Cara Memangkas Biaya untuk Meningkatkan Profit

Muri Handayani Sekolah Bisnis Online Penulis Buku Emak Jago Jualan Pebisnis Motivator Pembicara Pemateri Seminar Workshop Perempuan Creativepreneur Akademi Guru OnlineYakin hanya fokus pada jumlah OMSET?
Karena omset itu hanya ilusi  Omset besar belum tentu profitnya besar  Bahkan ada yang ternyata tidak ada keuntungan sama sekali karena biaya-biayanya yang sangat tinggi.

Ini juga sedang jadi PR di bisnis saya Mak. Emangnya Mak kira bisnis yang usianya hampir 7 tahun gak akan ada PR lagi?  PR bisnis itu sepanjang masa Mak, selama bisnisnya berjalan. Jadi kalo saat ini Mak yang baru mulai merintis tetapi males ngerjain PR, ya saya cuma bisa ikut bersedih aja. Karena kita belum pantas dikasih PR besar, sebab…PR kecil aja gak dikerjain.

Hidup ini pilihan.. mau sebatas jalanin bisnis sambilan atau mau serius dibesarkan supaya bisa besar juga manfaatnya untuk ummat.

Besarnya manfaat yang bisa kita berikan untuk ummat, bergantung juga seberapa sehat bisnis kita. Salah satu indikatornya adalah tidak minus, tidak rugi, tidak buntung. Harus ada untung.

Saya kutip 11 hal yang bisa kita lakukan untuk menekan biaya, dari buku Sukses Membangun Bisnis dengan Grounded Strategy, halaman 161.
1. Mengurangi karyawan yang tidak efektif.
2. Mencari dan menemukan bahan baku alternatif.
3. Mencari dan menemukan supplier alternatif.
4. Memangkas proses.
5. Mempersingkat waktu.
6. Membuat takaran yang pas, tidak lebih dan tidak kurang.
7. Mengurangi dan menghilangkan kesalahan proses.
8. Memangkas biaya rutin (lebih hemat listrik, lebih hemat air dll)
9. Menggunakan alat pengganti atau mesin pengganti untuk proses lebih mudah, lebih hemat dan lebih cepat.
10. Meningkatkan keterampilan skill karyawan untuk proses maupun layanan yang lebij cepat, lebih praktis dan lebih profesional.
11. Menambah kapasitas (contohnya: untuk menghasilkan 200 unit diperlukan 5 orang karyawan, sekarang diubah dengan jumlah orang yang sama menghasilkan 2 kali lipat produksi).

Gimana Mak sudah mulai ada gambaran? Kira-kira point keberapa yang bisa segera Mak kerjakan? Iya lah segera, mencari celah keuntungan jangan ditunda 

Apalagi kalo didepan mata udah ada @mommskebab dari Mak Dinarri Susilo, gak bisa ditunda untuk segera dihabiskan  Soalnya ini jadi rebutan aku, suami dan anak-anak. Enaaaak banget 

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *