Cara Sederhana Ini Bisa Meningkatkan Kinerja Karyawan Anda

Muri Handayani Sekolah Bisnis Online Penulis Buku Emak Jago Jualan Pebisnis Motivator Pembicara Pemateri Seminar Motivator SBO Komunitas Pemberdayaan PerempuanYa ampuuun Mak… gemes deh! Kenapa ya nambah karyawan kok pertumbuhan bisnis kayanya gak bertambah. Padahal semua timku sudah kerja dan kayanya sibuk banget mereka. Gimana ya cara tau mereka beneran kerja sesuai dengan apa yang aku tugaskan dan tujuannya sama dengan apa yang aku mau capai gitu Mak.
 
Aku udah ajarin karyawan untuk ngerjain ini. Dikerjain sih, tapi kok kayanya asal-asalan dia ngerjainnya. Gak sesuai dengan apa yang aku harapkan. Kalo aku yang ngerjain, hasilnya lebih bagus.
 
Kalem Mak…. tenang… jangan sewot hihihiiii…
 
Buka halaman 164 buku #RAMSBO Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online.
 
Disana Mak Lya Herlyanti sudah menjabarkan langkah-langkah membuat KPI (Key Performance Indicator). Apa sih perlunya KPI?
 
Inilah yang akan terjadi jika tidak ada KPI dalam menjalankan bisnis:
1. Tidak ada dasar jelas dalam menilai performa kerja. Tidak bisa menghitung kenaikan/penurunan kinerja. Penilaian hanya berdasar suka atau tidak suka. Semua dinilai berdasarkan apa yang tampak saja. Bisa jadi kita salah dalam menilai performa karyawan kan?
2. Pertimbangan bonus/kenaikan gaji berdasar “feeling” daripada kinerja.
3. Bekerja tanpa target. Ini yang bahaya! Kayanya sibuk, tapi gak jelas sibuk apa.
 
Langkah sederhana pembuatan KPI-nya seperti ini Mak:
1. Bikin jobdesc untuk tiap posisi.
2. Dari jobdesc yang ada, pilih beberapa aktivitas kunci yang dijadikan indikasi kinerja.
3. Tentukan bobot tiap aktivitas. Semakin penting, semakin besar bobotnya. Dalam KPI tiap posisi, total bobot mesti mencapai 100%.
4. Tentukan target tiap aktivitas.
5. Ukur tiap pencapaian aktivitas.
6. Tentukan konsekuensi positif dari pencapaian KPI.
7. Tes, ukur dan sesuaikan.
 
Aku ngebayangin ya Mak, ngurus karyawan kaya ngurus anak. Pengennya sih kita gak selalu tongkrongin mereka saat belajar. Kelihatannya sih belajar, tapi itu beneran belajar atau cuma coret-coret buku aja? Untuk anakku yang baru 7 dan 4 tahun, mereka ada semangat belajar aja udah seneng. Alhamdulillah Zhafran dan Naziya sekarang makin semangat karena meja belajarnya lucuuuu banget dari Tante Nury Bunda Fahiem owner Grosir Meja.
 
Nah kalo karyawan selalu kita tongkrongin supaya beneran semangat kerja dan menjalankan apa yang kita perintahkan ya kita bakal repot banget ya Mak. Dengan menerapkan KPI dalam bisnis Mak insyaAllah bertahap akan semakin baik kinerja mereka. Saya juga masih belepotan KPI nya. Ya gakpapa namanya juga berproses. Jangan harap kita langsung 100% sempurna, ini yang bikin stress.
 
Okey.. PR hari ini adalah Mak buka dulu tuh buku #RAMSBO yang udah mulai berdebu wakakakaa.. Cari bab yang bahas KPI. Praktek ya sayangku.. Aku doain bisnis Mak terus bertumbuh dan semakin bermanfaat untuk ummat.
 
Oh iya, 12 Desember saya ada di Hotel Amaris Cihampelas acara workshop Instagram selama 10 jam. Katanya sih GRATIS untuk yang mau ikut pengulangan, saya blom cek Admin SBO lagi di WA 087824468185. Jangan lupa nanti kita foto bareng ya hihihiiiii…
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *