Strategi untuk Membuat Bisnis Bertahan dan Sukses

Muri Handayani Sekolah Bisnis Online Penulis Buku Emak Jago Jualan Pebisnis Motivator Pembicara Pemateri Seminar Workshop Perempuan MentorHalaman 325, buku Sukses Membangun Bisnis dengan Grounded Strategy.
 
Siap tambah ilmu lagi? Eh salah pertanyaannya. Yang bener ini.. Siap tambah PR lagi Mak? :p
 
Ini aku rangkum ya, karena panjang banget penjelasannya. Yang mau detail silahkan beli sendiri bukunya 😀
 
Generic Strategy of Business
 
1. Cost Leadership Strategy
Strategi ini adalah strategi yang digunakan oleh produsen dengan menekan biaya produksi namun tetap menjaga standar konsumen tertentu yang masih melirik produk-produk kualitas terbatas, dan mementingkan harga yang relative competitive.
 
Strategi ini dilakukan dengan 2 tujuan, yang pertama dengan menjual barang dengan harga rata-rata sebuah produk untuk mendapatkan keuntungan lebih tinggi dari pesaing, atau menjual barang dengan harga di bawah rata-rata untuk mendapatkan pangsa pasar.
 
Jika sebuah produsen memiliki lebih dari satu produk maka bisa dilakukan cross selling untuk memaksimalkan keuntungan dan mendapatkan pangsa pasar yang diinginkan. Saat customer sudah datang, tinggal diberikan up selling dan menawarkan produk lain yang lebih tinggi kualitasnya dengan harga yang sesuai, strategi ini saling bergantian dilakukan untuk tetap memenangkan persaingan yang oleh Yuswohadi disebut sebagai Smart Flanker, pemain pasar yang gesit.
 
2. Differentiation Strategy
Strategi ini digunakan oleh produsen dengan membuat sentuhan unik pada produknya sehingga dapat dirasakan oleh konsumen bahwa barang ini mempunyai faktor beda dengan para kompetitor, dan di sinilah letak harga yang bisa ditentukan untuk mendapatkan keuntungan dan hati para pelanggan.
 
Nilai tambah dan differensiasi memberikan kebebasan produsen untuk menentukan harga, siapa yang tidak kenal tas Hermes, tas premium para sosialita dunia yang harganya selangit karena setiap model hanya dikeluarkan beberapa buah dan dikerjakan secara handmade dengan keakuratan dan kekuatan luar biasa. Ditambah dengan historical brand yang memberikan perasaan berharga bagi setiap pemakainya.
 
Keunggulan strategi ini bisa dimanfaatkan dengan sebesar-besarnya ketika brand positioningnya sudah tepat, dengan menaikkan harga maka margin semakin tinggi. Ini digunakan untuk mewaspadai apabila supplier menaikkan bahan baku untuk produk. Dengan begitu margin dan kelangsungan bisnis tidak mendapat ancaman yang serius.
 
Strategi ini bukan tanpa celah, apabila ada pemain baru yang sengaja meniru segala aspek produk kita dan dimodifikasi untuk disesuaikan dengan pasar, maka pasar yang telah kita bangun menjadi terancam. Maka kekuatan brand begitu luar biasa dibutuhkan apabila ingin terus menggunakan strategi ini.
 
3. Focus
Terdapat 2 macam strategi focus yaitu Focused Low Cost dan Focused Differentiation. Perusahaan yang menggunakan strategi fokus berkonsentrasi pada niche pasar tertentu, dengan memahami dinamika pasar itu dan kebutuhan unik pelanggan di dalamnya, memberikan nilai tambah atau memilih harga yang lebih murah, suatu produk benar-benar didesain untuk kepentingan kelompok tertentu yang ingin disasar menjadi market.
 
Karena keintiman antara produk dan customer inilah yang biasanya membangun loyalitas merek yang kuat. Hal ini membuat segmen pasar tertentu yang sudah dikuasai menjadi kurang menarik bagi pesaing.
 
Di sebagian negara maju, jika ada produsen membuat suatu barang dengan kualitas bagus dengan harga murah, konsumen malah akan menanyakannya. Kok bisa murah, apa pasti berkualitas? Berbeda dengan di Indonesia yang sebagian besar masih memikirkan harganya. Dengan harga dinaikkan mendorong pasar berpikir logis dan akhirnya sesuai dengan pemikiran mereka.
 
Nah…nah… dari 3 srategi di atas. Kira-kira Mak pilih yang mana? Setiap strategi ada tantangannya masing-masing. Ada kelebihan dan kekurangannya. Strategi yang dipilihnya bisa berhasil atau tidak, tergantung kepada YANG MENJALANKANNYA. Apakah dia kuat dengan tantangan yang akan dihadapinya? ^_^
 
Aku sih yakin Emak Setrooong gitu loh. InsyaAllah kuat, karena ada Allah yang memampukan kita ya Mak 😉
 
Hari ini dadakan ketemu Mak Nur Azizah karena aku kangen banget sama Onies Brownies & cake’s yang super duper enak, di Bandung gak ada yang se enak ini. Aku rela Bandung-Bekasi untuk dapetin ini 😍 Eh maaf ya Mak Nur, kita cuma ketemu beberapa menit, tapi aku kasih kamu PR banyak banget hihihiiii… Aku sumpahin kamu bisa produksi 300 loyang sehari 😘 Karena semua orang harus tahu bahwa brownies mu memang yang paling enak 😉
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *