Apa saja sih yang harus kita persiapkan ketika mau nyemplung ke dunia PRODUKSI?

Muri Handayani Sekolah Bisnis Online Penulis Buku Emak Jago Jualan Pebisnis Motivator Pembicara Pemateri Seminar Workshop Perempuan EEJJ RAMSBO KEUANGAN Creativepreneur internet marketingJanganlah ikutin jejak saya, jadi produsen tapi gak ada ilmunya ahahahahaaa… Dulu cuma modal sok tahu. Dan parahnya lagi RAZHA itu saya awali dari ketidaksengajaan, alias kecemplung. Ada temen yang pesen 1.000 pcs inner ninja, eh trus dia cancel. Jadilah saya “terpaksa” jualin inner ninjanya, eh ternyata Allah malah izinkan sampe masuk tahun ke 7 Mak Alhamdulillah..

Tapi saya yakin ini bukan kebetulan. Perjalanan 7 tahun RAZHA yang penuh keringat dan air mata ini bisa jadi pelajaran berharga bagi mereka yang mau belajar bikin brand sendiri (produksi). Tapi saya gak cukup PD untuk sharing, saya culik guru saya yang memang jam terbang dan ilmunya lebih tinggi. Teh Rohmah owner Mufee dan berbagai merk lainnya.

Kelas ini sebenarya sudah beberapa kali digelar SBO secara online. Karena masih ada yang belum kebagian kelasnya waktu itu, alhamdulillah Allah izinkan untuk kelas berikutnya. InsyaAllah..

Nah apa saja yang harus kita persiapkan Mak saat mau belajar produksi. Kalo saya sih yang paling utama adalah MENTAL. Yes… gak kehitung berapa kali nangis bombay gegara gagal produksi hingga puluhan juta  Aduh Mak jangan sampe Mak ngalamin ya.

Ini nih yang Mak harus pahami:
– Kenapa harus produksi
– Apa itu manajemen produksi
– Apa yang perlu disiapkan
– Alur produksi
– Produksi sendiri vs makloon
– Jenis- jenis makloon
– Perjanjian kerjasama makloon
– SOP dan Administrasi produksi

Buat yang masih punya perasaan “gak enakan” tingkat tinggi. Wajib pake perjanjian kerjasama. Supaya ketika nanti ada kesalahan produksi, Mak punya kekuatan untuk minta pertanggung jawaban mereka. Jadi semua jelas ada hitam diatas putih.

Ah aku seneng kalo produk Indonesia makin banyak. Dan tentunya kita juga harus menghargai produk teman yang lain. Beli produk teman  Dan jangan pake nawar heheheee… Siapa tau dia butuh keuntungan buat bayar sekolah anaknya, buat lunasin RIBA, buat kasih makan ibunya dll. Kita belanja sambil niat baik bantu dia Mak. Kita bantu dia, semoga Allah bantu kita aamiin..

Sebenarnya pendaftaran Kelas Online Manajemen Produksi ini belum dibuka melalui WA 087824468185. Tapi gakpapa nyolong start biar dapet harga lebih murah hihihiiii.. emak-emak gitu loh.

Sekarang gak cuma baper aja ketika lihat orang lain punya brand fashion sendiri. Waktunya kita ambil peran berbaris seperti mereka  Siapin goodmood dulu ah.. kecupin @lasagnamama nyaaammm…nyaaammm..

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *