Jangan Anggap Remeh Kompetitor Baru

Muri Handayani Sekolah Bisnis Online Penulis Buku Emak Jago Jualan Pebisnis Motivator Pembicara Pemateri Seminar Workshop Perempuan Instagram Marketing Facebook Youtube Keagenan Pengembangan BisnisEdisi ke 4 dari rangkaian #Pelajari5Kompetitor yang bersumber dari bukunya Coach Fahmi halaman 285. Hari ini point ke 4 & 5 langsung saya bahas ya Mak.
 
4. Kompetitor Terdekat
Tentu mengejutkan jika ada bisnis yang berada di sekitar bisnis kita. Apakah kita lebih baik daripada mereka? Siapa yang sedang diawasi, mengapa pesaing tersebut berada sebegitu dekat dengan bisnis kita?
 
Lokasi bisa memberikan pengaruh terhadap keberadaan bisnis kita, apalagi kita memiliki produk yang sejenis. Kita patut melirik apa yang mereka lakukan agar kita menjadi waspada, siapa saja, berapa banyak disekitar kita. Hal ini diperlukan jangan sampai kita berada pada red ocean yang pada akhirnya akan menyulitkan kita sendiri.
 
+++++
 
Paham red ocean Mak?
 
Red Ocean Strategy adalah kondisi dimana kita bersaing pada pasar yang sama dengan pesaing. Pasar ini tentunya dihuni oleh banyak pelaku bisnis yang secara bersama-sama bersaing & turut membesarkan pasar yang ada. Karena begitu banyaknya pelaku bisnis pada pasar ini suasana persaingan akan begitu sengit hingga ‘berdarah-darah’. Dengan adanya persaingan tersebut memunculkan posisi perusahaan mulai dari market leader, challenger, follower, & neacher. Tentunya tiap-tiap posisi punya kelebihan dan kelemahan masing-masing.
 
Di dalam Red Ocean Strategy ini setiap pelaku bisnis akan berusaha sekuat tenaga untuk memenangkan persaingan dan menjadi market leader. Tidak heran pada Red Ocean Strategy akan timbul persaingan yang tidak sehat, saling menjatuhkan dan berusaha “mengahabisi” setiap pesaingnya. Namun ternyata, kesuksesan sebuah perusahaan kini tidak lagi diukur dengan memenangi persaingan berdarah-darah di Red Ocean Strategy. Itu sebabnya kini hadir istilah baru yang disebut Blue Ocean Strategy.
 
Sumber: http://nourabooks.co. id
 
5. Kompetitor Terbaru
Selalu ada yang tampil beda di dalam setiap kategori bisnis. Belajar dari pesaing paling unik adalah belajar untuk selalu tampak baru dan beda, unik produknya, rasanya, layanannya dan cara menikmatinya.
 
Menjadi unik adalah salah satu strategi yang perlu dipelajari. Sebagai seorang business owner, sering kali kita dikejutkan dengan adanya para pendatang baru dalam bisnis kita yang hadirnya membuat guncang, yang hadirnya mengambil sebagian dari pasar kita.
 
Ini tentu akan membuat kita sedikit cemas, bisa jadi ada ceruk-ceruk pasar yang semestinya kita garap di masa lalu belum sempat kita sentuh sehingga orang lain mengambil ceruk itu. Kita harus mewaspadai hal ini, makanya perlu kita pelajari pesaing ini. Meski terhitung baru apa yang mereka lakukan, apa yang belum kita kerjakan dan seterusnya.
 
++++++
 
Mak… jadi gak boleh kita duduk manis merasa berada di posisi aman. Santai aaah omset udah lumayan, konsumen sudah banyak, reseller banyak, stok aman.. Eh tiba-tiba muncul kompetitor baru yang dengan waktu singkat, dia menyedooot para reseller kita dan tentunya konsumen ikut ketarik kesana. Nangis bombay di pojokan hiiiikksss…
 
Yuk Mak semangat belajar terus, inovasi terus, update info terus, tingkatkan kemampuan tanpa henti. Ketika kita berhenti belajar, maka disitulah titik awal kehancuran bisnis kita 🙁
 
Tenang.. Ada Allah yang selalu bantu kita 😉 yang penting kitanya tidak putus asa dan mau ikhtiar untuk mengubah nasib menjadi lebih baik. Kalem Mak.. kita isi perut dulu dengan RoPizzTar alias Roti Pizza Tarik by Dayens Cake dari Mak Dian Ariestri dijamin bikin goodmood ^_^
 
Semoga Allah mudahkan semua urusanmu.. aamiin..
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *