Mengembangkan Pasar Dengan Blue Ocean Strategy

Muri Handayani Sekolah Bisnis Online Penulis Buku Emak Jago Jualan Pebisnis Motivator Pembicara Pemateri Seminar Workshop Perempuan Buku CreativepreneurSaya memang belum ikut GBC (Grounded Business Coaching) Coach Dr. Fahmi. Karena saya takut (jujur nih) hahahaaa.. Takut makin banyak PR nya :p Tuntasin dulu PR dari hasil ikut pelatihan yang lalu, sebelum ikut pelatihan baru yang akhirnya semakin menumpuk PRnya 😀
 
Tetapi saya sangat menikmati bukunya Coach Fahmi. Sukses Membangun Bisnis dengan Grounded Strategy. Saya mau sharing ke Mak di halaman 209. Simak ya..
 
Konsep dasar blue ocean adalah VALUE INNOVATION, bagaimana kita mengalihkan diri dari persaingan di red ocean yang sangat kompetitif dan berdarah-darah menuju pada blue ocean yang membuat kompetisi jadi tidak relevan lagi. Value Innovation tidak selalu berupa inovasi teknologi, tetapi berupa inovasi untuk peningkatan keuntungan pelanggan yang disesuaikan dengan harga jual dan biaya.
 
Setiap strategi selalu mempunyai resiko yang harus dipertimbangkan dengan seksama. Formulasi dan eksekusi BOS (Blue Ocean Strategy) haruslah dilakukan dengan tepat dan cermat.
 
Red Ocean Strategy:
1. Bersaing pada market space yang sama.
2. Mengalahkan kompetitor yang sudah ada.
3. Eksploitasi demand yang sudah ada.
4. Mengikuti value cost trade off.
5. Aliansi sistem dan aktifitas pada differensiasi atau low cost.
 
Blue Ocean Strategy:
1. Menciptakan market space yang baru.
2. Kompetitor sudah tidak relevan lagi.
3. Menciptakan dan menangkap demand baru.
4. Memecahkan value cost trade off.
5. Aliansi sistem dan aktifitas mengejar differensiasi baru dan low cost.
 
Secara sistematis, BOS mengajak kita berpikir lebih jauh bagaimana value diciptakan dan ditawarkan kepada konsumen. Value bagi buyer menjadi alasan mengapa mereka membeli. Inovasi pada nilai akan menjaga bisnis selalu dalam keunggulan berkelanjutan.
 
Pada BOS terdapat 2 cara dalam menciptakan value innovation, yaitu melalui penghematan biaya dengan menghilangkan dan mengurangi biaya, dan mengangkat buyer value dengan meningkatkan dan menciptakan elemen baru yang tidak pernah ditawarkan oleh pesaing di industri.
 
Sudah mulai kebayang Mak? Kira-kira VALUE INNOVATION apa yang akan Mak ciptakan dalam bisnis Mak? Yang datang ke area SBO di FSN kemarin pada sesi Bu Ines Handayani pasti sudah tahu ya ada 11 point untuk menciptakan value.
 
Nah sekarang waktunya kita eksekusi Mak! Siap? Atau masih pusing? hahahaaa… Kalem Mak.. Cari dulu mood booster yang bisa ningkatin good mood kita dalam waktu sekejap. Biasanya apa yang Mak lakukan? Jalan-jalan keliling rumah sebentar, nyapa tetangga, atau malau beresin rumah, makan coklat atau ngebakso. Kalo saya ngeduren Mak hihihiii.. Kami sekeluarga suka banget duren. Dan buat saya, makan DURENO itu paling cepet naikin good mood. Praktis, tinggal buka kulkas, langsung nyam-nyam. Gak usah pake ribet cari duren dan buka kulitnya.
 
Nah ini inovasi kan ya. Jadi sekarang setiap kulkas Mak wajib ada isinya DURENO by Mas Eko Adi Prasetyo. Ketika lagi bad mood, tinggal buka kulkas, langsung sumringah lagi 😉 aseeeek….
 
Saya doain Allah mudahkan Mak dalam menemukan Value Innovation-nya aamiin…
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *