat dibutuhkan.
 
Mau kan keluarga keurus, bisnis jalan terus? ^_^
Jangan sok jadi wonderwoman yang ngurusin A-Z sendirian. Mau sampe kapan Mak? Makin kusut tuh muka, kucel tiap hari dasteran ngurusin produksi, marketing, selling, packing sendirian. Aaaaah kasian suami pemandangannya tidak indah di rumah.
 
Tobat Mak…tobat.. nih aku kenalin Mak Riza Astari Octavia yang bisa bantuin Mak kinclong dalam sekejap 😍 Termasuk ibadah loh Mak merawat tubuh dan demi membahagiakan suami #uhuk Glucola yang kecil ini banyak manfaatnya. Recommended!
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *