Bingung Menentukan Siapa yang Nanggung Ongkir Saat Konsumen Komplen?

Muri Handayani Sekolah Bisnis Online Penulis Buku Emak Jago Jualan Pebisnis Motivator Pembicara Pemateri Seminar Workshop Perempuan PenulisJangan terburu-buru ambil kesimpulan dalam kondisi marah/emosi/sebel/kecewa. Pasti donk itu yang kita rasain saat konsumen komplen. Biasanya apa aja sih yang dikomplen konsumen?

1. Salah kirim karena beda ukuran.
2. Salah kirim tidak sesuai jumlah pesanan.
3. Konsumen tidak terpuaskan.
4. Barang cacat.
5. Salah kirim karena alamat tertukar dengan konsumen lain.

Sebelum kita memutuskan siapa yang menanggung ongkir, ada baiknya kita telusuri dulu. Selidiki akar permasalahannya ada dimana.

Hal utama yang harus Mak lakukan pastinya mendengarkan semua celoteh konsumen. Jangan dibantah, jangan dipotong saat dia berbicara (jika melelui telepon), Mak cukup menjadi pendengar yang baik.

Baik Mba Tari, kami minta waktu untuk menelusuri masalah ini ya. Terima kasih atas informasinya. Terimakasih juga atas kesabrannya. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Yuk Mak kita cek dari bagian penjualan dulu.

– Periksa chat saat order, jika produk ternyata sesuai dengan apa yang ada di chat. Maka bisa jadi konsumennya yang lupa terhadap orderannya. Kita sertakan bukti chat ke dia. Maka jika dia mau tuker barang, ongkir dia yang tanggung.

– Oh ternyata kesalahan ada di kita karena CS salah rekap/catat. Maka ongkir kita yang tanggung.

– Jika posisi Mak sebagai dropshipper, dan kesalahan ada di pusat, maka ongkir pusat yang tanggung donk ya. Kalo pusat gak mau nanggung, ya gampang… cari supplier lain aja yang lebih baik pelayanannya¬†ūüėȬ†Banyak kok.. contohnya RAZHA¬†ūüėÄ

– Misal ternyata barang cacat karena kelalaian tim produksi kita, maka ongkir kita yang tanggung.

– Konsumen kesempitan, ukurannya sudah sesuai pesanan, tapi dia mau tuker. Ongkir ditanggung konsumen. Tapi kalo Mak mau berbaik hati dan menjadikan ini “excellent services” ya silahkan. Asalkan masih masuk dalam margin. Jangan nombok¬†ūüėÄ

Penggantian ongkir ini jangan lupa Mak catat dalam biaya pengeluaran ya. Hal kecil dianggap sepele, lama-lama makin berantakan tuh keuangannya. Saya sih yakin.. Mak yang sudah punya buku¬†#MBLKBO¬†Mudahnya Bikin Laporan Keuangan Bisnis Online pasti sudah pada praktek. Ya kan? Udah kan? Bener kan? hihihiii… cubit nih kalo belum pada praktek!

Kalo sudah pada praktek pasti sekarang sudah bisa senyum manis karena laporan keuangannya sudah beres¬†ūüėȬ†Semanis kue-kuenya Mak¬†Adilah Pasya Carrolina¬†yang ngehits banget di Gorontalo. Adilah Cake & Cookies. Recommended!

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *