Cara Menyampaikan Ketidaksetujuan yang Tidak Menimbulkan Konflik

Muri Handayani Sekolah Bisnis Online Penulis Buku Emak Jago Jualan Pebisnis Motivator Pembicara Pemateri Seminar Motivator SBO Komunitas Pemberdayaan Perempuan RAMSBO Laporan KeuanganPernah selisih pendapat dengan suami soal kerjaan? Kita gak setuju dengan pendapatnya eh ujung-ujungnya malah ribut 😀
 
Mak menjalankan bisnis dengan partner/teman/sodara? Saling ngotot dengan pendapat masing-masing yang akhirnya jadi konflik?
 
Sedih ya Mak kalo itu terjadi… Pagi ini saya buka lagi bukunya Freddy Liong yang berjudul Morning Briefing @Work halaman 220. Sebenarnya ini tentang menyampaikan ketidaksetujuan bawahan dengan atasan. Tapi saya poles dikit supaya bisa kita terapkan di bisnis online kita.
 
Hindari 5 hal dibawah ini saat menyampaikan perbedaan pendapat:
1. Perkataan frontal yang berkesan menyerang, seperti “Saya tidak setuju.” atau “Itu tidak benar”, “Anda salah!”
2. Menyatakan ketidaksetujuan pada saat situasi sedang menghadapi banyak malasah berat.
3. Menunjukkan ekspresi wajah yang menentang, melawan, bermusuhan dan kurang sedap dipandang bila tidak setuju.
4. Menyatakan ketidaksetujuan dengan berargumentasi atau mengajak berdebat.
5. Menghasut dan memprovokasi orang lain untuk menyatakan ketidaksetujuan.
 
Nah berikut ini cara menyampaikan ketidaksetujuan yang baik:
1. Mulai dengan menggunakan kalimat tanya, bukan kalimat pernyataan. Bisa mulai dengan menanyakan sasaran atau tujuan yang ingin dicapai dan apa gambaran besar dari pendapat atau ide yang disampaikan.
2. Mengulangi pendapat atau ide yang telah disampaikan untuk memastikan apa yang dijelaskan olehnya sudah dimengerti dengan benar. Tahap ini untuk menghindari kesalahpahaman penafsiran terhadap pendapat atau ide yang telah disampaikan.
3. Kalaupun ternyata memang terjadi perdebatan pendapat atau ketidaksetujuan, tampung dulu pendapat atau ide mereka, kemudian cari atau minta waktu yang tepat untuk menjelaskan sudut pandang atau pendapat yang berbeda. Perlu diingat, tujuan menjelaskan pendapat atau ide yang berbeda bukan untuk menyalahkan atau meremehkan pendapat atau ide mereka, tapi untuk menunjukkan bahwa pemikiran atau pendapat lain yang disampaikan ini lebih efektif untuk mencapai sasaran yang dimaksud. Pastikan ide atau pendapat lain yang disampaikan terbukti mendukung untuk mencapai sasaran atau memenuhi kebutuhan dan kepentingan yang mereka maksud.
 
Cara menyampaikan ketidaksetujuan yang tidak menimbulkan konflik dan perdebatan adalah cara-cara yang didasari sikap hati yang menghargai orang lain. Pandangan yang positif terhadap orang lain. Keinginan hati untuk mencari win-win solution, saling menjaga kepentingan dan kebaikan bersama.
 
Bismillah.. semoga pada akhirnya bisa mencapai hasil yang diinginkan ya Mak, bukan hanya sedekar debat kusir. Ketika sudah mencapai kesepakatan yang baik, kita akur dengan partner/teman/sodara/suami tinggal kita eksekusi deh ide tersebut. Bisnis makin bertumbuh dan bisa menebar banyak manfaat aamiin…
 
Makan-makan deh heheheee… Kita traktir makan Siomay Raya Bintaro hasil tangannya Mak Ilyuna Saptarini 😉 Praktis, tinggal keluarin dari freezer, angetin, nyaaamm…nyaaammm…
 
Saya doain Mak yang berpartner bisa langgeng kerjasamanya aamiin…
 
Oh iya, buat Mak yang belum tau ada diskon 60% Buku Creativepreneur boleh colek Admin SBO di WA 087824468185, bentar lagi promonya tutup. Jadi mending hari ini aja chatnya Mak, mumpung inget.
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *